Peringatan Hari Gizi Nasional ke 59 Tahun 2019

January 22, 2019

Hari gizi nasional (HGN) diperingati tiap tanggal 25 Januari. Peringatan ini sebagai bentuk upaya mengkampanyekan kesadaran gizi di tengah masyakarat. Tak terbayang pentingnya gizi bagi hidup kita. Gizi yang baik akan membuat pertumbuhan dan perkembangan kita dan anak-anak menjadi optimal.

Sebaliknya jika gizi tidak tercukupi, maka masalah akan muncul. Apalagi jika kekurangan gizi itu terjadi pada masa janin dan anak usia dini. Hal itu akan menghambat perkembangan otak dan menurunnya kemampuan berpikir. Ke depan, anak-anak kekurangan gizi akan sulit berprestasi dalam pendidikannya.

Masalah gizi bukan hanya kekurangan gizi, tetapi juga kelebihan gizi. Ini bisa dilihat dari beberapa permasalahan gizi yang terjadi saat ini diantaranya stunting, underweight, wasting, anemia pada ibu hamil, dan meningkatnya obesitas pada orang dewasa. Masalah ini jika tidak secepatnya diatasi akan menjadi beban di masa mendatang, karena menghambat produktivitas SDM.

Dengan adanya peringatan hari gizi nasional, harapannya kita sebagai masyarakat kembali berkomitmen untuk menggalakkan gerakan hidup sehat dan terus berupaya memenuhi gizi seimbang bagi diri dan keluarga kita.

Dan terkait peringatan hari gizi nasional (HGN) tahun ini, Kementerian Kesehatan telah merilis penduan kegiatan, yang tema dan tujuan kegiatan sebagai berikut.

Tema, Subtema, dan Slogan

Tema : “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi”
Sub Tema : “Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif”
Slogan : ”Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang”

Tujuan

Tujuan peringatan HGN 2019 adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan
  2. Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam pembangunan pangan dan gizi untuk mencegah stunting.
  3. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting.

Adapun pelaksanaannya akan dilaksanakan di seluruh Indonesia tanggal 14 Januari hingga pertengahan tahun 2019 di seluruh Indonesia oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, lintas sektor terkait, institusi pendidikan, akademisi, organisasi profesi, organisasi sosial kemasyarakatan, dunia usaha serta media.

Sumber: Panduan HGN 2019

Dengan adanya peringatan ini, tentu kita berharap permasalahan gizi yang terjadi seperti stunting dan gizi buruk bisa segera teratasi. Di samping, perlu kiranya kita sukseskan program pemerintah dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk diri dan keluarga, membiasakan pola hidup sehat, dan memnghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan tubuh. Sehingga misi yang ingin dicapai yaitu Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif bisa tercapai.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »