Cerpen - Motor honda beat jalanya seperti kuda | Anibar Studio

July 07, 2019
Anibar Studio - Sekitar satu minggu yang lalu saya membawa motor saya ke bengkel, sebuah bengkel yang letaknya di dekat perempatan gaplek, tanggerang selatan, jalan yang arah ke pondok cabe, tidak akan saya sebutkan nama bengkelnya, saya datang kesana untuk menservice motor honda beta saya karna ketika motor nyala dan saya jalankan selalu ada suara cekit-cekit. Ternyata pas dibongkar saran dari montir adalah saya harus mengganti satu set pullynya. karna montir yang bilang seperti itu ya saya turuti saja, dalam benak saya yang penting motor saya kembali normal walaupun dengan harga yang lumayan mahal, yaitu Rp 550.000 dan itu katanya sudah di pastikan semuanya original, saya lihat di shoope (toko online) harganya memang segitu.


Waktu itu saya hanya membawa sedikit uang, sekitar Rp 400,000 karena awalnya saya mengira hanya laher yang ada di dalam pully nya saja yang harus di kasih pelumas, ternyata kata montir harus beli satu set, karna sudah tidak layak digunakan, montor juga menanyakan kepada saya perihal service "motornya gak pernah di service ya?" saya hanya bisa tersenyum karna saya hanya tangan ke dua pemilik motor ini, sebelumnya yang punya motor ini adalah bos di kantor saya dan sayapun baru membeli dari dia langsung saya bawa ke bengkel.

Karna sudah pasti uang saya kurang, jadi saya meminta izin untuk pulang terlebih dahulu ke kontrakan, untuk mengambil uang, karna saya yakin pasti kurang, saya minta izin ke pemilik bengkelnya saya mau ke kontrakan dulu karna uang saya kurang, tapi saya kaget, dia bilang, "yaudah kamu bawa uang berapa?, kasih kesaya dulu, setelah kamu ambil uangnya baru lunasin, kamu pulangnya di anterin sama anak buah saya!" saya ketawa sambil manggut bilang iya, saya sih gak aneh karna pemilik bengkel itu cina dan mungkin gak percaya sama saya, wajar lah semua orang juga akan seperti itu, tapi herannya kan motor saya di tinggal, haha saya berencana naik angkot, ya sudah lah, mungkin itu terbaik bagi saya karna saya dianterin sama anak buahnya, dan sayapun ngasih lah sedikit buat uang bensin, hehe

Sekitar 20 menit saya pulang ke kontrakan dan saya kembali lagi ke bengkel, alhasil motor sayapun sudah selesai dibongkar dan diganti pullynya satu set, saya lihat motor saya dan langsung saya cek, bener sudah selesai atau belum, yang saya cek pertamakali adalah suaranya, ya memang benar suara nya sudah tidak cekit-cekit lagi, sekarang sudah adem, barulah saya lunasi kekurangan uang saya tadi, ya di total semuanya habis Rp 650.000. berarti saya memberikan uang Rp 250.000 karna sebelumnya sudah saya kasih Rp 400.000.

Dalam perjalanan pulang, saya mulai merasakan motor saya ko tidak enak, tarikanya sangat tidak enak, yah saya boleh bilang seperti kuda, enjot-enjotan kaya gitu dan saya mulai curiga, wah kayanya ada yang tidak beres nih, saya awalnya curig kalau pullynya tidak diganti, atau filter karbu motor saya tersiram air, pokonya saya memikirkan semua hal yang mungkin, karna sayapun tidak berani menyalahkan siapapun sebelum saya benar benar yakin bahwa itu kesalahan bengkel, dan jujur saya tidak melihat prosess pemasanganya pully karna saya lagi pulang kekontrakan untuk mengambil kekurangan uang pembayaran bengkel, saya langsung berfikir minggu depan harus saya datangi lagi bengkel itu untuk meminta pertanggungan jawab. Tapi setelah saya pikir-pikir karna bengkelnya lumayan terlalu jauh, saya lari aja ke bengkel yang dekat dengan rumah, saya kasih tau kalau motor saya jalanya seperti kuda.

Bengkel langsung mengeksekusi motor saya, kebetulan saya datang sangat pagi sekali dan suasana bengkel masih kosong, jadi motor saya langsung di eksekusi, pas dibuka blok cvt nya langsung diperiksa semua bagian organ dalamnya, tidak lama kemudian montirnya bilang ke saya, ini jalanya gak enak kaya kuda karna kampas gandanya bukan original. Saya langsung kaget disitu, saya langsung mengelus dada, ko beraninya ya nipu saya, memasangnya yang tidak original, yasudahlah nasi sudah menjadi bubur, saya langsung menanyakan harga kampas gandanya ke pemilik bengkel, dan ternyata harganya lumayan juga yaitu Rp 145.000, yadudahlah ganti aja....


Alhamdulilah baru satu hari ini saya pake motor saya, masih enak dan bertenaga, saya hanya menghimbau kepada kalian yang motornya ada masalah, jika kalian punya teman yang faham mesin, ajaklah dia kebengkel untuk memperhatikan dan memberi saran kepada kita.
Perhatikan saat pemasanganya, ini perlu karna biasanya selalu saja ada yang nakal, minta yang ori malah di pasang yang KW, ya kejadianya seperti di atas.

Semoga bermanfaat..
Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan rejeki serta keberkahanya untuk kita semua Aamiin..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »