Akreditasi Standar Pengelolaan: Bukti Fisik Dokumen Pelaksanaan Kegiatan Kesiswaan

March 09, 2019

 Akreditasi Standar Pengelolaan: Bukti Fisik Dokumen Pelaksanaan Kegiatan Kesiswaan

Akreditasi Standar Pengelolaan: Bukti Fisik Dokumen Pelaksanaan Kegiatan Kesiswaan - Salah satu bukti fisik standar pengelolaan akreditasi yang tertera pada instrumen no 86 ialah dokumen pelaksanaan kegiatan kesiswaan. Dokumen ini harus dibuktikan secara fisik berkaitan dengan seluruh program kesiswaan dan BP/BK yang telah dilaksanakan 2 tahun kebelakang. Ada beberapa dokumen pelaksanaan yang berhubungan dengan kegiatan kesiswaan yang harus ada bukti fisik kegiatan diantaranya:

  1. Dokumen Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
  2. Layanan Konseling
  3. Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan ekstrakurikuler lainnya
  4. Pembinaan Prestasi
  5. Penelusuran Alumni

Bukti Fisik Dokumen Pelaksanaan Kegiatan Kesiswaan

    Dokumen pertama yaitu pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang setiap tahun dilaksanakan. Dokumen ini berupa program kerja PPDB mulai dari pembuatan proposal, pembentukan panitia, berita acara PPDB, notulen rapat PPDB, panitia PPDB, jadwal pelaksanaan kegiatan PPDB, Jadwal piket pelaksanaan PPDB, anggaran biaya, jumlah siswa yang daftar, dan foto dokumen kegiatan PPDB. Lebih jelasnya untuk contoh program PPDB silahkan bisa unduh >>> disini <<<

    Dokumen kedua bukti fisik kegiatan layanan konseling. Dokumen ini silahkan konfirmasi dengan kepala BP/BK. Dokumen tersebut wajib hadir karena akan ditanyakan oleh assesor.

    Dokumen ketiga ialah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Mulai program kerja dan jadwal kegiatan ekstrakurikuler serta foto kegiatan. Untuk contoh program kerja ekstrakurikuler silahkan bisa Anda unduh dibawah ini:


    Dokumen keempat ialah Pembinaan Prestasi siswa. Bukti fisiknya ialah program pembinaan prestasi bagi siswa berprestasi baik bidang akademik dan non akademik. Program pembinaan prestasi ini sebenarnya sudah terlaksana sebagian dalam kegiatan ekstrakurikuler. Program pembinaan prestasi harus sudah terencana mulai tahun ajaran baru yang meliputi jadwal, nama pembina, bentuk penghargaan sekolah seperti piagam, beasiswa dan lainnya.

    Dokumen kelima ialah penelusuran alumni. Penelusuran alumni terdiri dari nama siswa, tempat tanggal lahir, tahun masuk, tahun keluar, alamat lengkap, tempat sekolah sekarang, tempat bekerja sekarang dan lainnya. Contoh dokumen penulusuran alumni silahkan bisa anda lihat >>disini<<

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »