Pengertian Komunikasi Antar Budaya Dan Faktor Terjadinya Komunikasi Antar Budaya

July 29, 2019
Manusia adalah makhluk sosial, yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia yang lainnya. Cara berkomunikasi seseorang akan bergantung pada budaya (asal daerah, kebiasaan, dan lain-lain) dari orang tersebut. Hal itu dikarenakan :
  • budaya merupakan salah satu pembentuk karakter seseorang sejak lahir. 
  • budaya berperan dalam pembentukan cara-cara beriteraksi atau berkomunikasi dari tiap-tiap daerah, di mana masing-masing daerah memiliki karakteristik yang khas, yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. 
Oleh karena itu, komunikasi sangat erat hubungannya dengan budaya. Semakin beraneka ragam budaya, maka akan semakin beraneka ragam juga praktik-praktik komunikasi yang terjadi.

Komunikasi antar budaya, secara umum dapat diartikan sebagai proses komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang berbeda kebudayaan, yang dilakukan baik secara verbal maupun non verbal. Hamid Mowlana menyebutkan bahwa komunikasi antar budaya sebagai "human flow a cross national boundaries", yang dapat diasumsikan sebagai sekelompok manusia yang menyeberangi lintas budaya. Di mana komunikasi antar budaya akan terjadi ketika adanya komunikasi antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda untuk mencapai suatu tujuan komunikasi yang sama.

Pengertian Komunikasi Antar Budaya Menurut Para Ahli. Banyak ahli telah mengemukakan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan komunikasi antar budaya, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sitaram, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah seni untuk memahami dan saling pengertian antara khalayak yang berbeda kebudayaan.
  • Liliweri, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah proses interaksi antar pribadi dan komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda.
  • Stewart L. Tubis, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah komunikasi antar orang-orang yang berbeda budaya.
  • Charley H. Dood, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah proses komunikasi yang melibatkan peserta komunikasi yang mewakili pribadi, antar pribadi, dan kelompok, dengan tekanan pada perbedaan latar belakang kebudayaan yang mempengaruhi perilaku komunikasi para peserta.
  • Young Yun Kim, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah suatu peristiwa yang merujuk di mana orang-orang yang terlibat di dalamnya baik secara langsung maupun tidak langsng memiliki latar belakang budaya yang berbeda.
  • Guo Ming Chen dan William J. Starosta, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah proses negosiasi atau pertukaran sistem simbolik yang membimbing perilaku manusia dan membatasi mereka dalam menjalankan fungsinya sebagai kelompok. 
  • Andrea L. Rich dan Dennis M. Ogawa, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah komunikasi antar orang-orang yang berbeda kebudayaan, misalnya antar suku bangsa, antar etnik dan ras, dan antar kelas sosial. 
  • Larry A. Samovar dan Richard E. Porter, berpendapat bahwa komunikasi antar budaya adalah proses komunikasi yang terjadi di antara prodeser pesan dan penerima pesan yang latar belakang kebudayaannya berbeda.

Faktor Terjadinya Komunikasi Antar Budaya. Komunikasi antar budaya dapat terjadi karena adanya beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • mobilitas. Dewasa ini setiap orang dapat dengan mudahnya melakukan perjalanan dari satu negara ke negara lain. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak faktor yang mendukung, seperti adanya transportasi, peluang bisnis, pendidikan yang memadai, dan lain-lain. Terjadinya mobilitas yang luas memungkinkan terjadinya penyatuan beberapa budaya dalam satu wilayah. 
  • ekonomi. Faktor ekonomi juga sangat mempengaruhi adanya komunikasi antar budaya. Dalam suatu perdagangan atau perpindahan pekerjaan antar daerah atau antar negara, akan mengakibatkan terjadinya penyatuan budaya dalam satu tempat.
  • teknologi. Teknologi terutama teknologi komunikasi telah berkembang dengan pesat dengan membawa serta budaya luar. Adanya jaringan internet semakin memudahkan kita berhubungan maupun untuk mengakses segala informasi yang berkaitan dengan budaya daerah ataupun budaya bangsa lain. Teknologi telah membuat komunikasi antar budaya menjadi mudah, praktis, dan tidak dapat dihindarkan.
  • pola migrasi. Pola migrasi sangat berpengaruh dalam budaya. Hal ini dikarenakan para pendatang akan membawa kebudayaan mereka masuk ke daerah-daerah tujuannya, sehingga dalam interaksinya dengan warga asli, mereka akan berusaha saling memahami budaya masing-masing
  • politik. Kepentingan politik juga mempunyai andil yang besar dalam terjadinya komunikasi antar budaya. Sebagai contoh, kunjungan pemimpin satu negara ke negara lain akan mendatangkan komunikasi antar budaya. 

Selain itu, komunikasi antar budaya dilakukan :
  • dengan negosiasi, untuk melibatkan manusia di dalam pertemuan antar budaya yang membahas satu tema yang sedang dipertentangkan. Penyampaian tema dimaksud terjadi melalui simbol, yang tidak sendirinya mempunyai makna tetapi simbol tersebut dapat berarti ke dalam satu konteks, dan makna-makna tersebut yang dinegosiasikan.
  • melalui pertukaran sistem simbolik, yang tergantung dari persetujuan antar subyek yang terlibat dalam komunikasi, sebuah keputusan dibuat untuk berpartisipasi dalam proses pemberian makna yang sama.
  • sebagai pembimbing perilaku budaya yang tidak terprogram tetapi bermanfaat karena mempunyai pengaruh terhadap perilaku pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut. 
  • sebagai penunjuk fungsi sebuah kelompok sehingga sehingga orang dapat membedakan dirinya dari kelompok lain dan mengidentifikasinya dengan berbagai cara.

Perbedaan Antara Komunikasi Antar Budaya dan Komunikasi Lintas Budaya. Antara komunikasi antar budaya dan komunikasi lintas budaya keduanya memiliki pengertian yang hampir sama, tetapi di antara keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan antara komunikasi antar budaya dan komunikasi lintas budaya adalah sebagai berikut :

* Komunikasi antar budaya :
  • merupakan komunikasi antar individu yang mempunyai tata cara hidup atau pola hidup yang berbeda.
  • lebih menitik-beratkan pada hasil persilangan antar budaya.

* Komunikasi lintas budaya :
  • lebih fokus pada perbedaan fenomena komunikasi dalam budaya antar individu.
  • lebih menitik beratkan pada hasil persilangan komunikasinya.
Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »