6 Cara Mencuci Tangan Yang Baik & Benar

November 08, 2018
Mencuci tangan yakni salah satu cara paling sederhana untuk menjaga anda tetap sehat. Mencuci tangan sebelum makan atau sebelum tidur merupakan cara efektif mencegah penyebaran penyakit yang disebarkan melalui kontak tangan dari media mengandung bakteri, virus atau bibit penyakit masuk kedalam badan anda. Dengan mencuci tangan dengan baik dan benar akan menghentikan siklus penyakit yang terbawa dalam tangan anda masuk kedalam badan anda khususnya melalui makanan.

Memang ketika ini banyak produk hands sanitizer yang beredar cukup banyak untuk membersihkan tangan anda. Pembersih tangan berbasis alkohol, yang tidak memerlukan air, merupakan alternatif yang sanggup diterima ketika sabun dan air tidak tersedia. Jika Anda memakai pembersih tangan, pastikan produk tersebut mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Tisu antimikroba yakni pilihan lain yang efektif. Anak-anak perlu diberikan pengertian dasar ihwal bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar sehingga hal ini sanggup menumbuhkan kebiasaan mereka untuk selalu bersih dan hidup sehat.

Mencuci tangan yakni salah satu cara paling sederhana untuk menjaga anda tetap sehat 6 Cara Mencuci Tangan Yang Baik & Benar

Cuci tangan tidak mengambil banyak waktu atau perjuangan yang besar, tapi mengatakan manfaat yang besar dalam hal mencegah penyakit. Menjaga kebiasaan sederhana ini sanggup memainkan tugas penting dalam melindungi kesehatan Anda. Beberapa hal yang akan membantu anda mencegah penularan atau penyebaran penyakit melalui basuh tangan ini adalah:

  • Menyiapkan kuliner atau makan
  • Mengobati luka, mengatakan obat, atau merawat orang sakit atau terluka
  • Memasukkan atau melepas lensa kontak
  • Kontak eksklusif dengan materi makanan, terutama daging mentah atau unggas
  • Menggunakan toilet atau mengganti popok
  • Menyentuh binatang atau binatang ternak
  • Melakukan aktifitas dengan limbah
  • Ketika batuk, bersin
  • Penanganan sampah, rumah tangga atau materi kimia, atau apapun yang sanggup terkotori

Cara mencuci tangan Anda dengan baik dan benar

Biasanya ketika mencuci tangan kebanyakan orang akan melakukannya secara serampangan atau asal asalan sehingga bakteri, bibit penyakit maupun virus berbahaya masih tertinggal ditangan dan hal ini beresiko terhadap penyebaran penyakit dan masuk kedalam badan anda. nah berikut yakni beberapa langkah mencuci tangan yang baik dan benar menyerupai dikutip dari situs kesehatan Mayoclinic.com:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir boleh memakai air hangat atau dingin.
  2. Gunakan sabun cair, batangan atau sabun yang cocok dengan jenis kulit anda.
  3. Gosok sabun sampai berbusa.
  4. Gosok tangan Anda secara menyeluruh setidaknya selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan tangan, termasuk bab belakang tangan, pergelangan tangan, antara jari dan di bawah kuku Anda.
  5. Bilas dengan baik.
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu sekali pakai atau pengering udara.

Perlu diingat bahwa sabun antibakteri tidak lebih efektif dalam membunuh kuman dibandingkan sabun biasa. Menggunakan sabun antibakteri bahkan sanggup menyebabkan perkembangan basil yang resisten terhadap distributor antimikroba produk ini - sehingga sulit untuk membunuh kuman ini di masa depan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »