Tutorial Android Pemula Mengenal Textview, edit, Create, Open & Atributes

December 25, 2018
Tutorial android pemula & master mengenal TextView
App Android
Tutorial Android Pemula Mengenal Textview, edit, Create, Open & Atributes - Dalam membuat atau memahami cara membuat aplikasi android online atau offline secara manual atau langsung jadi kita perlu mengenal apa itu textview. 

Textview merupakan widget app android untuk menampilkan sebuah text yang di beri nama textView. 

Cara terbaik dalam memahami fungsi android adalah mengenal dasar xml android serta code - code yang nantinya akan sering di gunakan seperti textview tersebut. 

Oke kita mulai saja cara membuat aplikasi android untuk pemula ini dengan membuka Apk Builder yang pada pelajaran sebelumnga kita mengenal pembuatan aplikasi dalam waktu5 menit 

Untuk yang belum membaca tutorial pertama silahkan langsung kunjungi link di bawah ini. 
Baca : Cara membuat aplikasi android dalam 5 menit

sekali pada tutorial sebelumnya yaitu cara membuat aplikasi android, nah sekarang kita akan coba bagaimana mengubah tulisan pada aplikasi sebelumnya yaitu hello world !! kita akan ganti tulisan tersebut sesuai dengan keinginan kita. 

Setelah Aplikasi Apk Builder di buka langsung masuk keopen project pilih aplikasi sebelumnya yang pernah di buat untuk lebih memudahkan, misal kemarin kita buat aplikasi android test maka kita masuk dalam open project tersebut di dalam folder open, setelah itu kemudian, buka .project maka akan terlihat menu seperti folder Bin, juga folder Build res, src, serta file androidManifest.xml tersebut. 

Kemudian kita akan masuk ke dalam folder res > layout > activity_main.xml langsung buka dan edit file xml activity_main tersebut dengan menekannya 2 kali, nah akan terlihat ada tulisan hello world! pada baris android:text="Hello World!" kamu bisa ubah tulisan dalam dua tanda perik tersebut sesuai keinginan anda. 

Tutorial Android App Create TextView Data
2 TextView Code
Atau bisa menambahkan 2 text view dengan text berbeda, misal text pertaman bertuliskan hello world dan text kedua bertulisan Hello dunia, nantinya secript tersebut akan tergabung seperti image di atas. 

Nah setelah selesai edit Aplikasi android jangan lupa save kemudian simpan dan install kembali dengan menekan Build > install > open seperti keterangan sebelumbya dan hasilnya seperti ini. 

dan untuk edit posision attribut bisa langsung tambahkan attibut - dalan atribut attribut textView tersebut misal, kalau kita melihat atribut dari code di bawah ini. 

 TextView 
android:layout_width="wrap_content" 
android:layout_height="wrap_content" 
android:layout_gravity="center" 
android:text="Hello World!"> 
 

perhatikan code di atas layout_widht menunjukan panjang vertical dari layout anda bisa mengunakan attribut. 
  1. 100px atau 100dp ( lebar )
  2. wrap_content( posisi pas tulisan)
  3. match_parent( posisi pas layar)

layout_height panjang horizontal dari sebuah textview seperti di atas juga bisa menggunakan attribut. 

  1. 200px atau 200dp ( lebar )
  2. wrap_content( posisi pas tulisan)
  3. match_parent( posisi pas layar)

layout_Gravity merupakan layout dengan posisi gravity tengah, samping kanan dan samping kiri bisa gunakan ini. 

  1. Center
  2. Left
  3. Right

Text merupakan isi dari text view tersebut dalam bentuk tulisan seperti tulisan hello world, juga tulisan sesuai dengan keinginan anda, mari kita langsung praktek saja. 

Selain attributes di atas ada banyak attributes yang perlu anda tahu , namun kita awali dengan yang mudah dulu biar ga pusing. 

android Creator Developer ... 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »