Asaalammualaikum Bapak / Ibu Guru,
Bila anda membutuhkan perangkat mengajar terutama pelajaran Bahasa Inggris, silahkan dicopas saja. Kami membantu dengan menyajikan RPP sesuai Kurikulum terbaru. RPP ini juga disertai instrumen penilaian sikap, ketrampilan serta pengetahuan.
Bila ada kritik dan saran, mohon isi kolom komentar.
Semoga bermanfaat!
Bila anda membutuhkan perangkat mengajar terutama pelajaran Bahasa Inggris, silahkan dicopas saja. Kami membantu dengan menyajikan RPP sesuai Kurikulum terbaru. RPP ini juga disertai instrumen penilaian sikap, ketrampilan serta pengetahuan.
Bila ada kritik dan saran, mohon isi kolom komentar.
Semoga bermanfaat!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : XII/1 (satu)
Materi Pokok : Offering Help
Alokasi Waktu :4 JP (4 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti
KI1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International | Siswa dapat menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru bahasa inggris. |
1.1 Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman. 1.2 Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru danteman. 1.3 Mengembangkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional. | Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional |
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya. | Mengidentifikasi tujuan teks ungkapan ucapan menawarkan jasa Menemukan ungkapan ucapan menawarkanjasa Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan ucapan menawarkan jasa |
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | Melengkapi teks percakapan tentang ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa Menyusun teks percakapan tentang ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa Mendemonstrasikan dialog tentang menawarkan jasa |
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi tujuan teks ungkapan ucapan menawarkan jasa
2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan ucapan menawarkan jasa
3. Menyebutkan ungkapan ucapan menawarkan jasa
4. Melengkapi teks percakapan tentang ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa
Pertemuan 2
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Menyusun dialog berisi ungkapan ucapan menawarkan jasa
2. Mendemonstrasikan ungkapan ucapan menawarkan jasa
Materi Pembelajaran
Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk dialog menawarkan jasa dan meminta perhatian yang sering diucapkan sehari hari.
Konseptual : Fungsi sosial :
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Prosedural : Struktur Teks :
(1) Pengenalan deskripsi umum dialog tentang menawarkan jasa
(2) Pengenalan deskripsi khusus ungkapan-ungkapan dalam menawarkan jasa serta responnya
Unsur Kebahasaan :
(1) Kata-kata terkait dari dialog menarakan jasa dan meminta perhatian
(2) Simple present tense.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4) Rujukan kata
Metakognitif : Teks buatan siswa secara lisan/tulisan
Reading Dialogue
Dialogue for asking for Help
At the Travel Agency
Tina: Good afternoon, Sir. What can I do for you?
Bob: Could you give me some details about your package tours?
Tina: Certainly. Would you like to see our brochures? Here they are. (hands him the brochures)
Bob: Thank you. (after going through the brochures) Well, this 10-day Bali tour seems to be an interesting one.
Tina: We could book your tickets if you like.
Bob: Oh yes. But not for me alone. I want three tickets to be booked.
Tina: Sure, we can do it. Please fill in these forms.
Bob: Thank you.
Tina: Would you like us to send the tickets to you by post or would you like to collect them personally?
Bob: Can I take them on next Wednesday?
Tina: Sure, we’ll keep them ready for you.
Bob: Thank you.
Tina: It’s our pleasure, Sir.
Learning English Conversations and please practice the dialogues by using useful phrases below:
Offering help | Accepting an offer help | Declining an offer of help |
Can I help you? | If it’s no trouble for you. | I’m very grateful to you for your offer, but… |
Could I help you? | If you don’t mind. | No, don’t worry (about)… |
Do you think I/ we can help you? | Oh, yes. Please. | No, I can manage. Thank you. |
How about…? | Etc. | No, please don’t bother. |
I’ll do it for you. | Thank you very much for your offer, but… | |
If there is anything I/ we can do, please do let me/ us kno. | Etc. | |
Is there anything I can do? | ||
May I help you? | ||
What can I do for you? | ||
Etc. |
Unsur Kebahasaan:
- Ungkapan ucapan menawarkan jasa
- Pemahaman
- Kosa kata
- Tata bahasa
- Ejaan
Topik :
Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific approach
Metode : Discovery Based Learning
Strategi : Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
PPt
2. Alat
Whiteboard, , spidol/boardmarker, kapur
3. Sumber Pembelajaran
English modul
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti
Mengamati (10’)
Peserta didik menyimak beberapa dialog yang didalamnya terdapat ucapan menawarkan jasa (factual)
Peserta didik mendiskusikan deskripsi umum dan khusus yang disajikan guru (konseptual)
Peserta didik mengamati hal-hal yang menonjol dari dialog terkait dengan ungkapn danresponnya (faktual)
Peserta didik belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari dialog (prosedural)
peserta didik membuat daftar kata sulit yang pernah didengar atau dibaca (metakognitif)
Mempertanyakan (15’)
Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa (konseptual)
Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Bereksplorasi ( 25’)
Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok (3-4 anak);
Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya terkait gagasan utama, informasi terusat dan tersirat dari beberapa dialog yang telah dibaca.
Mengasosiasi/ Menganalisis (25’)
Dengan bimbingan guru, peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk menjawab pertanyaan terkait teks yang telah dibaca;
Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan temannya tentang setiap
yang dia sampaikan dalam diskusi.
Peserta didik melengkapi dialog tentang menawarkan jasa
Berkomunikasi (35’)
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai isi teks di depan kelas;
Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
telah dipresentasikan;
Peserta didik diminta menyebutkan ungkapan ucapan menawarkan jasa yang ada dalam teks secara individu;
Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi ungkapan menawarkan jasa
Kegiatan Penutup (10’)
Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri yang ada dalam buku pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik mengucapkan salam perpisahan.
Pertemuan 2
Kegiatan Pendahuluan (10’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti
Mengamati (15’)
Peserta didik mengamati beberapavideo tentang menawarkan jasa
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi isi teks dan menghubungkannya dengan ungkapan menawarkan jasa
Mempertanyakan (15’)
Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa
Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari video
Mengasosiasi/ Menganalisis (40’)
Peserta didik dibentuk menjadi berpasang-pasangan
Peserta didik berdiskusi untuk menyusun dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan.
Peserta didik merespon dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan dalam sebuah bagian listening question Response
Berkomunikasi (35’)
Peserta didik mendemonstrasikan dialog di depan kelas;
Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
telah dipresentasikan;
Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi ungkapan menawarkan jasa
Kegiatan Penutup (15’)
Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri yang ada dalam buku pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik mengucapkan salam perpisahan.
H. Penilaian
1. Penilaian Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Learning Journal
Pemalang , Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Texmaco Pemalang Guru Mapel
Noor Ita Yulinda, S.Pd
LAMPIRAN
No | Sikap/ Nilai | Butir Instrumen |
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris | Lihat lampiran |
d. Instrumen : lihat lampiran
e. Rubrik Penilaian Sikap Spiritual :
No | Indikator | Sikap |
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank” | 4 | |
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank” | 3 | |
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank” | 2 | |
4. Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 1 | 1 |
Format penilaian sikap spiritual :
No | Nama | Skor | Predikat |
2. Penilaian Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian : pengamatan
b. Bentuk Instrumen : uraian bebas
c. Rubrik Penilaian Sikap Sosial :
No | Sikap | Indikator | Skor | Predikat |
1 | Kerjasama | Selalu bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas | 4 | SB (sangat baik) |
Sering bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas | 3 | B ( Baik) | ||
Kadang-kadang bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas | 2 | C (Cukup) | ||
Tidak pernah bekerjasama dengan partnernya dalam mengerjakan tugas | 1 | D ( Kurang) | ||
2 | Tanggung Jawab | Selalu bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas | 4 | SB (sangat baik) |
Sering bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas | 3 | B ( Baik) | ||
Kadang-kadang bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas | 2 | C (Cukup) | ||
Tidak pernah bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas | 1 | D ( Kurang) |
d. Format Penilaian Sikap Sosial:
No | Nama | Aspek | Skor | Predikat | |
Kerjasama | Bertanggung Jawab | ||||
3. Penilaian Pengetahuan
a. Tehnik penilaian : tes tulis
b. Bentuk instrumen : Melengkapi Dialog
c. Kisi-kisi :
No | Kisi-kisi Pencapaian Indikator |
Disajikan beberapa incomplete dialog siswa diminta melengkapi dan merespon dialog secara tepat |
Scoring: Betul x 10
d. Format penilaian
No | Nama | Skor | Predikat |
4. Penilaian Keterampilan
a. Tehnik penilaian : tes lisan
b. Bentuk instrumen : tes ketrampilan speaking
c. Kisi-kisi :
No | Kisi-kisi Pencapaian Indikator |
Disajikan sebuah teks, siswa dapat menjelaskan isi teks tersebut | |
Siswa mendemosnstrasikan dialog yang mereka buat tentang penawaran bantuan/jasa |
d. Rubrik tes ketrampilan speaking :
RUBRIK PENILAIAN SPEAKING | ||||||
ASPEK | SKOR | KETERANGAN | ||||
Pengucapan | 5 | □ | Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli | |||
4 | □ | Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu | ||||
3 | □ | Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman | ||||
2 | □ | Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang | ||||
1 | □ | Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami |
ASPEK | SKOR | KETERANGAN | |||
Tata Bahasa | 5 | □ | Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa | ||
4 | □ | Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna | |||
3 | □ | Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna | |||
2 | □ | Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat | |||
1 | □ | Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami |
ASPEK | SKOR | KETERANGAN | |||
Kosa Kata | 5 | □ | Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli | ||
4 | □ | Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat | |||
3 | □ | Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata | |||
2 | □ | Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami | |||
1 | □ | Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi |
ASPEK | SKOR | KETERANGAN | |||
Kelancaran | 5 | □ | Lancar seperti penutur asli | ||
4 | □ | Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa | |||
3 | □ | Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa | |||
2 | □ | Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa | |||
1 | □ | Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi |
ASPEK | SKOR | KETERANGAN | |||
Pemahaman | 5 | □ | Memahami semua tanpa mengalami kesulitan | ||
4 | □ | Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu | |||
3 | □ | Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan | |||
2 | □ | Susah mengikuti apa yang dikatakan. | |||
1 | □ | Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana |
LEMBAR PENILAIAN READING ALOUD Nama siswa : _________________________ Kelas : _________________________ | ||||||||||||||
ASPEK | SKOR | TOTAL | ||||||||||||
50 | 60 | 70 | 80 | |||||||||||
1. Fluency | ||||||||||||||
2. Accuracy | ||||||||||||||
3. Pronunciation | ||||||||||||||
4. Intonation | ||||||||||||||
Keterangan untuk : | ||||||||||||||
1. Fluency 2. Accuracy 3. Pronunciation 4. Intonation | 50 60 70 80 50 60 70 80 50 60 70 80 50 60 70 80 | : : : : : : : : : : : : : : : : | Bila terjadi hesitasi Lancar, tetapi masih ada hesitasi Lancar Sangat lancar Semua ucapan tidak dapat dipahami Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami Semua ucapan dapat dipahami Hampir semua ucapan tidak benar Sebagian kecil ucapan sudah benar Sebagian besar ucapan benar Semua ucapan benar Tekanan/irama semua kata salah Tekanan/irama sebagian kecil kata benar Tekanan/irama sebagian besar kata benar Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar | |||||||||||
f. Format penilaian ketrampilan membaca :
No | Nama | Aspek | Skor | Predikat |
Pengucapan | Pemahaman | |||
Konversi Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan :
Predikat | Nilai Kompetensi | ||
Pengetahuan | Keterampilan | Sikap | |
A | 4 | 4 | SB (sangat baik) |
A- | 3.66 | 3.66 | |
B+ | 3.33 | 3.33 | B ( Baik) |
B | 3 | 3 | |
B- | 2.66 | 2.66 | |
C+ | 2.33 | 2.33 | C (Cukup) |
C | 2 | 2 | |
C- | 1.66 | 1.66 | |
D+ | 1.33 | 1.33 | D ( Kurang) |
D- | 1 | 1 |
Lampiran : Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

Instrumen Penilaian Pengetahuan
From the options A, B, and C, choose the form that best fits the function state, to complete the dialogue below.
1. Susi: The books you brought look very heavy…
Lee : Sure, it’s very kind of you. Thank you, Kim
A. Would you like me to help you?
B. Would you like to help me?
C. Would I like to help you?
D. Would you like to bring it for me?
2. Tourist: I don’t know this place. Can you tell me where it is located?
Native : Well, it’s far enough. Would you like me to show you the place?
Tourist : really? It’s very kind of you.
The underlined sentence shows us that…
A. The native is not really sure about the location
B. The native is in doubt about the location
C. The native accept the tourist’s offer to help him
D. The native offers the tourist some help
3. Ika: It’s so hot here.
Rina : …
A. Would you like me to turn off the AC?
B. Would you like me to turn on the AC?
C. Would you like I to turn off the AC?
D. Would I like to turn off the AC?
4. Receptionist: "...?"
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
A. Would you meet the Headmaster tomorrow, Sir?
B. Who do you want to meet, Sir?
C. May I help you, Sir?
D. May I introduce you to the Headmaster?
5. Waiter : …
Guest : I would like to book a table for two for dinner tonight.
A. Can I help you
B. Hello
C. Good afternoon
D. Hi.
6. A waiter : good evening ………?
A customer : Sure, what do you have tonight?
A. Do you like to eat?
B. Can you do me a favor?
C. Could I show you the menu
D. Would you like to bring something?
7. Ata : May I help you?
Fatah : Yes please, I need a book entitled “Visiting Seattle.”
Ata : Sure, We have some copy. …
Fatah : Thanks.
A. I’ll edit after I finish this one
B. I’ ll get it for you
C. Why don’t you find in another store?
D. I look for the book too.
8. Receptionist: "...?"
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
A. Would you meet the Headmaster tomorrow, Sir?
B. Who do you want to meet, Sir?
C. May I help you, Sir?
D. May I introduce you to the Headmaster?
9. Andy : What seems to be the trouble? ....?
Indy : Of course. I need your help. The file cannot be printed out.
A. Can I help you
B. What is your trouble
C. Why don't you ask me
D. Could you do me a favor
10. Wido : Would you like me to carry these books, sir?
Mr. Sumadi : Sure. Thank you very much.
The underlined expression shows ...
A. offering help
B. asking to do something
C. apologizing for someone's mistake
D. disagreeing with someone's opinion greeting someone
KUNCI JAWABAN
1. A
2. D
3. A
4. C
5. A
6. C
7. B
8. C
9. A
10. A
Instrumen Penilaian Speaking
Create a dialog between you and your friend consist of expression of offering help
EmoticonEmoticon