TRICK CARA MENGATASI BLUE SCREEN PADA LAPTOP WINDOWS & MENGETAHUI PENYEBABNYA

January 25, 2017

Blue screen atau yang sering juga disebut dengan Blue Screen of Death (BSOD) adalah hal yang kadang-kadang terjadi di komputer Windows. Saya sendiri tidak pernah mengalaminya, sampai saya meng-upgrade sistem operasi saya ke Windows 10 melalui OTA yang ditawarkan secara gratis oleh Microsoft. Setelah update, Blue Screen jadi semakins sering terjadi, meski intensitasnya tidak sampai mengganggu. Namun tetap saja, sekali terjadi, pekerjaan yang telah saya kerjakan di komputer jadi hilang.

Blue Screen adalah masalah yang kerap terjadi di Windows selain Black Screen. Jika kamu mengalami hal yang serupa seperti saya, mungkin postingan ini bisa jadi petunjuk mengenai apa yang harus kamu lakukan jika skenario ini terjadi pada kalian. Apalagi Blue Screen pada Windows 8 atau Windwos 10 sangat sederhana dan tidak menampilkan informasi kesalahan apapun.
Jadi, sama seperti saya, setelah upgrade ke Windows 10 kamu mungkin akan mengalami Blue Screen. Berikut ini Blue Screen pada beberapa kondisi yang mungkin menimpa komputermu.

Blue Screen saat upgrade ke Windows 10

Saat upgrade ke Windows 10 dari Windows 8.1 atau Windows 7, komputermu mungkin mengalami Blue Screen (BSOD). Ini terjadi biasanya karena pengaturan BIOS. Dalam beberapa kasus, kesalahan bisa disebabkan oleh rusaknya file download dari installer.
Jika komputer kamu Blue Screen saat upgrade, installer akan membawamu kembali ke sistem operasi sebelumnya. Dari sana, kamu harus jalankan lagi installer upgrade. Instalasi Windows 10 kamu tak akan berhenti di tengah-tengah. Tapi file instalasi yang ada di Drive C: perlu kamu bersihkan sebelum mulai menjalankan upgrade lagi. Kamu harus menghapus semua file dalam folder Software Distribution di bawah folder Windows. Kamu juga harus menghapus folder Windows~BT dari Drive C.
Setelah menghapus file-file ini, masuk ke BIOS (tekan DEL saat boot up) dan aktifkan atau enable UEFI Boot sebelum mencoba untuk meng-upgrade lagi. Akan lebih baik jika kamu menggunakan disk instalasi yang disediakan oleh Microsoft atau kamu buat sendiri, untuk meng-upgrade. Upgrade langsung menghabiskan terlalu banyak waktu dan mungkin menimbulkan masalah lagi. Kembalilah ke sistem operasi sebelumnya. Kemudian jalankan Setup.exe dari media instalasi milikmu. Ini akan membantumu mencegah kemungkinan Blue Screen saat melakukan upgrade ke Windows 10.

Blue Screen Saat Sedang Booting Windows 10

Ada dua skenario Blue Screen saat booting Windows 10. Skenario pertama, kamu masih bisa mengakses desktop. Sementara yang kedua, Blue Screen yang bahkan tidak bisa masuk ke desktop. Dengan kata lain, laptop atau komputer selalu restart.
Ada beberapa penyebab utama Blue Screen dalam kondisi seperti ini, yaitu:
  • Konflik pada Windows
  • Kesalahan pada Update Windows. Jika yang terakhir ini alasannya, Anda harus menghapus update yang sudah terinstal itu, lalu memblokirnya agar tidak di download dan di instal lagi ke komputer.
Jika kamu masih bisa mengakses desktop, masuk ke Settings > Windows Update. Klik Advanced dan kemudian pilih View Installed Updates. Lihat tanggal update dan hapuslah update yang telah diinstal tepat sebelum kejadian Blue Screen di laptopmu muncul. Jika menghapus update bisa memperbaiki masalah, berarti masalah tersebut memang disebabkan oleh update itu. Blokirlah update itu agar tidak menginstal lagi.
Jika masalahnya ada di update driver, kamu perlu melihat apakah ada driver yang baru saja diinstal akhir-akhir ini. Prosesnya sama saja seperti di atas. Kamu harus melihat update driver di Installed Updates. Tapi setelah menghapus update, saya sarankan kamu memblokir update driver otomatis.
Sebagai gantinya, gunakan alat pihak ketiga yang memungkinkan kamu memilih versi driver yang lebih baik. Dengan cara itu komputermunda bisa bebas dari Blue Screen.

Blue Screen Restart Berulang dan Tidak Mau Masuk ke Desktop

Jika saat menyalakan komputer kamu tidak bisa masuk ke desktop, dan malah Blue Screen lalu restart, begitu berulang-ulang, maka Windows 10 akan secara otomatis masuk ke mode Repair (Perbaikan) setelah beberapa saat seperti itu terus. Dari sana, kamu bisa gunakan fitur System Restore untuk memperbaiki masalah ini. Klik pada System Restore dan pilih tanggal sebelum komputermu mengalami Blue Screen. System Restore akan mengembalikan komputer ke waktu sebelumnya, menghapus setiap perubahan yang terjadi di komputer Anda oleh Windows Update. Jangan khawatir, ini tidak akan mempengaruhi file Anda.

Blue Screen saat Laptop Windows 10 Sedang Bekerja

Saya paling sering mengalami ini. Saat saya sedang bekerja, mengetik misalnya, tiba-tiba komputer atau laptop Windows saya Blue Screen, lalu meminta restart dalam hitungan mundur. Penyebabnya bisa saja karena Update Windows, update driver software atau hardware baru yang terpasang. Untuk memastikan penyebab mana yang benar, gunakan metode yang sudah dijelaskan di atas untuk mengisolasi update mana yang bermasalah, lalu blokir dengan cara yang sama pula.
Jika Anda menginstal hardware baru-baru ini, matikan komputer Anda dan lepas hardware tersebut. Kemudian reboot komputer anda lalu menuju ke Device Manager (tekan tombol Windows + Pause Break). Jika hardware masih terdaftar di sana, uninstall. Reboot untuk melihat apakah masalah ini masih terjadi atau tidak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »