Trik Atasi Kesalahan Saat Simulasi UNBK Tahun Pelajaran 2018/2019

January 31, 2019
PelajarKertosono - Pelaksanaan simulasi UNBK yang di adakan untuk mengukur seberapa siapnya proktor, siswa dan pusat dalam meminimalisir hal - hal yang mungkin saja terjadi saat UNBK utama dan pada tahap simulasi tentunya jika terjadi kekurangan atau ketidak sempurnaan pada aplikasi biar langsung diperbaiki oleh tim pusat agar hal tersebut tidak terjadi saat UNBK utama dan juga untuk proktor berbagai kendala yang terjadi bisa menjadi pelajaran agar saat UNBK utama bisa memiliki dasar dalam mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi.

Pada tahap simulasi ini diharapkan para proktor mempelajari semua penyebab dan cara mengatasi dan hal - hal penting yang bisa berakibat fatal nantinya karena kelupaan, kelalaian bahkan kurangnya membaca informasi baik dari web ataupun dari group. dan pada simulasi kali ini banyak sekali admin temukan di berbagai grup bahkan yang chat langsung secara pribadi yang hal ini harusnya bagi kita bisa dijadikan pengalaman bahkan kalo perlu hal yang menjadi penyebab terjadinya masalah dan penangananya bisa dicatat sehingga nantinya sudah mempunyai catatan khusus buat bekal menghadapi UNBK utama.

Ada beberapa hal pada simulasi kali ini yang perlu dijadikan pelajaran bagi kita agar lebih teliti dan hati - hati karena satu kesalahan akibatnya bisa sangat fatal adapun hal - hal yang perlu diperhatikan agar kesalahan bisa diminimalisir bahkan tidak ada masalah adalah sebagai berikut :

1. Update data pada web UNBK

Pada poin ini artinya kita diharapkan benar - benar teliti dan perlu memahami kinerja tahapan - tahapan yang perlu kita lakukan yakni pada web UNBK ini kita perlu melakukan update jika ada perubahan termasuk melengkapi data karena UNBK melalui tahapan simulasi dan itupun data yang digunakan saat simulasi belum tentu sama saat ujian utama contohnya Madrasah admin sendiri yang dimana pada tahapan simulasi ini admin mengatur sesinya menyesuaikan dengan penggunaan lab yang kebetulan 1 lab digunakan dua jenjang yakni MTs dan MA yang dimana jadwal keduanya bersamaan karena admin memilih dalam satu priode saja jadi admin atur sesinya dengan sistem sesi 1 digunakan MTs dan sesi 2 dan 3 digunakan MA dan hal ini perlu dilakukan perubahan agar nantinya pada saat UNBK utama dalam satu jenjang bisa memulai dari sesi 1 dan jika hal tersebut lupa bisa jadi hal tersebut menjadi kesalahan yang fatal maka untuk itu untuk teman - teman teruslah memantau perkembangan pada web UNBK dan juga tetap pantau informasi di berbagai group media sosial yang berhubungan dengan hal tersebut agar kita tidak ketinggalan dan salah langkah karena satu kesalahan bisa berakibat fatal dan ingat pesan pak wijaya utamakan literasi untuk meminimalisir kendala dan kesalahan dan jika ada yang belum dipahami agar sebaiknya berhubungan dengan HD kab. atau teman -teman group yang dianggap memahami tentang hal tersebut.

2. Proses Intalasi VHD

Pada poin ini masih ada saja proktor yang salah dalam instalasi pengaturan dan penggunaanya dan untuk hal tersebut perlu diminimalisir dengan cara membaca petunjuk yang ada dan jika dirasa kurang paham bisa bertanya ke group agar kita melakukan hal sesuai dengan prosedur yang ada.

3. Proses syncronisasi


Pada tahapann syncronisasi simulasi 2 ini masih ada saja yang melakukan syncronisasi tidak sesuai dengan petunjuk di web yang akhirnya menemukan kendala apalagi proses syncronisasi tahap ini tidak dijadwal jadi Madrasah yang sudah aktif bisa melakukan proses syncronisasi dan tahap ini juga membuat proktor merasa di PHP bahkan admin sendiri bisa syncronisasi di jam 12 malam. Pada tahapan simulasi intinya kita bisa mengoperasikan sesuai dengan petunjuk dan untuk yang utama nantinya pastinya akan diatur lagi agar prosesnya berjalan sesuai harapan dan ujian utama bisa berjalan dengan baik dengan meminimalisir hal - hal yang tidak di inginkan.

3. Patching / Pembaharuan

Pada proses ini ada juga yang melakukan pembaharuan diluar jam yang ditentukan yang akhirnya ada kendala yang di hatapi. Jadi lakukan Patching jika sudah ada perintah.

4. Mengoperasikan setiap menu yang tampil di aplikasi.

Pada poin ini perlu kiranya proktor memahami kegunaan dan kinerjanya agar UNBK utama bisa di manfaatkan dan mumpung ini masih tahapan simulasi jadi kita bisa mempelajari banyak hal tanpa adanya rasa takut karena gagal di simulasi bukan sebuah kegagalan tapi sebuah kesuksesan yang ditundah.

5. Troble shoting

Dalam pelaksanaan simulasi kali ini banyak kejadian - kejadian yang di alami kita ataupun teman - teman yang lain dan hal ini sangat bagus buat kita jika kita bisa mencatat darimana akar masalahnya dan bagaimana penanganannya jadi ketika kita menghadapi hal yang sama nantinya kita sudah punya dasar untuk menanganinya sendiri dan hal ini sangat perlu kita lakukan agar kita bisa sukses UNBK utama tanpa adanya masalah dan jika ada kita sanggup mengatasinya sendiri tanpa harus menunggu bantuan atau jawaban dari teman.

Dari bebrapa poin diatas banyak hal - hal yang mesti kita siapkan menghadapi UNBK utama dan disaat simulasi kita perlu mempelajari hal - hal bahkan kejadian terburuk sekalipun agar mental kita terlatih dalam menghadapi sebuah masalah. ingat belajarlah dari orang lain dalam mengatasi permasalahan dan belajarlah sendiri menangani permasalahan dan tetap ikuti petunjuk dan jangan lupa LITERASI dan pelajari akar dari setiap permasalahn saat simulasi.

Trik Atasi Kesalahan Saat Simulasi UNBK Tahun Pelajaran 2018/2019

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »