Blog Sebagai Media Berpromosi

March 22, 2019

Melakukan Promosi 

Memiliki blog sebagai media berpromosi bukan hanya saat Anda pandai menulis dan berkomitmen untuk tetap melakukan updating isinya atau mendesain tampilan yang bagus, melainkan juga Anda harus melakukan promosi terhadap blog.

Ada dua keuntungan melakukan promosi. Pertama, promosi akan membuat blog Anda populer.

Apalagi bila Anda termasuk newbie atau pendatang baru di dunia blog, promosi jelas harus dilakukan untuk memperkenalkan diri Anda beserta blog kepada komunitas blog di Internet. Kedua, bagi Anda yang mempunyai usaha atau menjadikan blog Anda sebagai toko virtual, yang menjual barang, jasa, atau menawarkan apa pun, dengan melakukan promosi, usaha yang Anda kelola akan mendapatkan respons batik dari pengunjung yang kemungkinan besar akan membuat usaha yang Anda kerjakan laku.

Promosi Sederhana

Anda bisa melakukan blogwalking atau berjalan-jalan mengunjungi blog lain dan meninggalkan pesan di sana. Dengan begitu, blogger lain akan mengenal bahwa Anda itu eksis dan Anda punya blog. Ini adalah langkah berpromosi yang paling mudah dan murah.

Anda juga harus rajin membuat pengumuman. Anda bisa membuatnya di mills, di messenger, atau mengirim e-mail ke teman-teman yang Anda kenal. Anda juga bisa mencantumkan tautan alamat blog Anda di bagian bawah e-mail yang akan otomatis juga terkirim saat Anda mengirim e-mail.
Bahkan jika Anda serius, Anda bisa membuat kartu nama yang khusus memuat identitas diri Anda dan blog Anda.

Bergabung dalam Komunitas

Saat ini, sudah banyak komunitas blog yang berdiri di Indonesia. Nah, agar langkah promosi efektif dan Anda bisa berbagi pengetahuan di sana, Anda harus bergabung dengan komunitas-komunitas
blog tersebut.

Daftarkan Blog Anda

Salah satu cara berpromosi yang paling jitu adalah sejauh mana blog Anda mudah ditemukan melalui mesin pencari seperti Google atau Yahoo.

Agar mudah ditemukan, Anda harus mendaftarkan diri ke situs direktori blog. Ada tiga situs terbesar dan terpopuler, yaitu:
  1. www.technoraticom
  2. www.feedburner.com
  3. www.blogdigger.com

Blog Sebagai Media Berpromosi
FeedBurner


Mudah Mencari di Search Engine

Banyak cara melakukan promosi untuk blog Anda. Namun, untuk mengetahui apakah promosi yang Anda lakukan efektif, Anda bisa melihatnya di mesin pencari atau search engine.

Saat ini keberadaan mesin pencari dan situs-situs mesin pencari sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan bagi pengguna Internet. Mereka yang masih awam dan yang sudah sering bersentuhan dengan Internet pun menjadikan situs mesin pencari sebagai pilihan utama; selain situs e-mail dan situs berita.

Mulai dari artikel tertentu, musik dan di mana bisa mengunduh (men-download) lagu-lagu terbaru, mencari foto, menyaksikan video, bahkan mencari barang-barang yang dijual pun bisa dilakukan oleh mesin pencari. Anda cukup memasukkan satu atau dua kata kunci dan biarkan situs tersebut mencarinya untuk Anda hanya dalam waktu beberapa detik. Semakin banyak hasil dari pencarian situs mesin pencari itu, bisa dipastikan sebanyak itu pula popularitasnya.

Nah, bagi Anda yang memiliki blog dan ingin blog Anda juga populer, blog yang Anda miliki pun harus banyak muncul di situs mesin pencari. Caranya? Masukkan alamat blog Anda dan tunggu berapa banyak situs pencari mendata jumlah blog Anda.

Apabila jawabannya sedikit, sudah saatnya Anda melakukan registrasi atau pendaftaran di situs pencari. Saat ini ada tiga situs pencari yang populer di Internet, yaitu Google, Yahoo, dan MSN.
Lalu, apabila Anda ingin melakukan pendaftaran untuk blog Anda, ada tiga langkah mudah;

1. Klik halaman registrasi untuk masing-masing situs mesin pencari.
Google : http://www.google.com/addurl. html
Yahoo : http://www.submit.search.yahoo. com/free/request.html
MSN : http://www.search.msn.co.in/ docs/submit.aspx
2. Isi form yang disediakan.
3. Klik submit, seketika itu jugs blog Anda sudah terdaftar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »