Dampak Negatif dari Kecanduan Bermain Smartphone | Ruli Garut

September 12, 2019


Saat ini smartphone sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat kita, mulai dari orang dewasa, remaja bahkan sampai anak-anak. hal yang sangat miris saat ini ialah tidak sedikit orang tua yang memberikan gadget kepada anaknya yang masih kecil supaya anaknya tidak rewel. 

namun tahukah anda kebiasaan bermain smartphone secara berlebihan sangatlah tidak baik, terlebih lagi jika anak kecil hal tersebut dikarenakan anak kecil otaknya masih lemah. berikut bahaya smartphone untuk kesehatan anda :

Baca Juga | Cara Menghemat Baterai Smartphone | Ruli Garut

1.  Bahaya untuk Otak dan Daya Ingat
Saat ini saat kita disuruh  mencari informasi apa-apa pasti larinya ke gadget, bahkan saat ujian disekolah tidak sedikit siswa menggunakan bantuan gadgetnya untu membantu menjawab soal-soal yang ada, hal tersebut tentunya dapay menyebabkan ketergantungan dengan smartphone dan membuat anda malas mengingat, selain itu radiasi yang dihasilkan oleh smartphone juga sangat berbahaya bagi kesehatan otak anda.

2. Pola Tidur yang Terganggu
Pancaran cahaya biru yang dihasilkan dari smartphone anda ternyata dapt membuat hormon melatonin sulit berproduksi dalam tubuh anda yang membuat anda akan mengalami susah tidur tentu saja hal tersebut sangat bahaya bagi kesehatan anda.

Baca Juga | 5 Dampak Buruk Bermain Ponsel Sambil di Charger | Ruli Garut


3. Kesehatan Fisik
Akibat terlalu asik bercengkrama dengan smartphone anda, anda akan semakin malas untuk melakukan gerak hal ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan anda itu karena jarang bergerak menyebabkan melemahnya tubuh anda dan diikutu dengan penurunan pertahanan tubuh anda dan meyebabkan anda mudah terserang penyakit.


4. Sulit Berinteraksi dengan Lingkungan Sosial
Akibat terlalu sering menggunakan smartphone anda akan sulit mengontrol lingkungan disekitar anda, dan membuat hubungan sosial anda tidak membaik,bahkan banyak yang kita jumpai dimana banyak orang yang sedang berkumpul bersama namun sibuk dengan gadgetnya masing-masing, ternyata hal ini dapat menyebabkan buruknya kesehatan psikologi seseorang.

jadi diatas merupakan dampak negati yang anda dapati jika sudah kecanduan dengan yang perangkat pintar yang satu ini, jadi sebaiknya anda atur waktu jika ingin menggunakan gadget dan jika tidak ada kepentingan sebaiknya jangan memainkannya. selain itu juga sebaiknya anda tidak memberikan smartphone anda kepada anak yang masih kecil, karena  bisa mengakibatkan ia kecanduan dan jika sudah seperti maka akan susah untuk menanganinya. 


Artikel Menarik Lainnya |


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »