Pembahasan tentang penempatan iklan AdSense yang strategis sebenarnya sudah banyak diulas oleh teman-teman penulis lainnya dan yang paling dijadikan rujukan utama tentang kebijakan penempatan posisi iklan AdSense telah dibahas lengkap dan jelas melalui situs resmi Google AdSense.
Disini penulis hanya akan berbagi pengalaman dan ilmu tentang posisi penempatan iklan AdSense yang lebih strategis dimana posisi tersebut peluang mengklik iklan cenderung lebih banyak dibandingkan penempatan iklan ditempat lainnya. Dengan penempatan iklan AdSense yang tepat maka penghasilan juga akan meningkat secara signifikan.
Sebelum menempatkan iklan ditempat yang lebih strategis, silahkan analisa terlebih dahulu laporan penghasilan AdSense di akun masing-masing, bahwa iklan mana yang paling banyak penghasilannya dan ditempatkan dimana.
Para publisher Google AdSense juga penting sekali mempertimbangkan pengalaman para pengunjung blog (visitor) dan kebijakan program pengiklan sebelum menempatkan iklan. Ketika mempertimbangkan pengunjung blog, maka jelas sekali bahwa mereka hanya mencari materi atau artikel yang saat itu sedang mereka butuhkan. Oleh karena itu penempatan iklan AdSense didalam artikel merupakan penempatan yang sangat strategis, dan CPC yang tinggi.
Dimanakah Posisi Penempatan Iklan yang Paling Strategis?
Setelah menganalisa iklan-iklan apa saja yang lebih berpotensi menghasilkan dan penempatan iklan yang paling strategis yang lebih menghasilkan, maka setidaknya ada 3 (tiga) posisi tempat iklan yang bagus dan paling tepat. Iklan-iklan tersebut pernah penulis rubah tempatnya dan sudah beberapa kali coba namun posisi inilah yang paling tepat.
Berikut ini posisi penempatan iklan Google AdSense yang paling penulis rekomendasikan:
- Penempatan Iklan di dalam Artikel Blog
- Penempatan Iklan di posisi Header Blog
- Penempatan Iklan di posisi Footer Blog
Penempatan posisi iklan diatas sesuai dengan rata-rata struktur template blog yang sering digunakan saat ini. Misalkan template VioMagz yang saya pakai dengan struktur template mulai dari header. footer dan menu menu lainnya.
Lihat contoh penampakan posisi iklan yang anda bisa analisa dan terapkan:
Gambar diatas contoh tampilan halaman blog dengan struktur template judul blog, header blog, footer blog dan halaman utama blog. Menurut pengalaman penulis bahwa disanalah tempat terbaik untuk memasang iklan AdSense. Bisa saja contoh diatas tidak sesuai dengan pengalaman anda, namun umumnya seperti itu.
CEK DIBAWAH INI! POSISI IKLAN ADSENSE PALING BAIK DAN STRATEGIS
1. Penempatan Iklan di dalam Artikel Blog
Penempatan iklan paling strategis dan lebih menghasilkan adalah iklan-iklan yang dipasang dihalaman utama blog. Iklan dihalaman utama blog (iklan dalam artikel) ini bisa anda tempatkan maksimal tiga iklan. Pertama diatas artikel, kedua ditengah artikel, dan ketiga dibawah artikel.
- Dibawah judul bisa tempatkan iklan link. Iklan link ini salah satu iklan paling banyak diklik dan paling banyak menghasilkan
- Diatas artikel bisa anda pasang iklan kotak berukuran 300x250
- Ditengah artikel bisa anda pasang iklan in artikel
- Dibawah artikel bisa dipasang iklan kotak berukuran 300x280 atau bisa dipasang iklan konten sesuai
Penempatan iklan didalam artikel merupakan posisi iklan paling direkomendasikan. Tak hanya banyak yang klik posisi iklan didalam artikel juga nilai BPK/CPC nya tinggi. Sesuai dengan arahan dari Google AdSense bahwa publisher lebih mengutamakan pengguna/pengunjung blog sehingga peluang klik iklan jauh lebih besar.
Berapa iklan yang paling ideal ditempatkan di dalam artikel?
Menurut hemat penulis jumlah iklan paling banyak dalam 1 (satu) halaman tak lebih dari 4 iklan yang bisa dipasang. Itu juga apabila jumlah artikelnya banyak, lha kalo sedikit nanti halaman penuh dengan iklan akhirnya pengunjung lari gak mau ngunjungin lagi.
Iklan semakin banyak maka BPK/CPC nya juga mungkin kecil. Disini jelas sekali antara pengiklan dan publisher adsense saling diuntungkan jika penempatan iklan lebih sedikit.
2. Penempatan Iklan di Header Blog
Posisi iklan yang ditempatkan di header blog merupakan posisi ideal dan strategis terutama meraup penghasilan yang besar. Posisi ini salah satu tempat iklan favorit yang saya terapkan. Penghasilannya juga cukup besar. Iklan responsif cocok sekali ditempatkan di header blog karena bisa menyesuaikan iklan jika tampil di desktop dan smartphone.
3. Iklan Footer Blog
Yang terakhir posisi paling banyak penghasilannya adalah iklan yang ditempatkan di footer blog. Di posisi ini anda bisa tempelkan iklan responsif, iklan kotak 300x250, iklan link, atau iklan vertikal dengan ukuran 300x600.
Jika pengunjung blog memakai HP setelah betah berlama-lama maka pembaca akan terus diarahkan kebawah blog pasti mencari artikel lainnya maka diposisi bawah iklan footer akan tampil. Kemungkinan mendapatkan penghasilan tambahan jauh lebih besar.
Apakah boleh menempatkan iklan selain ditempat diatas?
Boleh-boleh saja,
Penempatan iklan itu boleh dimana saja sesuai dengan struktur template blog anda jika setelah menganalisa posisi penempatan iklan ternyata posisi itulah paling besar penghasilannya. Salah satunya posisi iklan disamping halaman utama (disamping artikel). Iklan ini biasanya ditempatkan situs-situs berita populer seperti detik.com, tribun dan media besar lainnya.
Demikian artikel yang bisa penulis share tentang Posisi Penempatan Iklan AdSense Paling Strategis dan Menghasilkan Uang. Penempatan posisi iklan diatas hanyalah berdasarkan pengalaman penulis saja setelah melihat beberapa jenis iklan adsense termasuk tempat iklan yang paling besar peluangnya terutama memaksimalkan penghasilan dari Google AdSense.
Tag:
- Posisi Iklan AdSense Paling Strategis
- Penempatan Iklan AdSense Paling Tepat dan Strategis
- Penempatan Iklan Adsense yang Bagus dan Strategis
- Praktik Terbaik Penempatan Iklan AdSense
- Posisi Penempatan Iklan AdSense Paling Menghasilkan dan Terbaik
EmoticonEmoticon