16 Rahasia Menjadi Blogger Yang Harus Kamu Ketahui

March 18, 2019
Berikut adalah 16 rahasia menjadi blogger yang harus kamu ketahui, Semua orang bisa membuat blog dan dalam waktu sekian detik langsung disebut blogger. Namun pada kenyataannya, banyak blog yang tinggal tampilan saja, isi blog yang sudah beberapa bulan atau tahun lalu, atau alamatnya sudah tidak ada lagi.

Rahasia Menjadi Blogger Yang Harus Kamu Ketahui
Rahasia Menjadi Blogger Yang Harus Kamu Ketahui


Karena itu, tanyakan pada diri Anda sendiri, siapkah menjadi seorang blogger?

Berikut ini 16 Rahasia Menjadi Blogger Yang Harus Kamu Ketahui agar menjadi blogger yang sukses:

1. Kesabaran Mengelola Topik

Jika Anda sudah memutuskan mengambil topik tertentu untuk blog Anda, misalnya topik pendidikan, diperlukan kesabaran untuk mengelola topik tersebut. Pastikan Anda memiliki sumber atau situs-situs yang akan membantu Anda memperkaya nuansa topik yang Anda pilih.

2. Berkreativitaslah

Setidaknya, dalam waktu-waktu tertentu Anda harus meng-update blog. Blogger yang sukses selalu memberikan sesuatu yang baru dari setiap posting yang dibuatnya. Setiap pengunjung dan pembaca blog akan mendapatkan 'kesegaran' setiap mengeklik blog Anda.

3. Ide yang Cemerlang

Salah satu tawaran yang bisa didapatkan pengunjung atau pembaca blog adalah ide yang baru serta unik. Walaupun yang dibahastentang peristiwa yang sama dan sedang menjadi perbincangan umum, Anda harus memiliki ide cemerlang untuk mengangkat terra tersebut dengan sudut pandang yang berbeda. Kalau sekadar copycat atau mengambil isi blog lain, sama saja dengan Anda mempromosikan blog orang lain.

4. Etika Blogging yang Baik

Apabila ada anggapan bahwa mengisi blog hanya memerlukan waktu tak sampai sepuluh menit, dipublikasikan, lalu membiarkannya begitu saja, anggapan itu bisa jadi salah. Blogger yang sukses menghabiskan waktu yang lebih untuk mencari sumber tulisan yang banyak, menulisnya, mendesain tampilan tulisan, dan bahkan melakukan promosi terhadap posting yang dibuat. Beberapa blogger ada yang menghabiskan waktu satu hingga tiga jam untuk mengelola posting yang akan dipublikasikan.

5. Kemampuan Bekerja Sendiri

Sebagian besar blogger bekerja sendiri. Karena itu, diperlukan kemampuan individual dalam biogging. Anda dituntut dapat menyingkirkan segala gangguan, balk di rumah, di sekolah atau kampus, di kantor, dan segala sesuatunya yang mungkin bisa menghambat Anda dalam berkonsentrasi dan membuat posting yang baik.

6. Siapkan Catatan

Ide bisa datang kapan dan di mana saja. Siapkanlah selalu kertas atau buku catatan yang selalu dibawa dan slap sedia apabila ide tiba-tiba saja muncul dalam benak Anda. Apalagi, saat dalam perjalanan dan ide muncul ketika Anda tidak berada di depan komputer. Catatan sangat membantu. Bisa jadi, ide yang muncul tersebut merupakan ide yang menarik, unik, dan penting.

7. Siapkan Diri

Pengunjung blog mungkin akan memakai tulisan Anda dan bisa jadi mereka akan membincangkannya di forum-forum diskusi, grup diskusi, milis, dan sebagainya. Sebaliknya, mungkin akan ada blogger yang mencemooh, tidak sependapat, bahkan mengejek isi blog Anda. Siapkan diri Anda untuk tetap rendah hati dan menjadikan hal tersebut sebagai pemicu untuk lebih baik di masa mendatang.

8. Manfaatkan Networking

Peliharalah jalinan sosial Anda, baik di dunia nyata maupun di internet. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan informasi terbaru, memperkaya pengetahuan, hingga dapat mendiskusikan topik menarik yang akan diangkat di blog. Dengan begitu, Anda akan selalu mendapatkan ide-ide yang segar.

9. Motivasi

Kadang Anda akan mengalami titik jenuh, titik di mana Anda sudah terlalu lama dan blogging malah menjadi kegiatan yang membosankan. Jangan sampai hal ini benar-benar menyerang! Jagalah motivasi. Banyak sumber-sumber motivasi yang bisa tetap menjaga Anda untuk blogging, salah satunya kenapa tidak menjadikan blog Anda untuk berbisnis.

10. Teruji oleh Waktu

Ngeblog bukanlah pekerjaan sambil lalu saja. Jika Anda ingin menjadi problogger atau blogger yang profesional, ingin sukses dalam blog, ingin agar pembaca mengenai dan memercayai nama Anda, mau tidak mau blog yang ada haruslah diuji oleh waktu. Blog yang balk dan sukses adalah blog yang sudah online sejak dua-tiga tahun yang lalu.

11. Visi ke Depan

Apa yang terbayang dalam benak Anda tentang blog yang Anda miliki beberapa tahun mendatang? Bagaimana dengan lima atau sepuluh tahun mendatang? Blogger yang sukses adalah mereka yang memiliki visi ke depan dan dapat memperkirakan apa yang akan terjadi terhadap blog beberapa tahun mendatang.

12. Biasakan Diri Blogging

Ngeblog bukanlah pekerjaan layaknya pegawai kantoran, masuk jam 9 pagi dan keluar jam 5 sore. Blogger yang sukses adalah mereka yang bisa bekerja kapan saja. Saat tengah malam atau menjelang pagi hari, bukan menjadi persoalan bagi seorang blogger.

13. Keinginan untuk Belajar

Blogger yang sukses adalah yang selalu menyediakan informasi-informasi terbaru bagi para pembaca dan pegunjung blog. lni berarti Anda harus menyisihkan waktu untuk membaca blog lain, mengunjungi situs-situs penting, membaca buku, surat kabar, majalah, dan menonton televisi. Kegiatan tersebut akan menjaga Anda untuk selalu punya informasi dan pengetahuan terbaru.

14. Buka Pikiran!

Terkadang, ada beberapa hal yang berlaku saat ini bisa jadi di masa-masa mendatang hal itu sudah tidak berlaku lagi. Bahkan, ada barang-barang yang sudah usang dan tersimpan di gudang. Bukalah selalu pikiran untuk menerima yang baru. Jangan malu untuk bertanya dan berusahalah menemukan tren-tren terbaru dan ide yang segar.

15. Menjadi Seorang Guru

Di blog, Anda tidak hanya menceritakan tentang diri Anda sendiri. Blog adalah bagaimana Anda dapat membagi apa yang diketahui, dialami, dan dirasakan kepada orang lain. Kemampuan untuk menceritakan tersebut, layaknya seorang guru di depan kelas, merupakan suatu keterampilan yang patut dimiliki seorang blogger yang sukses.

16. Bersabar

Jangan pernah mengharapkan dengan nge-blog Anda akan mendapatkan sesuatu secara instan. Jika Anda membuat blog untuk bisnis, jangan berharap esok harinya akan banyak blogger yang memesan produk yang Anda jual. Diperlukan kesabaran untuk membuat blog yang sukses

Kesan Pertama

Ingat, kesan pertama selalu menentukan. Entry pertama yang Anda tulis di blog bisa jadi sangat menentukan apakah blogger lain akan terus mengunjungi blog Anda atau tidak; menentukan apakah blog Anda unik dan bisa dijadikan referensi; dan menentukan apakah Anda memang telah menyiapkan langkah menjadi blogger atau tidak.

Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menentukan lebih dahulu topik-topik apa yang menjadi ciri khas blog Anda.

Fokus pada Satu Masalah

Blog yang fokus pada satu permasalahan biasanya sering mendapat kunjungan dari blogger lain. Sebab, mereka akan ingat tentang sesuatu yang berbeda, tetapi fokus bahasan yang terpusat, satu tema, dan bertopik jelas.

16 Rahasia Menjadi Blogger Yang Harus Kamu Ketahui
fokus bahasan yang terpusat, satu tema, dan bertopik jelas



  • Blog Agama. Isi blog yang membahas seputar agama blogger, panduan dalam menjalankan ibadah, dan kadang pula mengutip ayat-ayat.
  • Blog Hukum. Disebut dengan "blawgs" atau blog Laws yang membahas persoalan tentang hukum atau urusan hukum.
  • Blog Bertopik. Blog yang membahas dan mengkhususkan dirinya terhadap bahasan tertentu.
  • Blog Bisnis. Blog yang digunakan sebagai sarana berbisnis, mempromosikan produk, dan berbagi info bisnis.
  • Blog Kebersamaan. Topik Iebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog Kesehatan. Berisi tentang informasi kesehatan. Biasanya, cerita keseharian dokter, perawat, dan juga petugas kesehatan Iainnya yang berisi pengalaman keseharian.
  • Blog Media. Berfokus pada bahasan kebohong-an atau ketidakkonsistenan media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
  • Blog Pendidikan. Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog Petunjuk. Directory blog, berisi link-link halaman website.
  • Blog Perjalanan. Bercerita tentang pengalaman selama perjalanan/traveling yang kadang disertai dengan tips dan trik.
  • Blog Politik. Blog yang berisi tentang berita, politik, aktivis, kampanye, dan semua persoalan berbasis politik.
  • Blog Pribadi. Merupakan jurnal harian online yang berisikan pengalaman keseharian.
  • Blog Profesi. Dibuat dan berisi tentang profesi seseorang, misalnya manajer humas, wartawan, penulis, atau psikolog.
  • Blog Sastra. Dikenal sebagai literary blog dan berisikan segala sesuatu yang berkaitan dengan sastra seperti syair, puisi, cerpen, maupun informasi dari sastrawan.
  • Blog Riset. Blog yang memuat informasi tentang riset terbaru atau publikasi akademis.
  • Blog Spam. Disebut dengan "splogs" yang biasanya digunakan untuk promosi bisnis affiliate.

Berikan Sentuhan Berbeda Pada Blog Anda

Untuk Iebih memberikan sentuhan berbeda dari entry yang Anda bust, tidak ada salahnya Anda melakukan penelitian atau mencari artikel-artikel pendukung. Dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Yahoo, Anda bisa menemukan ratusan bahkan ribuan artikel dari dalam maupun luar negeri yang berkaitan dengan bahasan yang akan Anda angkat.

Apa yang membuat blogger sering mengunjungi sebuah blog?

Salah satu alasan mengapa sebuah blog sering dikunjungi karena isi blog tersebut menyajikan sesuatu yang Baru. Setiap membaca entry blog, selalu ada informasi terbaru yang bisa didapat.

Setiap selesai membacanya, pengunjung akan merasa fresh alias memiliki pikiran segar karena telah menemukan sesuatu yang tidak ditemukan di blog yang lain. lbarat hidangan, jika disajikan dengan apik, baru diangkat dari tempat masaknya, dan berisi bahan-bahan yang juga baru tentu siapa pun akan bersemangat menyantapnya, bukan?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »