Hal Pertama Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Blog

March 14, 2019

Miliki E-mail

Hal Pertama Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Blog
Hal Pertama Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Blog


Hal pertama yang harus disiapkan sebelum membuat blog adalah memiliki e-mail atau surat elektonik. Ketika melakukan registrasi di layanan penyedia blog, e-mail merupakan satu-satunya media bagi penyediaan layanan blog untuk mengirimkan e-mail konfirmasi. E-mail konfirmasi ini harus diklik untuk memastikan bahwa blog yang Anda buat bisa berjalan.

Pastikan bahwa Anda telah sukses melakukan registrasi membuatblog. Caranya, dengan mengecek apakah ada e-mail konfirmasi yang masuk dalam kotak pesan atau inbox surat elektronik Anda. Jika e-mail itu ada, klik link atau tautan yang tertera di email tersebut.

Nah, jika Anda belum memiliki e-mail, segera buka Internet dan buat e-mail. Banyak penyedia e-mail gratis seperti Yahoo, Gmail, Mail, Hotmail, dan masih banyak lagi.

Pilih Layanan Penyedia Blog


Layanan Penyedia Blog
Layanan Penyedia Blog


Ada banyak situs di internet yang menyediakan layanan blog, balk yang berbayar maupun yang gratis. Berikut adalah lima penyedia layanan blog gratis yang bisa Anda dapatkan di internet:


Masih banyak lagi sebenarnya layanan blog gratis. Coba saja searching di internet.

Cari Referensi


Sebelum memutuskan layanan penyedia blog gratis yang akan Anda pakai, ada baiknya Anda mempelajari dan memerhatikan blog-blog yang menggunakan alamat tersebut.

Banyak keuntungan yang bisa diambil apabila Anda melakukan hal itu.


  1. Setiap situs layanan penyedia blog gratis biasanya memberikan contoh tampilan blog serta fasilitas apa yang bisa didapatkan. Dengan demikian, Anda bisa membandingkan mana yang lebih baik.
  2. Perhatikan alamat-alamat blogger lainnya. Mana yang membuat Anda merasa nyaman menggunakan situs layanan penyedia blog gratis tersebut.
  3. Ada baiknya Anda meminta referensidariteman-

teman Anda yang sudah lebih dahulu membuat blog. Tanyakan kepada mereka bagaimana fasilitas, kemudahan, dan keuntungan Iainnya. Biasanya, rekomendasi dari teman atau blogger memberikan pertimbangan tersendiri untuk menentukan keputusan Anda.

Jika Anda sudah memutuskan untuk memakai salah satu layanan penyedia blog gratis, jangan terburu-buru melakukan registrasi dan membuat blog! Di internet ada lebih dari 150 ribu blogger di Indonesia dan lebih dari tujuh juts blogger di dunia. Itu berarti akan ada ribuan dan jutaan nama domain blogger di sang, juga ada beragam jenis blog, dan berderet keunikan blog.

Kalau Anda terlalu terburu-buru, bisa-bisa blog yang Anda buat biasa-biasa saja, apa adanya, tidak unik dan menarik, atau bisa saja tidak ada yang mau mengunjungi blog Anda.

Buat Nama Blog yang Unik


Agar blog Anda mendapat perhatian dan sering dikunjungi, pilihlah nama blog yang unik. Deborah Ng mencatat enam hal penting agar nama blog Anda unik.

Make it Easy to Type

Buatlah agar nama blog Anda mudah diketik. Bandingkan antara nama blog sekadarkoleksibukukuliah.blogspot.com dan nama blog koleksibukukuliah.blogspot.com. Blog yang pertama, banyak mengundang kesalahan dalam mengeja, misalnya banyak yang sudah terbiasa memakai kata 'sekedar' dibandingkan dengan kata 'sekadar' yang benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selain itu, nama blog pertama juga terlalu panjang. Sementara itu, nama blog kedua sangat singkat, mudah diketik, dan pengejaannya juga cepat.

It Should Go Without Saying That the Blog Name Should Say Something about the Topic

Memberikan title atau nama blog dengan sebutan. Kodok Blog tidak memberikan pengertian yang banyak dan mengarah selain bahwa blog tersebut adalah kepunyaan Kodok. Dengan menggunakan nama Blog Masakan, sangat memudahkan bagi siapa pun untuk mengetahui bahwa blog tersebut berisi tentang masakan. Bagi mereka yang suka dengan masakan, utamanya kaum ibu, blog ini jelas mudah diingat dan menjadi pilihan utama untuk sering dikunjungi.

Make it Easy to Remember

Nama blog hendaknya mudah diingat. Pengunjung blog akan mudah melupakan alamat blog yang panjang dibandingkan yang pendek, meskipun blog itu milik teman atau rekannya sendiri. Apabila alamat blog itu pendek dan terfokus, akan langsung tersimpan dalam memori.

Make it Catchy

Buatlah nama blog yang berkesan dan membuat siapa pun tertarik untuk mengeklik alamat blog tersebut. Sebuah nama blog hendaknya memberikan penggambaran jelas kepada para pengunjung blog, bukan memusingkannya.

Don't Stock Your Blog Name with Keywords

Jangan terpaku pada nama blog hanya mengandalkan kata kunci yang sudah umum. Walaupun dengan memakai kata kunci akan mudah dicari oleh mesin pencari, banyak hal yang bisa dilakukan. Misalnya, dengan menggunakan bahasa daerah atau kombinasi huruf angka menjadi salah satu pilihan yang membuat blog Anda menjadi semakin unik.

Make a List

Buatlah daftar nama yang sekiranya merefleksikan blog Anda. Apabila selesai membuat daftar, perhatikan nama-nama tersebut dan ajukan sebuah pertanyaan yang harus Anda jawab seperti: Apakah nama tersebut mencerminkan tujuan blog? Apabila muncul di mesin pencarian, apakah menarik minat orang lain untuk mengeklik nama blog tersebut? Apakah pengunjung blog melihat nama blog atau keterangan blog sebagai sumber yang patut diperhatikan? Apakah nama atau titel tersebut akan berlaku cukup lama dan bukan hanya pada tahun ini? Bisakah orang mengingat nama tersebut? Jika jawabannya iya, itulah nama blog Anda.

Pastikan Nama Blog Anda


Setelah Anda menemukan sebuah nama yang menjadi calon nama blog Anda, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan pertanyaan untuk nama yang Anda pilih tersebut.


  1. Apakah nama tersebut mencerminkan diri Anda?
  2. Apakah nama blog itu menggambarkan topik blog Anda?
  3. Apakah nama itu cukup unik?
  4. Bisakah blogger lain mengingat nama tersebut?
  5. Mudahkah mengeja nama blog Anda?
  6. Apabila muncul di mesin pencari, apakah nama blog itu akan menarik minat orang lain untuk mengekliknya?
  7. Apakah pengunjung blog melihat nama blog atau keterangan blog sebagai sumber yang patut diperhatikan?
  8. Apakah nama tersebut akan berlaku cukup lama dan bukan hanya pada tahun ini?
  9. Yang terpenting, apakah Anda merasa nyaman dan exciting dengan nama yang sudah Anda pilih?
Jika jawabannya ya, itulah nama blog Anda. Anda telah melakukan hal yang tepat dalam memilih nama blog.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »