Silsilah (Nasab) Keluarga Nabi Besar Muhammad SAW Lengkap

November 20, 2018
Silsilah garis keturunan (Nasab) Keluarga Baginda Nabi Muhammad SAW Lengkap dari Kilab sampai dengan Cucu-cucunya -- Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada baginda Nabi Rasuulillaahi saw kepada keluarganya, sahabatnya dan kepada seluruh umatnya yang selalu taat dan patuh akan ajarannya hingga akhir zaman, aamiin.

Sudah sepantasnya seorang muslim, mu’min mencintai nabi dan rasulnya. Begitu pula kecintaan pada Nabi Muhammad SAW, nabi paling mulia diantara para nabi, nabi kekasih Allah SWT, nabi yang menjadi rahmat seluruh alam.

اللهم صل على سيد نا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين
Berbagai cara seorang muslim, mu’min mencurahkan bukti cintanya kepada Rasulullah SAW baik melaksanakan sunah-sunahnya, banyak membaca shalawat, ziarah ke Rasuulullah, dan lainnya. Namun terkadang lupa kita sebagai ummatnya tidak mengetahui silsilah keturunan keluarga Rasulullah SAW.

Mengetahui silsilah keluarga Rasulullah SAW sangat penting sekali sebagai bukti kita cinta kepadanya. Barang siapa yang mencintai keturunan Rasulullah maka sama dengan mencintai rasulullah SAW.

Saya tulis silsilah (Nasab) Keluarga Nabi Besar Muhammad SAW ini semoga saja menjadi barokah, dan semoga menjadi salah satu bukti kecintaan kita terhadap Rasulullah SAW. Melihat bagan dibawah ini mungkin anda sedikit bingung terutama garis keturunan Rasulullah ke kakek sampai ke atasnya.

Namun setidaknya agar lebih mudah sengaja saya beri warna berbeda terutama garis keturunan Baginda Rasulullah SAW sampai ke cucu.

Inilah silsilah/Nasab Baginda Nabi Besar Muhammad SAW dimulai dari buyut-buyutnya sampai keb bawah yaitu cucunya:

Silsilah (Nasab) Keluarga Nabi Besar Muhammad SAW Lengkap

Keterangan:
--------- Garis pernikahan
Garus lurus: anak

**Nasab Rasulullah SAW dari Ibu (ke atas)
  1. Kilab bin Murrah
  2. Zuhroh bin Kilab
  3. Abdul Manaf bin Zuhroh
  4. Wahab bin Abdul Manaf
  5. Aminah binti Wahab
  6. Baginda Rasulullah SAW bin Aminah
**Nasab Rasulullah SAW dari Ayah (ke atas)
  1. Kilab bin Murrah (Nasab Ayah Rasulullah, Abdullah bertemu dengan ibundanya, Aminah)
  2. Qushay bin Kilab
  3. Abdi Manaf bin Qushay
  4. Hasim bin Abdi Manaf
  5. Abdul Muthalib bin Hasyim
  6. Abdullah bin Abdul Muthalib
  7. Baginda Rasuulullah SAW bin Abdullah
** Anak-anak Abdul Muthallib

1. Abdullah bin Abdul Muthalib, ayahanda baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Abdullah lahir tahun 545 meninggal tahun 570 masehi. Abdullah merupakan anak termuda Abdul Muthalib dari saudara-saudaranya yang lain. Abdullah sakit dan wafat di Yatsrib dalam perjalanan pulang berdagang di kota Madinah. Wafat dalam usia 25 tahun ketika Rasulullah SAW masih dalam kandungan Siti Aminah.

2. Abu Thalib. Ia merupakan pemimpin Bani Hasyim sepeninggalnya ayahnya Abdul Muthalib. Ia mengasuh nabi dan pendukung utama dalam berdakwahPaman Nabi. Abu Thalib lahir di Mekah pada tahun 539 meninggal di Mekah tahun 619. Setelah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul, Abu Thalib merupakan pembela utama dakwah Islam dari serangan kaum kafir Quraisy di Mekah.

3. Az Zubair. Az zubair merupakan saudara kandung ayahanda Rasulullah SAW, Abdullah. Azzubair merupakan panglima perang keluarga Hasyim dan Muthallib dalam perang Fijar. Namun tidak menjumpai masa-masa Islam

4. Harits bin Abdul Muthalib. Harits Merupakan anak tertua Abdul Muthalib. Anak-anak Harits yang masuk islam yaitu: Ubaidillah, Rabi'ah, Abu Supyan dan Abdullah.

5. Hamzah, merupakan paman sekaligus saudara sesusu baginda Nabi Muhammad SAW. Hamzah dijuluki singa Allah. Ikut dalam perang badar dan perang Uhud. Wafat sebagai syuhada dalam perang Uhud.

6. Abbas bin Abdul Muthallib. Paman dan sekaligus merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi pembela Nabi dalam menyebarkan Agama Islam. Abbas dilahirkan sebelum peristiwa serangan tentara Gajah, dan meninggal pada tahun 32 Hijriyah dalam usia 86 tahun.

7. Abu Lahab, nama lain dari Abbul 'Uzza yang tidak lain paman Nabi sendiri yang selalu memusuhi dan menghalangi dakwah Nabi. Saking bencinya terhadap islam maka Allah SWT mengabadikan dalam al Quran surat al-Lahab (api yang menguntab-nguntab) sebagai bentuk kutukan dan hinaan  langsung dari Allah SWT, naudzubillah. Lahbin artinya api yang menguntab-nguntab, karena wajahnya selalu merah karena benci terhadap nabi dan Islam .

8. Al Baida Ummu Hakim
9. Barro binti Abdul Muthallib

10. Shafiyah binti Abdul Muthalib. Saudari singa Allah, Hamzah bin Abdul Muthalib. Lahir pada tahun 569 wafat 640 masehi, beliau ibunda dari sahabat mulia Zubair bin Awwam. Bibi Rasulullah SAW Ini yang termasuk 10 orang dijamin masuk surga tanpa hisab. Wanita suci yang selalu jadi penolong dakwah Rasulullah SAW.

11. Arwa, ibu dari keluarga Jahsy

Akhir kata saya minta masukannya bilamana banyak kekeliruan terutama garis keturunan keluarga baginda Rasulullah SAW. Bagan keturunan tersebut belum lengkap dengan keterangannya, insya Allah akan saya tulis. Semoga bermanfaat, aamiin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »