RPP KELAS XII OFFERING HELP

January 05, 2019
Asaalammualaikum Bapak / Ibu Guru,

Bila anda membutuhkan perangkat mengajar terutama pelajaran Bahasa Inggris, silahkan dicopas saja. Kami membantu dengan menyajikan RPP sesuai Kurikulum terbaru. RPP ini juga disertai instrumen penilaian sikap, ketrampilan serta pengetahuan.

Bila ada kritik dan saran, mohon isi kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMK Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : XII/1 (satu)
Materi Pokok             : Offering Help
Alokasi Waktu           :4 JP  (4 x 45 menit)

A.      Kompetensi Inti

KI1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2       : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3       : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4      : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International 
Siswa dapat menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru bahasa inggris.
1.1       Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
1.2       Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru danteman.
1.3       Mengembangkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Mengidentifikasi tujuan teks ungkapan
ucapan menawarkan jasa

Menemukan ungkapan ucapan menawarkanjasa

Mengidentifikasi unsur kebahasaan
ungkapan ucapan menawarkan jasa

4.1  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Melengkapi teks percakapan tentang
ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa

Menyusun  teks percakapan tentang
ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa
Mendemonstrasikan dialog tentang menawarkan jasa
Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Mengidentifikasi tujuan teks ungkapan ucapan menawarkan jasa
2.      Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan ucapan menawarkan jasa
3.       Menyebutkan ungkapan ucapan menawarkan jasa
4.      Melengkapi teks percakapan tentang ungkapan yang berisi ucapan menawarkan jasa

Pertemuan 2
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Menyusun dialog berisi  ungkapan ucapan menawarkan jasa
2.      Mendemonstrasikan ungkapan ucapan menawarkan jasa

 Materi Pembelajaran
Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk dialog menawarkan jasa dan meminta perhatian yang sering diucapkan sehari hari.

Konseptual : Fungsi sosial :
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.

Prosedural : Struktur Teks :
(1)         Pengenalan deskripsi umum dialog tentang menawarkan jasa
(2)         Pengenalan deskripsi khusus ungkapan-ungkapan dalam menawarkan jasa serta responnya
Unsur Kebahasaan :
(1)         Kata-kata terkait  dari dialog menarakan jasa dan meminta perhatian
(2)         Simple present tense.
(3)         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)         Rujukan kata

Metakognitif : Teks buatan siswa secara lisan/tulisan

Reading Dialogue

Dialogue for asking for Help
At the Travel Agency

Tina: Good afternoon, Sir. What can I do for you?
Bob: Could you give me some details about your package tours?
Tina: Certainly. Would you like to see our brochures? Here they are. (hands him the  brochures)
Bob: Thank you. (after going through the brochures) Well, this 10-day Bali tour seems to be an interesting one.
Tina: We could book your tickets if you like.
Bob: Oh yes. But not for me alone. I want three tickets to be booked.
Tina: Sure, we can do it. Please fill in these forms.
Bob: Thank you.
Tina: Would you like us to send the tickets to you by post or would you like to collect them personally?
Bob: Can I take them on next Wednesday?
Tina: Sure, we’ll keep them ready for you.
Bob: Thank you.
Tina: It’s our pleasure, Sir.

Learning English Conversations and please practice the dialogues by using useful phrases below:

Offering help
Accepting an offer help
Declining an offer of help
Can I help you?
If it’s no trouble for you.
I’m very grateful to you for your offer, but…
Could I help you?
If you don’t mind.
No, don’t worry (about)…
Do you think I/ we can help you?
Oh, yes. Please.
No, I can manage. Thank you.
How about…?
Etc.
No, please don’t bother.
I’ll do it for you.
Thank you very much for your offer, but…
If there is anything I/ we can do, please do let me/ us kno.
Etc.
Is there anything I can do?
May I help you?
What can I do for you?
Etc.

Unsur Kebahasaan:
- Ungkapan ucapan menawarkan jasa
- Pemahaman
- Kosa kata
- Tata bahasa
- Ejaan

Topik :
Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific approach
Metode : Discovery Based Learning
Strategi : Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)


F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
PPt
2. Alat
Whiteboard, , spidol/boardmarker, kapur
3. Sumber Pembelajaran
English modul

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan Pendahuluan
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi dan  uraian kegiatan.

Kegiatan Inti

Mengamati (10’)
Peserta didik menyimak beberapa dialog yang didalamnya terdapat  ucapan  menawarkan jasa (factual)
   Peserta didik  mendiskusikan  deskripsi umum dan khusus yang disajikan guru (konseptual)
   Peserta didik  mengamati hal-hal yang menonjol dari dialog terkait dengan ungkapn danresponnya (faktual)
   Peserta didik  belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari dialog (prosedural)
   peserta didik  membuat daftar kata sulit yang pernah didengar atau dibaca (metakognitif)

Mempertanyakan (15’)
Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa  (konseptual)
Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan  ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

Bereksplorasi ( 25’)
Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok (3-4 anak);
Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya terkait gagasan utama, informasi terusat dan tersirat dari beberapa dialog yang telah dibaca.

Mengasosiasi/ Menganalisis (25’)
Dengan bimbingan guru, peserta didik berdiskusi dengan  kelompoknya untuk menjawab pertanyaan terkait teks yang telah dibaca;
Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan temannya tentang setiap
yang dia sampaikan dalam diskusi.
Peserta didik melengkapi dialog tentang  menawarkan  jasa


Berkomunikasi (35’)
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai isi teks di depan kelas;
Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
telah dipresentasikan;
Peserta didik diminta menyebutkan ungkapan  ucapan menawarkan jasa yang  ada dalam teks secara   individu;
Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi ungkapan menawarkan jasa

Kegiatan Penutup (10’)
Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan  pembelajaran dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri yang ada dalam buku  pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik mengucapkan salam perpisahan.

Pertemuan 2

Kegiatan Pendahuluan (10’)
Guru memberi salam;
Guru memimpin doa;
Guru memeriksa kehadiran siswa;
Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari;
Guru mengajukan pertanyaan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Guru menyampaikan cakupan materi dan  uraian kegiatan.

Kegiatan Inti

Mengamati (15’)
Peserta didik mengamati beberapavideo tentang  menawarkan jasa
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik mengidentifikasi isi teks dan menghubungkannya dengan ungkapan  menawarkan jasa

Mempertanyakan (15’)
Dengan pengarahan guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan menawarkan jasa
Peserta didik memperoleh pengetahuan tambahan tentang ungkapan  ucapan menawarkan jasa, fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari video

Mengasosiasi/ Menganalisis (40’)
Peserta didik dibentuk menjadi berpasang-pasangan
Peserta didik berdiskusi untuk menyusun dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan.
Peserta didik merespon dialog yang mengungkapan penawaran jasa/bantuan dalam sebuah bagian listening question Response

Berkomunikasi (35’)
Peserta didik mendemonstrasikan dialog di depan kelas;
Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang hasil pekerjaan yang
telah dipresentasikan;
Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dilakukan terkait materi ungkapan  menawarkan jasa
    
Kegiatan Penutup (15’)
Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan  pembelajaran dan manfaat-manfaatnya;
Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri yang ada dalam buku  pegangan siswa;
Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;
Guru dan peserta didik mengucapkan salam perpisahan.

H. Penilaian
1. Penilaian Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Learning Journal



Pemalang , Juli 2018
Mengetahui

Kepala Sekolah  SMK Texmaco Pemalang                                        Guru Mapel



                                                                                                Noor Ita Yulinda, S.Pd















LAMPIRAN

No
Sikap/ Nilai
Butir Instrumen

Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris

Lihat lampiran

d. Instrumen : lihat lampiran

e. Rubrik Penilaian Sikap Spiritual :
No
Indikator
Sikap

Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4

Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3

Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
2

4. Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank” 1
1
Format penilaian sikap spiritual :
No
Nama
Skor
Predikat






2. Penilaian Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian : pengamatan
b. Bentuk Instrumen : uraian bebas
c. Rubrik Penilaian Sikap Sosial :
No
Sikap
Indikator
Skor
Predikat
1
Kerjasama
Selalu bekerjasama dengan partnernya
dalam mengerjakan tugas
4
SB
(sangat baik)

Sering bekerjasama dengan partnernya
dalam mengerjakan tugas
3
B
( Baik)
Kadang-kadang bekerjasama dengan
partnernya dalam mengerjakan tugas
2
C
(Cukup)
Tidak pernah bekerjasama dengan
partnernya dalam mengerjakan tugas
1
D
( Kurang)
2
Tanggung Jawab
Selalu bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
4
SB
(sangat baik)
Sering bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
3
B
( Baik)
Kadang-kadang bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
2
C (Cukup)
Tidak pernah bertanggungjawab dalam
mengerjakan tugas
1
D ( Kurang)

d. Format Penilaian Sikap Sosial:
No
Nama
Aspek
Skor
Predikat
Kerjasama
Bertanggung Jawab















3. Penilaian Pengetahuan
a. Tehnik penilaian : tes tulis
b. Bentuk instrumen : Melengkapi Dialog
c. Kisi-kisi :
No
Kisi-kisi Pencapaian Indikator

Disajikan beberapa incomplete dialog siswa diminta melengkapi dan merespon dialog secara tepat


Scoring: Betul x 10

d. Format penilaian
No
Nama
Skor
Predikat





4. Penilaian Keterampilan
a. Tehnik penilaian : tes lisan
b. Bentuk instrumen : tes ketrampilan speaking
c. Kisi-kisi :
No
Kisi-kisi Pencapaian Indikator

Disajikan sebuah teks, siswa dapat menjelaskan isi teks tersebut

Siswa mendemosnstrasikan dialog yang mereka buat tentang penawaran bantuan/jasa

d. Rubrik tes ketrampilan speaking :


RUBRIK PENILAIAN SPEAKING


ASPEK
SKOR
KETERANGAN



 




Pengucapan
5
Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli

4
Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu

3
Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman

2
Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang

1
Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami




ASPEK
SKOR
KETERANGAN


 


Tata Bahasa
5
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
4
Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
3
Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
2
Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
1
Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami




ASPEK
SKOR
KETERANGAN


 
Kosa Kata
5
Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli
4
Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat
3
Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
2
Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
1
Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi



ASPEK
SKOR
KETERANGAN


 


Kelancaran
5
Lancar seperti penutur asli
4
Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa
3
Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa
2
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
1
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi



ASPEK
SKOR
KETERANGAN


 




Pemahaman
5
Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
4
Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu
3
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan
2
Susah mengikuti apa yang dikatakan.
1
Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana



LEMBAR PENILAIAN READING ALOUD
          Nama siswa                    : _________________________
Kelas                              : _________________________



ASPEK
SKOR
TOTAL

50
60
70
80



1. Fluency








2. Accuracy








3. Pronunciation








4. Intonation









Keterangan untuk :



1. Fluency


2. Accuracy



3. Pronunciation



4. Intonation
50 60
70
80
50
60
70
80
50
60
70
80
50
60
70
80
: :
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
Bila terjadi hesitasi Lancar, tetapi masih ada hesitasi
Lancar
Sangat lancar
Semua ucapan tidak dapat dipahami
Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami
Semua ucapan dapat dipahami
Hampir semua ucapan tidak benar
Sebagian kecil ucapan sudah benar
Sebagian besar ucapan benar
Semua ucapan benar
Tekanan/irama semua kata salah
Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
Tekanan/irama sebagian besar kata benar
Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar
f. Format penilaian ketrampilan membaca :

No
Nama
Aspek
Skor
Predikat
Pengucapan
Pemahaman


















Konversi Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan :

Predikat
Nilai Kompetensi



Pengetahuan
Keterampilan
Sikap

A
4
4
SB
(sangat baik)
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
( Baik)
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
(Cukup)
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
D
( Kurang)
D-
1
1





Lampiran : Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Rounded Rectangular Callout: MY LEARNING LOG Name: …………………………………………………………… Use the words to complete the sentence. Your teacher will help you. Thank		happy		speak		Good Practice	study		read		a lot Bored		hard		worried	sad Worried	write		afraid Having a chance to learn English makes me ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………    




Instrumen Penilaian Pengetahuan

From the options A, B, and C, choose the form that best fits the function state, to complete the dialogue below.
                                                             
1.        Susi: The books you brought look very heavy…
Lee            : Sure, it’s very kind of you. Thank you, Kim
A.    Would you like me to help you?
B.     Would you like to help me?
C.     Would I like to help you?
D.    Would you like to bring it for me?



2.        Tourist: I don’t know this place. Can you tell me where it is located?
Native      : Well, it’s far enough. Would you like me to show you the place?
Tourist      : really? It’s very kind of you.
The underlined sentence shows us that…
A.    The native is not really sure about the location
B.     The native is in doubt about the location
C.     The native accept the tourist’s offer to help him
D.    The native offers the tourist some help

3.        Ika: It’s so hot here.
Rina          : …
A.  Would you like me to turn off the AC?
B.  Would you like me to turn on the AC?
C.  Would you like  I to turn off the AC?
D.  Would I like to turn off the AC?

4.        Receptionist: "...?"
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
A.  Would you meet the Headmaster tomorrow, Sir?
B.  Who do you want to meet, Sir?
C.  May I help you, Sir?
D.  May I introduce you to the Headmaster?

5.        Waiter : …
Guest         : I would like to book a table for two for dinner tonight.
A.    Can I help you
B.     Hello
C.     Good afternoon
D.    Hi.

6.        A  waiter          : good evening ………?
A customer   : Sure, what do you have tonight?
A. Do you like to eat?
B. Can you do me a favor?
C. Could I show you the menu
D. Would you like to bring something?

7.        Ata           : May I help you?
Fatah        : Yes please, I need a book entitled “Visiting Seattle.”
Ata           : Sure, We have some copy.  …
Fatah         : Thanks.
A.    I’ll edit after I finish this one
B.     I’ ll get it for you
C.     Why don’t you find in another store?
D.    I look for the book too.

8.        Receptionist: "...?"
Guest: "Yes. I would like to meet the Headmaster.
Receptionist: "Wait a minute, please."
A.       Would you meet the Headmaster tomorrow, Sir?
B.       Who do you want to meet, Sir?
C.       May I help you, Sir?
D.       May I introduce you to the Headmaster?


9.        Andy : What seems to be the trouble? ....?
Indy   : Of course. I need your help. The file cannot be printed out.
A.    Can I help you
B.    What is your trouble
C.    Why don't you ask me
D.    Could you do me a favor

10.    Wido        : Would you like me to carry these books, sir?
Mr. Sumadi : Sure. Thank you very much.
The underlined expression shows ...
A.    offering  help
B.    asking to do something
C.    apologizing for someone's mistake
D.      disagreeing with someone's opinion greeting someone


KUNCI JAWABAN
1.       A
2.      D
3.      A
4.      C
5.      A
6.      C
7.      B
8.      C
9.      A
10.  A

Instrumen  Penilaian Speaking
Create a dialog between you and your friend consist of expression of offering help





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »