Contoh RPP Bahasa Arab Maharoh Qiraah Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan Topik Nuzuul Quran Revisi Lengkap 2017 - Pemirsa budiman kali ini Saya akan share contoh RPP Bahasa Arab kelas 9 revisi paling baru yang sesuai aturan revisi tahun 2017. Saya rasa RPP ini sangat lengkap sekali dan cocok sebagai salah satu rujukan/pedoman membuat RPP Mata pelajaran lainnya.
RPP ini juga sebagai bahan ujian penilain kinerja guru (PKG) yang di nilai langsung oleh pengawas kementerian agama yang ada diwilayah Kota Cimahi.
Nah jika Anda sebagai guru masih bingung bagaimana membuat RPP revisi 2017, maka contoh RPP Bahasa Arab ini jawabanny
Sesuai aturan permendiknas tentang Revisi RPP Kurikulum 2013 tahun 2017, yang mencakup beberapa komponen, mulai dari data sekolah, materi, jumlah jam, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian, lembar kerja siswa dan komponen lainnya.
Dan yang terpenting Revisi RPP Kurikulum 2013 tahun 2017 ini harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4c dan HOTS. Lebih lengkapnya silahkan Anda simak contohnya dibawah ini:
Berikut ini contoh RPP Bahasa Arab Qiraah Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan topik: Nuzulul Quran, ok cekidot:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Sekolah : MTs Nurul Falah Kota Cimahi
- Mata Pelajaran : Bahasa Arab
- Kelas / Semester : IX / I
- Materi Pokok : Bacaan tentang topik نزول القرأن At-Tarkibلم النفي + فعل المضارع .
- AlokasiWaktu : 1 petemuan (2 Jam Pelajaran)
(KI-1) : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
(KI-2) : Menghargai dan menghayatiperilak ujujur,disipilin, tanggungjawab, peduli
(toleransi ,gotongroyong, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
(KI-3) : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
Ingin tahu, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan keja dian tampak mata.
(KI-4) : Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret(menggunakan, mengurai,
merangkai ,memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan umber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat :
- Mendeskripsikan definisi Fi’il Mudhori dan Lam Nafi
- Memahami perubahan bentuk ketikaلم النفي masuk ke dalam Fi’il Mudhori.
- Mentashrif Fi’I lMudhori dan لم النفي masuk ke dalam Fi’il Mudhori
- Mengindentifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung لم النفي + فعل المضارع .
- Definisi Fi’I Mudhori dan Lam Nafi (لم النفي )
- Tashrif Fi’il Mudhori dari dhomairهو sampaiنحن
- Tashrif لم النفي + فعل المضارع .
- Perubahan bentuk ketikaلم النفي masuk kedalam Fi’il Mudhori.
- Pendekatan : Saintifik
- Model : Discovery Based learnng (DBL)
- Metode : Diskusi, tanya jawab dan presentasi
- Laptop
- LCD
- Power Point
- Hidayat, D. D. (2014). Ta'limul Lughoh Al-'Arobiyah. Semarang: PT. Karya Toha Putra.
- Ibrahim, H. D.-T. (2017). Fasih Berbaasa Arab untuk kelas IX . Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
- Saefulloh, A. S. (2009). Ayo Memahami Bahasa Arab Untuk MTSsSMP Islam Kelas IX. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Arahma, T. (2004). Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas IX . Semarang: Aneka Ilmu.
- Fajri, F. N. (2018). Bahasa Arab Pegangan Guru untuk MTs dan yang sederajat kelas IX. Semarang: Fattah .
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap Spiritual
Petunjuk:
- Amati perkembangan sikap peserta didik menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
- Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku peserta didik yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk peserta didik yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Itulah komponen RPP kurikulum 2017. Lebih lengkapnya contoh RPP Bahasa Arab Qiraah kelas 9 K13 revisi terbaru silahkan Anda download
>>>> DISINI<<<<
Demikian contoh RPP Bahasa Arab Qiraah Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Terlengkap 2017. Mohon maaf kiranya masih ada kekurangan dalam penyusunan RPP ini, silahkan masukan dan saran teman-teman Saya tunggu dikolom komentar
Terima kasih semoga bermanfaat, aamiin. (by:Hendayani Sofia, S.Ag)
EmoticonEmoticon