Mencari Uang dengan Blog

March 24, 2019
Mencari Uang dengan Blog sudah bukan hal yang baru di kalangan blogger, bayangkan sebuah blog bisa menghasilkan puluhan, ratusan, bahkan ribuan dolar untuk Anda. Ini bukan iming-iming semata. Sudah banyak blogger yang membuktikan betapa ampuhnya blog mereka sebagai mesin pencari uang.

Asal tahu saja, selain menjadikan blog sebagai media iklan usaha Anda, blog bisa dijadikan mesin uang untuk program penyertaan iklan, balk langsung dari perusahaan/institusi maupun mengikuti program seperti AdSense dari Google.

Affiliate Program

Program ini berjalan dengan afiliasi. Artinya, blog yang berafiliasi dengan perusahaan/institusi pengiklan akan mendapatkan pembayaran apabila ada transaksi yang dilakukan di blog tersebut.

Affiliate Program
Affiliate Program


jual beli terbesar di dunia www.amazon.com atau www.ebay.com merupakan salah satu contoh yang melaksanakan program afiliasi ini.

Skema program afillasi iklan di blog
Skema program afillasi iklan di blog

Berikut ini beberapa tautan situs yang menjalankan program ini:


  1. www.neobytesolutions.com/affiliates.php
  2. www.affiliate-program.amazon.com
  3. www.apple.com/itunes/affiliates/
  4. www.bidvertiser.com
  5. www.divx.com/diyx/affiliates.php
  6. www.Forex-Affiliate.com
  7. www.gamestop.com/gs/affiliate.asp

Advertising Program

Ini adalah program pemasangan iklan pihak lain di blog Anda. Pemilik iklan akan membayar kepada Anda sesuai dengan jumlah berapa banyak iklan itu diklik dengan biaya tertentu.

www.valueclickmedia. corn atau www.fastclick.com menerapkan pem-bayaran untuk setiap 1.000 user yang mengeklik iklan di blog Anda atau cost per 1.000 impression (CPM).

Berikut ini bebera pa tautan situs yang menjalankan program ini:

  1. www.adbrite.com
  2. www.adhearus.org
  3. www.crispads.com
  4. www.doubleclick.com
  5. www.kaoodle.com
  6. www.peakclick.com
  7. www.qumana.com
  8. www.searchfeed.com
  9. www.text-links-ads.com
  10. www.vibrantmedia.com

AdSense

AdSense atau Google AdSense adalah program periklanan yang dijalankan oleh perusahaan Google Inc. Lewat program AdSense Google memberikan kesempatan kepada pemilik blog dan website atau webmaster untuk menampilkan iklan yang diatur oleh sistem periklanan Google pada website mereka. Setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung website terhadap iklan yang dipasang akan dibayar oleh Google. Program iklan yang dibayar setiap klik yang dilakukan ini dikenal juga dengan nama sistem Pay Per Click (PPC).

Make Money With Google Adsense
Make Money With Google Adsense


Siapa saja boleh ikut dalam program Google AdSense ini tanpa batasan wilayah. Namun, untuk bahasa Indonesia, program Adsense Baru tersedia jenis search/pencarian. Lalu, bagamana orang Indonesia jika ingin memanfaatkan program AdSense ini secara penuh?

Untuk melihat lebih jauh tentang ketentuan program ini, Anda bisa mengeklik ke http://www. google.com/AdSense/policies.

Bagaimana Mendaftar di AdSense?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan registrasi dengan memasuki halaman https://www.google.com/adsense/start/.

Setelah itu, Anda akan disajikan halaman formulir yang harus diisi dengan data-data pribadi dan blog Anda.

Bagaimana Mendaftar di AdSense?
Bagaimana Mendaftar Adsense?


Setelah selesai, kirim formulir pendaftaran tersebut dan Anda tinggal menunggu e-mail konfirmasi.
Jika e-mail konfirmasi sudah Anda terima, klik tautan yang diberikan oleh Google AdSense yang akan memandu Anda untuk melakukan langkah-langkah berikutnya, yaitu:


  1. Bagaimana melakukan AdSense for Content, yaitu program yang menampilkan iklan dari perusahaan/individu pengiklan.
  2. Bagaimana melakukan AdSense for Search, yaitu script yang Anda pakai di blog untuk menampilkan mesin pencari Google di blog Anda.
  3. Petunjuk bagaimana menempatkan Script AdSense di blog Anda disertai dengan kode script program AdSense tersebut.


Jangan Terlena

Walaupun Anda sudah masuk dalam program AdSense atau model afiliasi lainnya, jangan sampai Anda terlena dengan bayangan indah bahwa satu bulan dari sekarang Anda akan mendapatkan puluhan, ratusan, bahkan ribuan dolar. Jangan membayangkan dalam waktu singkat, Anda bisa membeli mobil, rumah, atau vita dari program ini. Sebab, tingkat keberhasilan program-program tersebut bergantung pada banyak hal. Salah satunya adalah jumlah orang yang mengeklik iklan AdSense tersebut. Nah, kalau blog Anda saja jarang dikunjungi, bagaimana program tersebut akan berjalan.

Tetaplah menulis untuk blog Anda, desain dengan menarik, promosikan blog Anda dengan kencang, undang pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog Anda, ikuti komunitas blog, dan lakukan 1001 cara agar blog Anda sepopuler mungkin dan pengunjung pasti mengeklik iklan Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »