REVIEW DUA CONTENT MENGGUNAKAN APLIKASI SPEECH TO TEXT DAN TEXT TO SPEECH

September 12, 2019

Teach what you learn,Share what you have.
Dua kalimat mutiara di atas  akan lihat saat pertama membuka situs  http://rumahbelajar.id/.  Kalimat yang berarti  ‘Ajarkan apa yang kamu Pelajari dan bagilah apa yang kamu punya’  mengingatkan kita untuk senantiasa menjadi orang yang bermanfaat dan berbagi kebaikan. Rumah Belajar berisi bahan belajar interaktif,buku pegangan, laboratorium maya, kelas maya, katalog media yang hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0. Bahan interaktif ini mudah diakses kapan saja dan dimana saja.

Ada dua bahan interaktif dari  http://rumahbelajar.id/yang akan saya review dalam tulisan ini. Hal ini berkaitan dengan tugas tambahan dari  VCT Batch 5 Jateng-DIY (kabupaten Pemalang) yang diselenggarakan oleh SEAMO-SEAMOLEC. Saya sebagai peserta akan mereviewnya dengan memanfaatkan fitur speech to text yang saya kuasai. Yaitu menggunakan Dictation yang ada di OSX Mojave (Macbook). Aplikasi pengolah kata memanfaatkan Notes. Adapun fitur text to speech menggunakan https://ttsreader.com. Semua fitur ini saya akses secara daring (online) .


Review buku dari belajar dot id dari rumah belajar. id sebagai tambahan sebagai tugas tambahan dari program VCT batch 5 Jateng DIY Kabupaten Pemalang.
Dalam review buku ini saya menggunakan aplikasi speech to text dictation . id secara online.
Berikut review buku pilihan saya

1. judul: I see a Wonderful World
2. penerbit: Direktorat pembinaan pendidikan keluarga, Direktorat Jenderal pendidikan anak usia dini, dan pendidikan masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 3.
3. Jumlah halaman: 28 halaman ringkasan:
buku ini menggunakan buku pegangan mata ini merupakan buku pegangan mata pelajaran bahasa Inggris bagi siswa paket B yang setara SMP atau MTS
Buku ini merupakan modul ke-4 yang berisi 2 konten yaitu I see wonderful Village dan Can you sing a song.
Isi.

Kelebihan:
Buku ini disusun dengan sistematika yang runtut dengan petunjuk dengan petunjuk 7 langkah.
Step 1 berisi tentang petunjuk umum bagaimana menggunakan modul.
Step 2 Sebuah tentang tujuan atau pencapaian pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik.
Step 3 Tentang kegiatan pembelajaran dalam keterampilan berbahasa.
Step 4 tentang rangkuman singkat materi.
Step 5 berisi tata bahasa atau grammar.
Step 6 berisi ketuntasan yang harus dipenuhi peserta didik setuju tentang referensi sumber lain yang dapat digunakan peserta didik untuk menambah kemampuan berbahasanya.
Step 8 tentang petunjuk menyelesaikan evaluasi.
Kekurangan dari segi Isi, hampir tidak ada yang saya temukan kekurangan tentang materi dalam buku ini. Hanya ada satu yang kurang tepat penggunaannya yaitu teks yang mendeskripsikan nenek tua membawa senjata laras panjang. kalimat nya sebagai berikut her hobby is shooting with long dan. Menurut saya alangkah lebih baik jika contoh yang dimunculkan dengan karakter seorang nenek yang baik . 


Tata tulis. 
Kelebihan: pemilihan form sangat baik sehingga memiliki keterbacaan yang tinggi. Kelebihan yang lain poin-poin penting dibeli poin-poin penting diberi diberi warna latar untuk memberikan penekanan pada konten.
Kekurangan. : dalam isi materi dan teorinya, tidak saya temukan banyak kekurangan namun pada halaman yang memuat jawaban, ada dua yang tidak menggunakan tata bahasa yang benar yaitu kata they population kata depopulation seharusnya their populations. 

Kesalahan berikutnya pada gambar yang mendeskripsikan anak berambut pendek namun tertulis she has long hair yang berarti berambut panjang. 

Teknis

Dari segi teknis kelebihan buku ini dilengkapi kelebihan dilengkapi dengan kasih yang sangat menarik dan penuh warna yang cocok untuk anak SMP. Icon yang ditampilkan pun sesuai dengan konten yang dibahas. kekurangannya hanya ada satu ilustrasi yang tidak pas tentang anak berambut pendek namun ilustrasinya anak berambut rambut panjang demikian review tentang buku pertama yaitu I see A Wonderful World
Link Video

Review Kedua

Review yang kedua sebagai tugas tambahan program VCT Batch5 DIY Jateng kabupaten Pemalang ini menggunakan aplikasi ttsreader.com yang saya pakai secara online.

Review kedua ini saya ambil dari Rumah Belajar.id pada sebuah artikel yang berjudul " Makmeugang: Acehnese Tradition to Celebrate Upcoming Great Days. Artikel ini ditulis dalam bahasa Inggris dan diterbitkan oleh BPNB Aceh.

Isi: Artikel ini berisi tentang pengenalan budaya ACeh yang bernama Makmeugang. Budaya ini merupakan tradisi secara turun menurun dari adat Aceh akan penyambutan hari besar Islam dengan diharuskan membeli dan menyantap daging.
Diceritakan dalam artikel tersebut penulis melakukan Makmeugang dengan mempersiapkan diri membeli daging di pasar.Tradisi Mekmeugang dilaksanakan untuk menyambut hari besar Agama Islam, tepatnya 1-2 hari sebelum Ramadhan, sehari sebelum Idul Fitri dan sehari sebelum Idul Adha.

Dalam artikel tersebut penulis menceritakan pengalaman dia saat akan menjalankan Makmeugang. Penulis mengantri membeli daging di pasar dengan beberapa pembeli lain,yang dimunculkan dalam sebuah gambar. Hari itu hari Sabtu, 10 Agustus 2019 tepatnya sehari sebelum Idul Adha.

Kekurangan :
Dalam Artikel tersebut hanya menceritakan sekilas tradisi Makmeugang. Sayang sekali tidak ada sejarah yang diceritakan sejak kapan Makmeugang dilaksanakan. Penulis tersebut juga tidak menceritakan daging yang dibeli akan diolah seperti apa pada masakannya. Tidak dijelaskan pula keterlibatan keluarga atau sambutan keluarga terutama anak-anak dalam Makmeugang ini.

Teknis.
Dari segi teknis, gambar yang dimunculkan hanya ada satu. sehingga kurang menarik. alangkah bagusnya jika dimunculkan gambar yang lain seperti olahan masakan daging tersebut, juga pada saat menyantapnya bersama keluarga.
Demikian sedikit review artikel tentang Makmeugang: Acehnese Tradition to Celebrate Upcoming Great Days.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »