Memahami perbedaan Input Output dan Forward pada Filter Rules Mikrotik | Anibar Studio

March 19, 2019


Asalamualaikum Wr Wb
Anibar Studio - Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah femahaman tentang apa itu Input Output dan Forward pada Filter Rules di Firewall Mikrotik (General > Chain)

Kenapa perlu difahami, karna supaya ketika kita membuat filter rules di mikrotik kita sudah faham maksud dan tujuanya, apa yang mau kita filter, arahnya kemana dan tujuannya apa, dengan memahami ini juga kita akan faham pengonsepan logika firewall mikrotik

Ketika saya belajar mikrotik pertama kali, yang di ajarkan adalah Forward di Firewall > Nat, yaitu ketika saya ingin mengkoneksikan komputer lokal agar bisa terhubung ke internet, pada waktu itu saya masih belum memahami apa itu yang dimaksud dengan Forward,

Maka dari itu disini saya akan sedikit membahas apa itu INPUT, OUTPUT dan FORWARD dari apa yang saya tahu dan sekaligus pengalaman pribadi saya, dan juga refrensi dari grup yang pernah menjelaskan tentang ini,


INPUT
Adalah koneksi yang masuk ke router, baik itu dari publik ataupun dari lokal jaringan kita, intinya adalah koneksi yang menuju router.

OUTPUT
Berbeda dengan INPUT kalau OUTPUT adalah sebaliknya, yaitu koneksi dari router keluar, baik itu ke publik atau ke local artinya itu adalah aksi dari si router itu sendiri.

FORWARD
Berbeda dengan Input dan OUTPUT kalau FORWARD adalah koneksi dari publik yang langsung ke local atau sebaliknya, koneksi dari local yang langsung ke publik pada intinya router hanya sebagai perantara saja.


Bagaimana.? sudah bisa difahami kan.? kenapa kita setting NAT dengan menggunakan chain Forward agar laptop/komputer di jaringan lokal bisa mengaksess internet publik.

Terimakasih atas perhatiannya
Semoga bermanfaat

Note:
Mohon maaf bila ada kesalahan, dimohon dengan kerendahan hati untuk memperbaiki tulisan saya,



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »