Pengertian Kontaminasi, Jenis Dan Penyebab Kontaminasi

September 23, 2019
Kontaminasi, secara umum dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana terjadi percampuran atau pencemaran terhadap sesuatu oleh unsur lain yang memberikan efek tertentu, yang biasanya berdampak buruk. Contohnya, kontaminasi limbah yaitu percampuran limbah yang bisa memberikan efek bagi lingkungan. Hal tersebut seringkali terjadi pada sungai yang terkontaminasi oleh limbah pabrik. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kontaminasi diartikan sebagai :
  • pengotoran, pencemaran (khususnya karena kemasukan unsur luar).
  • penggabungan beberapa bentuk (kata, frasa, dan sebagainya) yang menimbulkan bentuk baru yang tidak lazim.

Jenis Kontaminasi. Kontaminasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kontaminasi Lingkungan.
Kontaminasi lingkungan adalah terjadinya percampuran (masuknya) zat atau makhluk ke dalam lingkungan yang mengakibatkan kualitas lingkungan menjadi rusak. Kontaminasi lingkungan dapat terjadi karena :
  • perbuatan manusia, contoh : pembuangan limbah ke sungai.
  • aktivitas alam, contoh : gunung meletus.

2. Kontaminasi Makanan.
Kontaminasi makanan adalah terjadinya percampuran bahan makanan dengan zat, senyawa, maupun makhluk hidup yang sifatnya merusak makanan. Makanan yang sudah terkontaminasi tersebut akan berbahaya jika dikonsumsi, karena dapat meracuni orang yang mengkonsumsi makanan tersebut.  

3. Kontaminasi Silang.
Kontaminasi silang adalah perpindahan bakteri dari bahan pangan ke produk pangan yang sudah jadi, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Kontaminasi silang pada umumnya terjadi karena :
  • buruknya kondisi penyimpanan makanan. 
  • tidak bersih (tidak hieginis)-nya pada saat proses pembuatan makanan.

4. Kontaminasi Bahasa.
Dalam bahasa Indonesia, kontaminasi dapat juga berarti penggabungan beberapa bentuk kata, frasa, susunan dan kaidah suatu bahasa dengan bahasa lainnya, sehingga yang menimbulkan bentuk baru yang tidak lazim. Kontaminasi bahasa disebabkan oleh percampuran antara bahasa Indonesia baku dengan bahasa asing atau bahasa daerah tertentu.

Penyebab Kontaminasi. Kontaminasi yang terjadi dapat disebabkan oleh berbagai macam komponen (kontaminan), seperti :
  • kontaminan yang berasal dari benda mati, misalnya dari senyawa kimia dan kotoran.
  • kontaminan yang berasal dari makhluk hidup, misalnya mikroba.

Secara umum, penyebab kontaminasi dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
  • kontaminasi biologi. Kontaminasi biologi dapat menyebabkan keracunan dan infeksi pada manusia, yang biasanya disebabkan oleh mikrobilogis seperti parasit (protozoa), virus, dan bakteri patogen.
  • kontaminasi kimia. Kontaminasi kimia dapat menyebabkan intoksidasi pada manusia, yang biasanya disebabkan oleh antibiotika, residu pestisida, pencemaran kimia industri, dan lain-lain.
  • kontaminasi fisik. Kontaminasi fisik tidak selalu menyebabkan penyakit sebagaimana kontaminasi biologis dan kimia. Namun begitu, kontaminasi fisik tetap bahaya dan dapat mengganggu kesehatan manusia. 

Kontaminasi dapat menimbulkan dampak buruk, baik bagi lingkungan maupun bagi manusia. 
  • bagi lingkungan, kontaminasi berdampak pada turunnya kualitas lingkungan. 
  • bagi manusia, kontaminasi berdampak pada turunnya kesehatan manusia, bahkan dapat menjadi penyebab kematian manusia. 
Untuk mencegah terjadinya kontaminasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya selalu menjaga kebersihan makanan, membuat pengolahan limbah yang benar, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »