Blogger Profesional Dan Beretika

March 19, 2019
Blogger profesional dan beretika atau problogger menghabiskan waktu yang Iebih banyak untuk mencari sumber tulisan, menulisnya dengan balk dan kata-kata yang mudah dipahami oleh blogger lain dari beragam latar belakang, melakukan pengeditan ulang terhadap tulisan untuk memastikan tidak ada kesalahan penggunaan kata.

Blogger profesional juga memerlukan waktu untuk memastikan desain tampilan entry tersebut. Jika dirasakan entry memerlukan tambahan foto untuk mendukung kekuatan tulisan, sang blogger akan mencari foto tersebut. Sama halnya dengan penggunaan warna di setiap kata atau kalimat yang ditulis. Apabila dirasakan perlu memberikan penekanan atau menyampaikan kepada blogger lain bahwa ada pesan penting yang harus disimak, tak ada salahnya untuk memberikan tampilan yang berbeda dengan memberi warna pada huruf atau blok warna.

Lebih dari Dua Jam

Anda boleh percaya atau tidak, beberapa blogger menghabiskan waktu lebih dari dua jam untuk satu entry di blog mereka.

Ya, banyaknya waktu yang digunakan tersebut membuktikan bahwa sang blogger serius dalam mengelola posting blognya. Memastikan dengan cermat bahwa ketika entry tersebut dipublikasikan, semua risiko yang mungkin timbul sudah diperhitungkan. Melakukan pengecekan lagi bahwa tampilan entry terbarunya itu benar-benar nyaman dilihat.

Copycat? NO!

Copycat adalah melakukan pengopian entry blog lain dan diposting ke dalam blog Anda. Bahasa mudahnya, copycat itu menggunakan isi blog milik blogger lain dan dipublikasikan dalam blog Anda, seolah-olah jika pengunjung blog tidak teliti past akan menganggap bahwa isi blog itu murni milik Anda.

No Copycat
No Copycat...!!!


Seorang blogger tentu tidak akan melakukan hal ini. Apalagi, menggunakan isi blog lain tanpa sepengetahuan atau izin dari si empunya. Selain berbuat curang karena memakai hasil kerja orang lain dengan mudah, sang blogger yang melakukan copycat juga dianggap tidak kreatif. Jika ketahuan oleh si empunya entry atau blogger lain, tentu Anda akan malu.

Copycat bisa terjadi tidak hanya pada entry blog tertentu, melainkan artikel, esai, laporan, hingga berita yang beredar di internet bila diambil secara keseluruhan pun bisa dianggap melakukan hal ini. Juga, surat kabar, majalah, selebaran, buku, dan media-media lainnya. Termasuk isi e-mail yang beredar di mills tertentu. Ada grup diskusi atau mills yang mengkhususkan isi e-mail yang ada di forum diskusi itu hanya untuk dikonsumsi oleh para anggota milis tersebut.

Jika Terpaksa

Jika pun sangat terpaksa melakukan copycat, Anda harus mendapatkan izin dari si empunya tulisan. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak melakukan tindakan curang karena mencuri hak milik orang lain. Apalagi, bila informasi itu bersifat penting dan rahasia.

Selanjutnya, jika melakukan copycat jangan lupa menyebutkan sumber Anda ketika mengambil data entry Anda. Ini pertanda bahwa Anda menghormati hak cipta dan jujur menyatakan bahwa isi blog Anda mengkopi dari milik orang lain.

Yang lebih baik lagi adalah Anda tidak melakukan copycat!

Pergunakan informasi atau data yang Anda anggap penting dan perlu dipublikasikan dalam blog Anda itu sebagai data pendukung saja. Bukan hal yang utama. Artinya, isi blog dari blogger lain hanyalah dikutip sebagian, disebutkan juga sumbernya, dan menggunakan data yang sebagian itu untuk memperkaya tulisan yang Anda buat sendiri.

Public Corner ....

Blog bukanlah tempat rahasia yang tidak boleh dimasuki oleh siapa pun. Sebaliknya, blog ibarat public corner di mana siapa saja dapat datang dan pergi. Kalau Anda menulis sesuatu di blog, tentu tidak bisa dipungkiri banyak pengunjung yang akan membaca entry tersebut. Oleh karena itu, perhatikan entry yang Anda publikasikan di blog, jangan sampai menyerang atau menuliskan keburukan seseorang secara vulgar di dalam blog, walaupun Anda sangat membencinya. Bisa jadi, hal itu malah menimbulkan fitnah dan memunculkan persepsi yang kurang bagus dalam benak pengunjung blog Anda.

Perhatikan Hak Cipta dan Ketentuan

Apabila Anda menaruh foto, gambar, atau ilustrasi yang bukan buatan atau milik Anda, jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumbernya. Dengan begitu Anda menjadi blogger yang menghargai hasil jerih payah serta hak cipta orang lain. Di antara blogetiquette atau etika dalam blog yang paling utama adalah soal hak cipta.

Blogger Profesional Dan Beretika
Blogger Profesional Dan Beretika


Selain itu, jangan sampai Anda melanggar ketentuan yang sudah Anda sepakati dalam syarat-syarat layanan blog ketika kali pertama Anda membuat blog. Misalnya, penyedia layanan blog gratis seperti Blogdrive, Blogspot, Multiply, atau Wordpress akan menyertakan iklan otomatis di template blog.

Pasalnya, penyedia layanan blog gratis itu agar tetap bisa menjalankan layanannya bergantung pada pemasukan iklan yang dipasang oleh pengiklan. Dengan sedikit kode-kode bahasa pemograman seperti script, siapa pun bisa membersihkan tampilan blognya dari iklan-iklan tersebut. Kalau iklan itu hilang, besar kemungkinan pemasukan penyedia layanan blog itu akan berkurang.

Biasanya, pihak penyedia layanan blog apabila mengetahui perbuatan tersebut akan langsung menghapus account atau kepemilikan blog Anda.

Berkomunikasi Antarblogger

Etika blog lainnya adalah melakukan komunikasi dengan blogger lain. Saat Anda mengunjungi blog milik orang lain, meninggalkan pesan di shoutbox atau fasilitas peninggalan pesan merupakan hal-hal yang menjadi kebiasaan para blogger. Juga, ketika ada entry terbaru tentunya akan ada pula komentar batik dari yang membaca entry tersebut. Nah, di sinilah komunikasi itu terjadi.

Anda tidak harus menulis komentar sebuah postingan sampai ratusan kata. Kadang, cukup dengan menulis 'saya doakan semoga masalahnya ada jalan keluar', 'kok Anda sama ya', atau sekadar
"amiin" sudah bisa membuat blogger lain senang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »