Cara Login Secara Otomatis ke PC Windows 10

September 18, 2019

Dengan Windows 10, Microsoft memodernisasi dan efisien cara anda masuk ke system anda. Selain password akun pengguna biasa, anda dapat menggunakan metode lain seperti Windows Hello, keamanan PIN, password gambar, dan dynamic lock. Semua opsi login ini membuatnya mudah untuk unlock dengan cepat dan mulai menggunakan system anda.

Sebagus-bagusnya opsi ini, anda mungkin ingin system Windows anda masuk secara otomatis ketika anda menekan tombol power. Ini terutama benar jika anda adalah satu-satunya orang yang menggunakan system atau jika anda yakin tidak ada orang lain yang akan menggunakan system anda atau mungkin komputer anda merupakan komputer keluarga.

Dengan berbagai alasan tersebut, pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada anda dua metode berbeda untuk secara otomatis login ke system Windows anda. Ikuti metode yang paling mudah menurut anda.

Catatan: Meskipun saya menunjukkan ini di Windows 10, prosedur yang sama berlaku untuk Windows 7 dan 8.


1. Menggunakan Software Autologon

Cara termudah untuk otomatis login ke mesin Windows anda adalah dengan menggunakan tools Sysinternals gratis yang disebut Autologon.

Download software, ekstrak, dan jalankan file untuk membukanya.


Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah. Di jendela utama masukkan username, nama domain, dan password anda. Setelah itu, klik tombol Enable.


Catatan: Jika system anda belum bergabung dengan domain apapun, cukup masukkan nama system anda di bidang Domain. Misalnya, karena saya belum bergabung dengan domain apapun, saya memasukkan nama sistem saya. Anda dapat menemukan nama komputer anda dengan mengeksekusi perintah hostname di Command Prompt.


Segera setelah anda mengklik tombol Enable, login otomatis akan diaktifkan dan anda akan menerima pesan yang memberitahu anda hal yang sama.


Itu saja yang anda lakukan dan anda sudah berhasil mengaktifkan fitur login otomatis. Dari titik ini ke depan anda akan secara otomatis masuk ke system Windows anda.

Jika anda ingin kembali, buka aplikasi, masukkan detailnya dan klik tombol Disable, maka secara otomatis pada saat login anda harus menggunakan password anda untuk masuk ke system Windows anda.


2. Menggunakan Windows Registry

Jika anda tidak ingin menggunakan software, anda juga dapat menggunakan Windows Registry untuk mencapai hasil yang sama. Kelemahan dari metode ini adalah pasword anda akan disimpan dalam teks biasa. Siapa pun yang memiliki akses ke komputer anda yang tahu kemana harus mencari dapat menemukan pasword tanpa banyak kesulitan.

Untuk memulai, cari regedit di Start menu dan buka. Anda juga dapat membukanya dengan tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.


Sekarang, navigasikan ke lokasi berikut. Jika Anda menggunakan Windows 10 dengan Creators Update, anda bisa copy dan paste jalur di bawah ini di address bar dan tekan Enter.


Temukan value yang bernama AutoAdminLogon di panel kanan dan klik dua kali. Di jendela Edit String, ubah value datanya dari 0 menjadi 1 dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Temukan value lainnya yang bernama DefaultUserName dan buka. Masukkan username anda dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Setelah itu temukan string value DefaultDomainName dan buka, masukkan nama domain default atau nama komputer dan klik tombol OK.


Catatan : Jika anda tidak menemukan AutoAdminLogon, DefaultUserName dan DefaultDomainName, maka anda dapat membuatnya sendiri. Caranya klik kanan di panel kanan dan pilih opsi New - String Value dan beri nama masing-masing value seperti nama tersebut diatas.


Kemudian klik kanan di panel kanan dan pilih opsi New - String Value.

Beri nama string baru tersebut dengan nama DefaultPassword.

Buka string yang baru dibuat dengan mengklik doble padanya. Di jendela Edit Value masukkan pasword akun pengguna anda di bidang Value Data dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Jika semuanya sudah anda lakukan, sekarang Restart system anda dan anda harus login secara otomatis tanpa harus memasukan pasword anda.

Jika ingin kembali, buka value yang bernama AutoAdminLogon dan ubah value datanya menjadi 0. Juga, hapus string value DefaultPassword sehingga tidak ada yang dapat menemukannya di masa mendatang.

Bagaimana menurut anda? Mudahkan! Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk mengaktifkan login otomatis pada system Windows anda. Terimakasih dan GBU.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »