Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector, Apa Itu Bad Sector?

January 25, 2017
Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar istilah bad sector, ini adalah kondisi dimana sebagian kecil dari penyimpanan dalam perangkat kita tidak bisa dibaca. Kondisi ini sering dialami pada penyimpanan hardisk komputer, tapi tidak pernah ditemui pada penyimpanan internal perangkat seperti ponsel atau tablet.
Meski hanya sebagian kecil data saja yang tidak bisa dibaca, namun lama-kelamaan jika dibiarkan dan tidak diperbaiki, bisa menyebabkan kerusakan pada hardiskmu. Kondisi ini sendiri cukup umum ditemui pada komputer, jadi ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki hardisk bad sector.
Namun sebelum kita bicara lebih jauh mengenai cara memperbaiki hardisk, sebaiknya anda mengetahui dulu ilmu dasarnya. Sektor (sector) hanyalah sebuah unit informasi yang tersimpan di hardisk Anda. Sektor adalah ruang penyimpanan yang terdapat pada hardisk. Ukuran standar sebuah sektor 512 byte

Penyebab Hardisk Bad Sector

Ada beberapa hal yang bisa membuat hardisk pada komputer kita memiliki bad sector, beberapa diantaranya adalah:
  1. Mematikan / shutdown komputer dengan cara yang tidak benar
  2. Cacat pada hardisk, seperti cacat pada permukaan, tercemarnya udara dalam unit hardisk, dan sebagainya. Bisa pula karena head HDD menyentuh permukaan disk.
  3. Cacat bawaan pada produk, seperti kualitas produksi yang buruk.
  4. Hardware komputer yang sudah tua, seperti kipas prosesor yang buruk, hard drive terlalu panas, dsb
  5. Malware

Dua Jenis Bad Sector

Bad Sector sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu bad sector keras dan lunak. Berikut pembagiannya:
  • Bad sector keras (Hard Bac Sector) adalah salah satu kerusakan yang terjadi secara fisik (bisa karena terjadinya benturan pada head hardisk), atau dalam keadaan magnet yang tak bergerak. Jika komputer Anda bertemu sementara hardisk menulis data, terkena panas yang ekstrim, atau ada bagian mekanik yang rusak yang membuat head HDD kontak dengan permukaan disk, “bad sector keras” mungkin akan terjadi. Saat sudah terjadi bad sector keras, tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya kecuali pasrah. Meski begitu, ada cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah bad sector keras.
  • Bad sector lunak (Soft Bad Sector)terjadi saat kode koreksi kesalahan atau Error Correction Code (ECC) yang ditemukan di sektor ini tidak sesuai dengan isi sektor ini. Bad sector lunak adalah kesalahan logis, bukan fisik. Jadi masih bisa diperbaiki dengan menimpa semua yang ada pada disk menjadi Cara memperbaiki bad sector

Cara Memperbaiki Bad Sector

Agar hardisk kamu tetap sehat dan bisa bekerja dengan normal, Microsoft menyediakan tools pada sistem operasi Windows miliknya yang disebut dengan “Chkdsk”. Kemampuan ini bisa memindai disk untuk mencari error atau kesalahan, memperbaiki kesalahan logis, mendeteksi dan menandai bad sector, sehingga Windows tak lagi mencoba menggunakannya. Kita pengguna komputer dianjurkan menggunakan cara ini secara rutin karena bisa mencegah komputer menjadi tidak stabil.
Meski begitu, Chkdsk memerlukan waktu yang lama untuk memeriksa disk. Meskipun, untuk yang satu ini kadang dipengaruhi juga dengan berbagai hal seperti kecepatan PC, jumlah file dan folder pada disk, besar RAM, dan ukuran disk. Jadi, jika kamu ingin memeriksa disk, sebaiknya lakukanlah saat kamu sedang tidak ada pekerjaan yang membaksamu harus menggunakan komputer untuk sementara waktu.
Chkdsk, fitur yang merupakan singkatan dari “Check Disk” ini biasanya juga akan meminta reboot saat kamu akan menjalankannya, saat reboot inilah Chkdsk akan bekerja, jadi kamu tidak akan bisa mengakses komputermu selama proses ini. Memang, kamu bisa membatalkan proses ini, tapi tidak disarankan.
Berikut cara menjalankan Check Disk alias Chkdsk dan memeriksa diskmu.
  1. Buka File Explorer. Windows XP sampai Windows 7 biasanya bisa dengan mengklik dua kali My Computer di desktop. Di Windows 8 sampai Windows 10 sepertinya sudah berubah. Bukan lagi My Computer, melainkan File Explorer. Jadi untuk membuka File Explorer di Windows 10, Klik kanan pada logo Windows > File Explorer.
  2. Temukan disk yang ingin di periksa, misalnya Local Disc (C:), klik kanan disk tersebut lalu pilih Properties.
  3. Pada kotak dialog Properties klik tab Tools
  4. Klik tombol Check
  5. Kotak dialog baru akan muncul. Di Windows XP atau Windows 7 biasanya akan diperlihatkan Check disk options. Centang kedua opsi Automatically fix blabla… dan Scan for and attempt blabla…lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Di Windows 10 lebih canggih lagi. Saat kita klik tombol Check, sistem biasanya akan langsung tau saat disk sedang bermasalah. Jika tidak ditemukan masalah, akan muncul pesan bahwa scan disk tidak diperlukan (You don’t need to scan this drive). Meski begitu kamu tetap bisa memeriksanya dengan mengklik Scan Drive.
  6. Setelah itu, Windows kemungkinan besar akan memberi pesan bahwa memeriksa disk memerlukan akses eksklusif ke disk dan akan dimulai tepat setelah komputer di reboot. Klik OK
  7. Restart komputermu.

Mencegah Bad Sector

Kamu bisa mencegah bad sector, karena “mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati” bukan? Tergantung penyebabnya, berikut ini cara mencegah hardisk bad sector:
Mencegah hardisk bad sector yang disebabkan oleh hardware
  • Pastikan komputer tetap dingin dan bebas debu;
  • Belilah hardware yang berkualitas, bila perlu beli dari merek terkenal;
  • Saat akan memindahkan/ mengangkat komputer atau laptop, selalu gerakkan komputer dengan hati-hati;
  • Gunakan kabel data sesingkat mungkin;
  • Selalu matikan komputer dengan prosedur yang benar. Jangan langsung cabut cok atau adaptornya dari sumber listrik (komputer desktop), jangan langsung cabut baterai (laptop). Atau gunakanlah UPS jika sering kali terjadi pemadaman listrik di kompleks atau daerah tempat tinggal anda.
Mencegah hardisk bad sector menggunakan software
  • Anda bisa gunakan program Disk Defragmenter yang memiliki fitur jadwal otomatis, sehingga bisa memeriksa disk untuk membantu mencegah crash pada head HDD(head HDD yang crash bisa membuat bad sector keras). Disk Defragmenter juga bisa mengurangi keausan hard drive, sehingga memperpanjang masa pakai baterai dan mencegah bad sector;
  • Jalankan software anti-virus dan anti-malware yang berkualitas untuk mencegah virus menginveksi komputer, dan selalu perbarui atau update antivirus dan atimalware anda.
Jadi, itulah mencegah dan macam-macam bad sector, termasuk cara memperbaiki hardisk bad sector.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »