Tips & Trik Meningkatkan Performa Windows 10 Mobile

January 28, 2017
Apakah kamu merasa smartphone Windows 10 Mobile milikmu performanya menurun, alias tambah lelet? Makin lemot?  Atau hape Lumia sobat sering loading-resume loading-resume resume-loading, kalau gak loading ya resumekalo gak resume ya loading? :V 😄
Ada beberapa tips nih, untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja Windows 10 Mobile.

Windows 10 Mobile sebenarnya kecepatannya cukup melesat loh, dibandingkan dengan Windows Phone 8.1. Cuma, memang, permasalahan pada Windows 10 Mobile makin kompleks, bukan cuma masalah kinerja tapi batre boros juga merupakan masalah besar.
Oke deh. Coba kamu simak dan langsung praktekkan beberapa tips berikut untuk meningkatkan performa dan agar baterai ponsel awet. Cekidot!

Cara meningkatkan kecepatan Windows 10 Mobile:

1. Hindarkan Windows 10 Mobile sobat dari tidak up-to-date

Artinya, jangan sampe ponsel Lumia W10M sobat gak di-update. Dengan kata lain, setiap update OS tersedia, jangan diabaikan. Ini “wajib” hukumnya untuk menjaga Windows 10 Mobile sobat tetep up-to-date.
ota-update-cumulative-phone
Microsoft merilis update kumulatif baru setiap bulan untuk ponsel Windows 10 Mobile. Pembaruan kumulatif biasanya berupa peningkatan kinerja dan perbaikan bug.
Buat yang belum tahu, begini cara meng-update software Windows 10 Mobile ke versi terbaru: Buka Pengaturan > Pembaruan & keamanan > Pembaruan telepon dan klik Periksa pembaruan. Jika pembaruan tersedia, akan mulai men-download secara otomatis.
Pastikan ponsel Windows 10 sobat tidak menjalankan build preview Insider, soalnya jangan harap performa melesat di build Insider. Alih-alih melesat, justru malah “buggy” (banyak bugs) 😆 2. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu
Apakah sobat doyan install aplikasi di ponsel? Emang semua aplikasi yang dipasang itu bener-bener dipake? Kemungkinan besar, tidak. Ketika saya pribadi periksa daftar aplikasi di Windows 10 Mobile saya, saya menemukan banyak aplikasi yang jarang, atau bahkan tak pernah digunakan.
Kalo sobat termasuk orang yang super sibuk, tunggu sampe sobat punya waktu senggang. Kalo lagi nganggur, coba sobat cek atu per atu daftar aplikasi dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. 😁 Renungkan sejenak, apakah sobat masih membutuhkannya lagi atau tidak? Misalkan aplikasi kantor (Office), apakah sobat bener-bener butuh aplikasi tersebut? Kalo gak, ya hapus aja.
Kalo ingin lebih telaten, coba seminggu sekali hapus aplikasi yang tidak digunakan, ini adalah cara terbaik untuk melonggarkan ruang storage.
Bejibun nya aplikasi terpasang itu akan memperlambat performa ponsel. Sama saja, apakah kamu menyimpannya di Internal/device maupun di kartu SD, sama-sama berefek performa smartphone menurun.
Aplikasi yang udah gak kepake itu ibarat mantan, ehh… 😁 ibarat sampah, maksudnya. Apakah sobat membiarkan sampah yang menumpuk di rumah sobat selama lebih dari seminggu? Apakah sobat merasa nyaman?

3. Bebaskan penyimpanan telepon/internal

Bebaskan penyimpanan telepon dan hapus data yang tidak perlu seperti temporary files (file-file sementara), cache browser dan semua yang berkaitan.
Sebelum kita melangkah ke sini, pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak berguna (langkah no.2 tadi). Windows 10 Mobile memiliki aplikasi “Storage” (buka lewat Settings, atau langsung dari Daftar Aplikasi). Hal ini mudah digunakan.
Cara menghapus temporary files dan file-file yang tidak perlu dalam Windows 10 Mobile: 👇
  • Buka aplikasi Storage
  • Klik “Perangkat ini”
  • Kita tidak bisa menghapus “System & reserved” pasalnya inilah yang membantu Windows 10 Mobile berjalan dengan baik
  • Akan lebih baik jika sobat juga menghapus beberapa email dan pesan (SMS) karena ini juga bisa ngebantu membebaskan beberapa penyimpanan ponsel. Malah (biasanya) kadang Mail & Messaging bisa makan memori sampai 145 MB, bahkan bisa mencapai 1Gb bagi orang yang aktif email-emailan. (KABAR GEMBIRA! KINI DI BUILD FAST RING TERBARU/BUILD 14965, KAMU BISA MENGHAPUS APLIKASI OUTLOOK MAIL AND CALENDAR)
  • Maps, kamu juga dapat menghapus riwayat peta juga.
  • Temporary Files: Di sini kamu dapat menghapus file-file sementara dan file yang tersimpan di folder download dalam satu kali klik. Centang file-file sementara dan folder download dan klik “hapus file”.
    Dalam pengaturan penyimpanan file sementara, sobat juga akan menemukan pengaturan Microsoft Edge. Mengklik pada pilihan tersebut akan membawa sobat ke pengaturan browser Edge. Dalam pengaturan Edge, sobat akan menemukan pilihan “Hapus data jelajah”. Klik tulisan “Pilih apa saja yang mau dihapus”. Sebuah jendela baru akan terbuka, pilih semua pilihan dari mulai “riwayat jelajah” sampai “izinkan layar penuh”, dan klik “hapus”. Maka secara otomatis akan menghapus semua data.
    Pro Tip: Jika sobat pakai browser lain, cukup hapus datanya saja, bukan menghapus aplikasi.
4. Lakukan soft reset
JANGAN SALAH! TENANG SAJA! soft reset tidak akan menghapus data ponsel. Soft reset beda dengan “reset”. Kalo “reset” itu sama dengan “hard reset”, alias kembali ke pengaturan awal/pabrik.
Soft reset ini akan menghapus beberapa Cache yang tersimpan di telepon dan file sementara yang terkumpul setelah kamu menghapus data menggunakan aplikasi Storage/penyimpanan.
Soft reset juga akan meningkatkan kecepatan Lumia sobat dan akan memperbaiki beberapa bug yang abnormal pada ponsel.
Bagaimana melakukan soft reset pada Windows 10 Mobile:
  • Tekan dan tahan volume bawah (➖) dan tombol Daya hingga ponsel bergetar dan restart sendiri.
    Selesai!
5. Akhirnya … (langkah terakhir:) HARD RESET
Pasti kamu bilang: “Weeew!” Hahaha pekerjaan paling “tidak mengenakkan” di Lumia. 😁
Kamu udah hapus file-file sementara, file yang tidak perlu, de es be de el el, tapi Windows 10 Mobile masih juga letoy? Nah. Sekarang sobat harus menghapus semua isi telepon sepenuhnya dan memulai kehidupan baru.
Sebelum melakukan reset, silakan backup ponsel ke OneDrive (tidak wajib).
Begini caranya mem-backup:
  • Buka Pengaturan > Pembaruan & keamanan
  • Aplikasi Backup terbuka
  • Klik “opsi lain” dalam pengaturan Backup
  • Kamu akan menemukan opsi “Cadangkan sekarang”, klik dan proses backup ponsel akan berjalan.
Cara reset Windows 10 Mobile :
  • Buka Settings > System > About
  • Di bagian paling bawah kamu akan menemukan pilihan “Atur ulang telepon Anda”.
  • Klik tombol reset dan akan menghapus data ponsel!
Langkah ini pasti akan meningkatkan kecepatan perangkat Windows 10 Mobile.
Gimana, sob? Apakah sobat berhasil meningkatkan kinerja Windows 10 Mobile? Apakah sobat di sini punya tips lain untuk meningkatkan kecepatan Windows 10 Mobile? Bagikan pendapatmu di komentar di bawah! 😎

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »