Begini Cara Mengatasi Upload Template Capesun Yang Cuman Tampil NPSN di Emis Online Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

November 18, 2018
PelajarKertosono - Update data EMIS online semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 saat ini difokuskan pada penuntasan data siswa kelas akhir untuk di daftarkan ke CAPESUN (Calon Peserta Ujian Nasional) dan daftar siswa baru, yang dimana keduanya memiliki dua cara untuk menuntaskan baik itu lewat manual ataupun template yang sudah disediakan.

Berkenaan dengan template capesun itu ada dua versi yakni wajib upload template biarpun data detail sudah lengkap dan ada versi lain yakni tidak perlu aploud template kalo data detail siswa sudah lengkap, Untuk kedua info tersebut admin sendiri mengikuti kata hati yakni tidak lakukan aploud template karena data detail sudah lengkap dengan alasan kalo detail sudah lengkap nanti gak da hasil apa-apa karena admin yakin dibuatnya template exel itu untuk mempermudah teman - teman dalam melengkapi data karena jika di akses dan melengkapi satu - satu maka akan memakan waktu yang sangat lama sama halnya dengan menu template PPDB dibuat untuk mendaftarkan siswa dari umum secara kolektif dan jika tidak menggunakan menu ini tidak masalah bisa menggunakan input manual hanya saja waktunya akan habis tersita apalagi kalo web lagi tidak bersahabat.
Mungkin akan timbul pertanyaan teman - teman terkait dengan menu template, apakah jika mengguakan template capesun nanti data akan menjadi ganda ? admin jawab tidak kaena admin sendiri sudah nyoba dah hasilnya tidak ganda yang penting kode siswa pada sistem sesuai dengan kode yang ada di EMIS jangan dihapus ataupun diganti lagi. hal tersebut admin uji coba setelah admin dengar ada yang aploud template capesun tapi hasinya siswa jadi ganda. maka dari itu admin coba untuk membuktikan dan ternyata tidak.

Kembali ke pokok pembahasan yakni ketika aploud template capesun yang muncul hanya NPSN saja, hal tersebut terjadi karena type file CSV yang digunakan tidak sesuai dengan permintaan EMIS, yakni menggunakan type file CSV lain yang harusnya menggunakan CSV COMMA DELIMETED bukan yang lain yang hal ini bisa kita buktikan dengan membuka file CSV menggunakan aplikasi Notepad ++ agar file CSV tidak rusak dan perhatikan pada file pasti ada koma pemisah antara satu karakter dengan karakter yang lainnya. Contoh file CSV yang benar seperti dibawah ini :


File CSV comma delimeted sesuai yang diminta pada template capesun dan PPDB identik dengan koma pemisah seperti gambar yang admin lingkari merah dan jika data tidak ada koma pemisah ketika dibuka dengan Notepad ++ maka segera ganti agar template capesun ketika di aploud terbaca semua.
Contoh format CSV yang salah seperti gambar dibawah ini : 


Pada file tersebut tidak ada koma pemisah yang artinya itu bukan format CSV yang diminta di EMIS dan segera diperbaiki agar hasil aploud tidak seperti di bawah ini :


Kesimpulannya : gunakan type file CSV Comma delimited dan sebelum di aploud buka dengan notepad ++ agar jika hasilnya setiap karakter ada koma pemisah seperti gambar paling atas maka type file sudah benar dan jika tampilan seperti gambar kedua itu artinya type file salah dan segera diperbaiki dengan save as CSV comma delimited.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »