Memperkenalkan Istilah Blog

March 13, 2019

Apa itu Blog?


Istilah 'blog' mulai diperkenalkan oleh John Barger pada Desember 1997 untuk menyebut sekumpulan situs pribadi yang berisi jurnal atau catatan harian sang pemilik situs. Juga, situs pribadi tersebut memuat link atau tautan situs-situs lainnya. Menurut John Barger:


  1. A weblog (sometimes called a blog or a newspage or a filter) is a webpage where a weblogger (sometimes called a blogger, or a pre-surfer) 'logs' all the other webpages she finds interesting.
  2. The format is normally to add the newest entry at the top of the page, so that repeat visitors can catch up by simply reading down the page until they reach a link they saw on their last visit. (This causes some minor, unavoidable confusions when the logger comments on on earlier link that the visitor hasn't reached yet)


Sementara kolumnis media San Fransisco Gate, Roger Yim, menyatakan bahwa pengertian blog mengacu pada pengertian situs yang dikelola secara pribadi dan berisi kegiatan sang pemilik blog dalam kesehariannya serta memuat daftar link di Internet.

Dua tahun kemudian, pada Agustus 1999, istilah blog semakin booming ketika perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab sebelum diakuisisi oleh Google.com meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun memiliki blog secara gratis.

Anatomi Blog


Memperkenalkan Istilah Blog
Memperkenalkan Istilah Blog


Untuk lebih mengenal blog, Deborah Ng dalam How to Write Blog menjelaskan ada lima ciri khas sebuah situs pribadi yang dikatakan sebagai blog, yaitu subject or header, content or body, comments, time and date stamp, dan link.

Subject or header, setiap entry yang ada di blog pada dasarnya memiliki judul. Sama halnya dengan judul yang ada di kertas memo atau dalam kolom subjek di e-mail. Hal ini menandakan topik apa yang terdapat dalam blog tersebut.

Content or body, merupakan isi blog atau halaman jurnal yang digunakan untuk menulis apa yang terjadi, menginformasikan sesuatu, berbagi pengetahuan, menceritakan suatu masalah, hingga mendiskusikan persoalan tertentu, bahkan dalam konten ini dapat diketahui jenis blog. Bagian ini sering dikatakan sebagai jantung dari blog. Ibarat kata "The meat of your blog, this is where it all happens".

Comments, atau komentar adalah fitur yang memungkinkan pengunjung blog untuk terlibat diskusi berkaitan dengan isi blog yang dipublikasikan di blog. Ini yang membedakan dengan situs biasa. Di blog, pengunjung atau pembaca blog bisa berinteraksi.

Time and date stamp, penanggalan merupakan salah satu ciri khas blog yang memang dibentuk sesuai dengan kronologis waktu sehingga memudahkan pengunjung atau pembaca blog mengetahui kapan posting tersebut dibuat. Selain itu, bila terra tulisannya terbagi dalam beberapa bagian. Dengan adanya kronologis waktu, dapat diketahui bagian mana yang harus dibaca terlebih dahulu.

Link, dalam blog selalu ada link atau tautan/ jaringan. Link yang terdapat di dalam blog biasanya adalah alamat blog dari yang dikenal. Bisa juga memuat sumber-sumber penting dari situs yang perlu diketahui oleh pengunjung blog.

Who is Blogger?


Siapa pun sekarang bisa menjadi blogger.

Bagi yang memiliki uang, mereka bisa membuat blog dengan menggunakan alamat domain pribadi dan sistem pengelolaan blog yang dibuat sesuai dengan keinginan. Namun, bagi mereka yang ingin gratis, sekarang sudah banyak penyedia layanan blog yang gratis.

Blog telah menjadi fenomena di berbagai kalangan. Mulai dari pelajar hingga karyawan,



World Internet Users Memperkenalkan Istilah Blog
World Internet Users (Memperkenalkan Istilah Blog)


dari penjaga rental internety hiigga direktur, dari artis hingga penjaga perpustakaan. Saat ini ada 1.248.357.426 pengguna Internet di seluruh dunia, ada 62,66 juta pengguna Internet yang memiliki website pribadi atau Weblog. Bahkan, Technorati (www.technorati.com) mencatat bahwa pada awal 2007 ada sekitar 70 juta blog di dunia. Padahal, empat tahun sebelumnya jumlahnya masih kurang dari dua juta blog!

Untuk kawasan Asia sendiri, jumlah blog yang ada sekitar 24,5 juta. Korea Selatan memiliki jumlah blog sekitar 15 juta, Cina 4 juta blog, Jepang 3,35 juta blog, dan sisanya merupakan blog yang berasal dari Asia Tenggara.

Dari segi pengguna internet, Indonesia sendiri menempati urutan ke-14 setelah Kanada dan Meksiko. Sementara jumlah pengguna blog di Indonesia mencapai 130 ribu dan diperkirakan dalam satu atau dua tahun ke depan jumlahnya akan menembus angka satu juta.

Fakta tentang blogger:

  1. Sembilan persen pengguna Internet di dunia memiliki blog.
  2. Technorati mencatat ada lebih dari 70 juta blog.
  3. Lebih dari 120 ribu blog dibuat setiap harinya.
  4. Setiap harinya ada 1,5 juta posting terbaru atau ada 1,7 post per detik.
  5. Sebanyak 22 dari 100 situs populer di dunia adalah blog.
  6. Rata-rata pembaca blog menghabiskan 23 jam untuk online setiap pekan.
  7. Dalam 320 hari, pertumbuhan blog mencapai 75 juta blog dari 35.
  8. Ada 37 persen blog berbahasa Jepang, 33 persen berbahasa Inggris, 8 persen berbahasa Cina, dan 3 persen berbahasa Italia.
  9. Terlacak ada 230 juta posting blog yang memuat tag atau kategori.


Alasan Ngeblog


Blog sebagai saluran ungkapan hati. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Adi Onggoboyo menyatakan bahwa survei yang dilakukan oleh www.octave. or.id terdapat 52,46 persen dari 122 blogger banyak mengisi blognya dengan curahan hati mereka.

Pengisi waktu luang. Bagi mereka yang memiliki waktu luang, mengelola blog atau mengisi jurnal di blog dapat dijadikan kegiatan positif. Apalagi bagi mereka yang bekerja di depan komputer dan banyak mempunyai waktu santai, blog adalah alternatif tepat untuk menyibukkan diri.

Melatih kemampuan menulis. Sebuah blog dibangun dari jurnal atau isi di dalam blog. Dengan begitu, secara sadar atau tidak, blogger telah menulis di blog kapan dan di mana pun. Hal ini merupakan sarana melatih kemampuan menulis yang praktis.

Agar tidak ketinggalan tren. Blogsudah menjadi bagian dari tren kemajuan teknologi Internet. Sebagai contoh kasus, walaupun sudah memiliki situs dengan nama domain resmi, televisi swasta terbesar, SCTV, pun turut membuat blog.

Menjadi populer. Blog bisa dijadikan sarana untuk memopulerkan diri. Dengan blog, siapa pun dengan sangat mudah akan dikenal oleh orang banyak. Tentu saja dengan banyaknya blogger yang dikenal akan menjadi peluang untuk melakukan next step action seperti mempromosikan barang dagangan kita atau beriklan.

Sumber informasi. Namanya juga blog, masing-masing blogger tentu banyak menuliskan sesuatu sesuai dengan keinginan mereka dan terkadang pula banyak informasi-informasi terbaru yang disertakan dalam tulisan di blog tersebut.

Pustaka virtual. Selain menjadi sumber informasi, blog adalah tempat online gratis yang bisa dijadikan tempat menyimpan data-data pustaka secara virtual. Ada blog yang dikelola seorang dosen yang menyimpan semua materi perkuliahannya, atau sebuah blog yang hanya mengumpulkan satu topik tertentu dari sumber blog atau situs lain, dan bahkan ada blog yang hanya memuat link atau tautan sesuai dengan topik.

Berinteraksi sosial. Mempunyai blog berarti akan terjalin pertemanan di antara sesama blogger di dunia maya. lnilah rahasia ajaib dari dunia blogger; terciptanya komunitas virtual. Sudah menjadi kebiasaan, seorang blogger harus mengunjungi blog lain. Nah, dari sekadar kunjung-mengunjung itulah terbuka pintu pertemanan. Saling memberi komentar atau meninggalkan pesan di kotak pesan blog masing-masing.

Media promosi praktis. Bagi individu atau institusi yang memerlukan media promosi yang praktis, blog adalah jawabannya. Dengan biaya minimal (hanya untuk bayar langganan koneksi Internet atau bayar jam pemakaian di warnet) siapa pun bisa melakukan promosi kegiatan, seminar, pelatihan, dan berdagang.

Berusaha secara virtual. Bagi yang punya bakat dagang atau darah bisnis, blog adalah pilihan tepat untuk menyalurkan bakat tersebut. Blog adalah sarana mudah, sederhana, dan memiliki jangkauan luas. Dikatakan mudah karena sekarang ini cukup mudah memiliki blog, bahkan bisa dikatakanzerocost. Sederhana karena tidak perlu membuat situs dengan desain tertentu yang harus mengerti pemrograman Internet dan jangkauannya luas karena blog bisa dibaca oleh siapa saja.

Nilai Positif Nge-Blog


Oktavianus Ken Manungkarjono, pengelola blog di http://kenz.or.id yang juga Staff UPTB Psikologi UGM menjelaskan empat hal positif yang bisa didapat dari blog.

Pertama, dari sisi psikologi, blog bisa merangsang otak. Sebab, aktivitas dengan blog, muiai dari membuat desain blog sampai dengan menulis blog tiap waktu merupakan suatu proses mental otak yang melibatkan jutaan sel otak. Peneliti otak yang bernama Dr. Marian Diamond telah menghabiskan waktu selama tiga puluh tahun untuk mengadakan rangkaian percobaan tentang otak.

Hasilnya, disimpulkan bahwa pada umur berapa pun, sejak lahir hingga mad, masih mungkin untuk meningkatkan kemampuan mental otak dengan rangsangan lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan membandingkan jumlah jalinan sel otak pada tikus hasil percobaan Diamond. Tikus yang otaknya terus-menerus dirangsang memiliki jumlah jalinan yang lebih banyak dibandingkan tikus yang tidak diberi rangsangan pada otaknya.

Kedua, blog juga bisa menyehatkan jiwa. Menurut Dr. Pennebaker, dengan menuliskan perasaan-perasaan yang muncul, terutama hal-hal yang negatif, akan memberikan rasa puas dan lega. Nah, melalui blog, siapa pun yang punya persoalan, tekanan, maupun masalah dalam hidup, mereka bisa melepaskannya dengan menulis jurnal pribadi online. Ini yang dimaksud dengan katarsis, pembebasan, atau pelepasan ketegangan-ketegangan dan kecemasan-kecemasan dengan jalan mengalami kembali dan mencurahkan kejadian-kejadian traumatic di masa lalu yang semula dilakukan dengan jalan menekan emosinya dalam ketidaksadaran. Menulis di blog jelas lebih bermanfaat dibandingkan melampiaskan semua persoalan itu dengan tindakan anarkis. Bukannya mendapatkan ketenangan jiwa, melakukan tindakan anarkis malah akan memunculkan persoalan yang baru. Juga, semakin membuat jiwa seseorang bertambah resah.

Ketiga, manfaat lain dari blog adalah sebagai media pembelajaran. Ketika blogger mengungkapkan perasaan melalui sebuah blog, ia akan belajar mengenal perasaan-perasaan dan emosi-emosi yang muncul dari suatu peristiwa dalam keseharian. Semakin sering menyadari hal tersebut, ia akan semakin kenal dirinya. Menurut Aaron Beck, orang yang mengenal dirinya ketika menghadapi persoalan demi persoalan, ia akan dapat mengontrol emosinya.

Aktivitas komentar atau saran yang diberikan oleh blogger lain yang mengunjungi blog juga bisa memberikan solusi atau setidaknya penyadaran bagi seorang blogger untuk menghadapi situasi yang sedang dihadapi. Atau, ketika membaca blog orang lain, banyak informasi baru tentang berbagai hal. Secara tidak langsung, pengetahuan baru atau pengalaman orang lain tersebut akan mengendap dalam pikiran sehingga pada suatu saat, ketika seorang blogger mengalami hal yang sama, secara sengaja atau tidak, bisa memakai pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapinya.

Keempat, blog bisa membantu seseorang untuk melatih perilaku afiliasi dalam interaksi sosial. Mengutip penelitian Adi Onggoboyo, 58,29 persen dari 211 blogger mengatakan, komunikasi melalui blog membuat mereka merasa cepat akrab. Sedangkan, 51,65 persen dari 211 blogger merasa lebih akrab berkomunikasi via blog dengan temannya yang sudah dikenalnya dalam dunia nyata. Saling berbagi cerita dan pengetahuan membuat seseorang mulai mengenal orang lain secara lebih mendalam. Keterbukaan dan kepercayaan akan menciptakan suatu jalinan afiliasi yang dapat pula menumbuhkan hubungan emosi blogger yang satu dengan yang lainnya meskipun tidak melakukan pertemuan fisik. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »