Konsep CPA dan Affiliate Marketing

September 18, 2019


Affiliate marketing adalah bentuk pemasaran dimana kita memasarkan produk orang lain kemudian kita akan diberikan komisi dalam model CPA (biaya per akuisisi)

Jadi affiliate marketing = nama industrinya, dan CPA = model komisinya.

Tapi dalam prakteknya, tidak demikian.

Pengertian istilah dari affiliate marketing yang kita kenal saat ini seperti ini:

Affiliate Marketing lebih sering digunakan untuk penjualan produk (seperti gambar di atas), sedangkan CPA lebih digunakan untuk ‘action‘ atau tindakan.

Perlu diingat semuanya ini merupakan istilah yang masih ambigu. Selain itu, ketika memasuki dunia CPA anda juga akan menemukan beberapa istilah turunan lainnya seperti CPI, PPD, CPL, dan sejenisnya.

Pembedanya adalah action yang dimaksud tadi.

Apa saja action itu?

Mengisi form pendaftaran
Mendaftarkan alamat email
Mengisi survei
Memberikan informasi kartu kredit
Mengunduh file
Subscribe/berlangganan terhadap suatu layanan
Menginstall software/aplikasi (sering juga disebut CPI – Cost per Install)
Dalam CPA marketing, kita akan “merayu” orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan di atas kepada website/produk/layanan tertentu.

Setiap kali berhasil, maka kita akan mendapatkan komisi.

Komisi yang anda dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50 bahkan ada juga yang lebih.

Semakin sulit syarat penyelesaiannya, semakin tinggi pula komisi yang diberikan. Misalnya, pendaftaran email termasuk yang mudah jadi komisinya lebih kecil (sekitar $1-$2 untuk orang US) daripada informasi kartu kredit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »