Crostini Membawa Aplikasi Linux ke Chromebook

November 16, 2018

Crostini Membawa Aplikasi Linux ke Chromebook, Yesss...! Handsoft berbasis aplikasi Linux telah sampai di Google Pixelbook, dengan perangkat lain yang diharapkan menjalankan apps Linux pada Chrome OS perangkat tampak diatur untuk menjadi jauh lebih mudah, dengan fitur yang disetting, Crostini, baru akan diperkenalkan akhir tahun ini.


Crostini Membawa Aplikasi Linux ke Chromebook
Crostini Membawa Aplikasi Linux ke Chromebook


Chromebook memilih menggunakan crostini, tapi lagi dan lagi sistem operasi berbasis kernel Linux, cloud-sentris Google telah didorong untuk berbuat lebih banyak. Hal ini tidak hanya hacker yang ingin mendapatkan lebih banyak dari Chrome OS (atau induk open source, Kromium); Google sendiri telah menciptakan batas-batas OS-nya.

Pertama kali datang apl Chrome, aplikasi web yang terlihat seolah-olah seperti aplikasi asli. Bagi banyak orang, ini sudah cukup... tapi faktanya bahwa Android dapat melakukan jauh lebih banyak daripada Chrome OS. Tahun 2016, setelah periode percobaan dengan Android apps pada Chrome OS (sering dibantu, niat oleh ARC Welder utilitas), Google Play Store diperkenalkan pada perangkat Chromebook kompatibel. Sayangnya, beberapa aplikasi Android dirancang untuk komputer desktop atau laptop, mengakibatkan masalah kegunaan dan kompatibilitas dalam banyak kasus-kasus.

Untuk pengguna putus yang asa untuk lebih fungsionalitas, ini tidaklah cukup. Alat Open source seperti Crouton mampu menjalankan lingkungan desktop Linux bersama Chrome OS, yang telah membantu untuk membawa aplikasi Linux Chromebook, dan dukungan merata.

Namun, mengintip ke dalam catatan sumber Kromium mengungkapkan fitur baru yang asli, Crostini. Jika diaktifkan, Crostini dapat "Menjalankan alat Linux, editor, dan IDEs pada Chromebook Anda."

Hal ini dengan mengelola mesin virtual/wadah, lingkungan yang aman di mana aplikasi yang dijalankan. Saat ini, hal ini diharapkan terbatas untuk perangkat handsoft, meskipun perlu dicatat bahwa VM tidak meniru hardware apapun.

Pengembang Chromebook - pengguna channel mungkin telah memperhatikan bahwa Terminal app telah muncul. Namun, jika Anda tidak menggunakan Pixelbook, Crostini belum tersedia untuk bisa digunakan. Pengguna Pixelbook dapat mengunjungi /r/Crostini pada Reddit untuk mengetahui lebih lanjut, dan belajar bagaimana untuk mulai mendapatkan informasi dan memungkinkan  untuk menjalankan Crostini dan menjalankan aplikasi Linux.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »