Apa yang Mau Ditulis? Publikasikan Dalam Blog

March 15, 2019
Apa pun bisa Anda tulis dan publikasikan dalam blog karena pada intinya blog adalah milik Anda pribadi. Jadi, tidak ada aturan resmi yang mewajibkan Anda untuk menulis satu tema tertentu saja.

Namun, tetap saja Anda harus menulis sesuatu minimal seminggu sekali. Jika sudah lebih dari seminggu, pengunjung blog akan bosan dan beranggapan bahwa blog Anda tidak aktif lagi.

Kemampuan Menulis

Mungkin, Anda pernah bertanya dalam hati mengapa Anda lebih bisa mengutarakan ide-ide dalam benak Anda panjang lebar dan banyak orang yang langsung mengerti apa maksud Anda melalui omongan dibandingkan dengan menuliskannya.

Apa yang Mau Ditulis? Publikasikan Palam Blog
Apa yang Mau Ditulis? Publikasikan Palam Blog


Atau, pertanyaan bagaimana mengungkapkan sebuah ide cemeriang hanya dalam satu paragraf.
Nah, seperti orang yang ingin mahir berenang, apabila tidak terjun langsung ke kolam renang dan hanya tahu teorinya, sampai kapan pun dia tidak akan bisa berenang. Bagi Anda yang ingin menjadi biogger, saatnya untuk mengasah kemampuan menulis.

Ide yang Liar

Ide bisa datang kapan dan di mans saja. Ide tidaklah seperti saat akan turun hujan yang biasanya ditandai dengan swan yang gelap, angin, dan dingin. Datangnya ide penuh dengan misteri.

So, agar saat ide datang dan ide itu tidak lepas, Anda harus selalu waspada dan menyiapkan catatan. Anda wajib punya kertas atau buku catatan yang selalu dibawa. Hal ini akan membantu Anda mencatat ide. Apalagi ketika di perjalanan dan ide muncul ketika Anda tidak berada di depan komputer, catatan sangat membantu. Bisa jadi, ide yang muncul tersebut merupakan ide yang menarik, unik, dan penting.

Namun, tidak selamanya Anda hanya bisa menunggu datangnya ide. Kadang, dalam kasus-kasus tertentu, Anda harus mengejar ide tersebut. Banyak cara mengejar ide. Salah satunya, Anda harus rajin menjelajahi dunia internet. Sebab, internet ibarat gudang informasi di many ketika Anda membuka pintu gudang tersebut, Anda akan mendapatkan banyak informasi, wawasan, pengetahuan, dan ilmu yang jumlahnya pasti tidak pernah Anda bayangkan.

Tidak hanya itu. Di internet Anda juga bisa mendapatkan informasi sepuluh tahun lalu. Anda bisa membaca berita yang terjadi lima betas tahun lalu. Bahkan, Anda bisa tahu apa yang terjadi hari ini pada dua puluh tahun lalu.

Hanya Clue

Jika sedang mendapatkan clue atau petunjuk, tetapi Anda tidak tahu petunjuk yang kecil itu akan ditulis seperti apa dan Anda hanya mendapatkan sepotong kecil informasi, saatnya bertanya kepada Google dan Yahoo.

Sebenarnya, masih banyak situs mesin pencari, tape dua situs itu bisa dibilang pionir dan lebih dikenal. So, jika Anda hanya punya potongan puzzle dare informasi, cukup ketik potongan itu di kolom pencarian dan klik. Tunggulah beberapa detik, apa yang Anda cari akan muncul.
Maka, muncullah ide untuk menulis.

Ingatlah Update dan Update

Blog harus selalu ter-update. Jangan sampai scat blogger lain membuka blog Anda, mereka hanya menemukan blog Anda berisi postingan yang sama dari beberapa hari yang lalu.

Anda harus membuat jadwal yang pasti untuk update entry blog. Jangan sampai Anda meninggalkan blog Anda lebih dari satu minggu. Jika hal itu yang Anda lakukan, dijamin blog Anda tidak akan populer.

Blog memang memerlukan komitmen waktu. Artinya, setelah memutuskan untuk memiliki blog, Anda harus meluangkan waktu secara rutin memperbaharui isi biog. Pastikan bahwa dalam waktu-waktu tertentu, Anda mengkhususkan diri untuk mengunjungi dan membuat entry blog.
Blogging is a big time commitment.

Update by E-mail

Sibuk karena mau ulangan,ada ujian, atau sedang ada kerjaan bukan alasan penting Anda menelantarkan blog. Sekali lagi, Anda perlu komitmen untuk selalu "menjenguk" blog Anda.
Jika Anda memang punya waktu sedikit, banyak penyedia layanan blog memberikan tawaran untuk mempermudah pars blogger. Salah satunya membuat posting blog cukup melalui e-mail saja sehingga blogger tidak perlu sign up dulu ke situs penyedia layanan blog tersebut. Cukup tulis di e-mail dan sent. Tak berapa lama kemudian, isi e-mail Anda sudah jadi postingan di blog.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »