Ini Alasan Kenapa Windows 64bit Butuh 2 Folder Program Files

January 13, 2017


Sejak tahun 2005, Microsoft sudah menawarkan dua sistem Windows, yaitu 32bit dan 64bit. Nah, kamu harus tahu dulu tentang Program Files (x86) dan Program Files....

Perbedaan Program Files (x86) dan Program Files

kenapa windows 64 bit butuh 2 folder 1
Program Files (x86) merupakan sebuah sistem yang menjalankan beragam program serta aplikasi dengan sistem 32bit. Jadi, semua program yang masih menjalankan versi 32bit, masuknya akan ke dalam folder ini.
Sementara itu, Program Files adalah kebalikannya. Ini sebuah sistem yang menjalankan beragam program serta aplikasi dengan sistem 64bit, sehingga semua jenis program yang menjalankan sistem dengan versi 64bit akan dikumpulkan dalam folder ini.

Terus, Apa Pengaruh dari Perbedaannya?

kenapa windows 64 bit butuh 2 folder 3
Sistem operasi Windows 64bit sudah memiliki dukungan untuk menjalankan aplikasi dan program 32bit. Nah, maka dari itu, Windows menyimpan semua aplikasi dan program 32bit dalam folder yang berbeda agar pengguna tahu mana yang 32bit dan mana yang 64bit. Dengan demikian, kamu bisa mengaturnya lebih mudah lagi.
Windows akan berjalan lancar apabila kedua jenis ini dibedakan dari kode yang terpisah. Sebab, jika program x86 dan x64 itu bertabrakan, maka bisa bermasalah.
Sebagai contoh, apabila program 32bit itu mencari file .DLL, dan file itu ditemukan dengan program versi 64bit, maka dapat dipastikan kalau program tidak akan bekerja dan kamu tidak akan tahu kenapa alasannya.
Maka dari itu, untuk menghindari masalah tersebut, Windows memisahkan dua folder. Sebab, ini adalah cara paling sederhana untuk tidak membiarkan masalah itu terjadi.

Apa Cuma Program Files Saja yang Seperti Ini?

kenapa windows 64 bit butuh 2 folder 4
Selain Program Files, ada juga beberapa komponen lainnya yang masih menggunakan sistem Windows dengan versi 32bit dan 64bit. Beberapa di antaranya disimpan dalam Winsxs atau Windows Side by Side dan WoW64atau Windows 32bit on Windows 64bit.
Itu semua merupakan sebuah subsistem dari sistem operasi Windows yang mampu menjalankan aplikasi 32bit di dalam sistem dengan versi Windows 64bit

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »