Merek Hardisk Eksternal Terbaik Beserta Harga dari Termurah Sampai Termahal

January 25, 2017

Sebelum kamu membeli hardisk eksternal, saya tanya dulu untuk apa kamu akan membeli hardisk eksternal? Beberapa orang membeli hardisk eksternal untuk menyimpan koleksi file seperti musik, video software dan sebagainya. Sementara yang lain ingin membeli hardisk untuk mem-backup atau mencadangkan file yang ada dalam komputer agar tidak hilang saat tiba-tiba komputernya rusak. Atau ada juga orang yang ingin memberikan ruang kosong lebih besar pada hardisk internal komputer mereka.
Entah itu untuk backup seluruh data komputer atau membebaskan beberapa ruang tambahan untuk hardisk internal komputer, kita cukup sering merasa perlu memiliki hardisk eksternal. Tapi tentu saja, ada rasa bingung di hati mengingat banyaknya model dan merek HDD eksternal yang tersedia saat ini. Pertanyaannya, hardisk eksternal mana yang terbaik?
Ada banyak faktor yang bisa kita dipertimbangkan. Namun ada beberapa hal penting yang harus anda jadikan pertimbangan yaitu kapasitas, kecepatan, portabilitas, dan kehandalan. Ada lebih banyak faktor lainnya, namun tidak mungkin kita sebutkan satu-persatu disini. Pokoknya, beberapa poin itu adalah yang terpenting untuk jadi bahan pertimbangan. Di bawah ini adalah hardisk terbaik dengan USB 3.0 yang bisa jadi pertimbangan untuk kamu beli saat ini

Samsung T3 – Hardisk Tercepat dan Teringan

Samsung T3
Selama hidup, seberapa kecil dimensi hardisk yang pernah kamu miliki? Sebesar telapak tangan? Seukuran dompet? Kamu tidak akan percaya dengan T3, hardisk bikinan Samsung ini ukurannya hanya sebesar baterai ponsel, bahkan lebih kecil.
Meski kecil, jangan remehkan kemampuannya. “Kecil-kecil cabe rawit”, begitu kata orang tua dulu. Begitu pula dengan hardisk eksternal ini yang sangat cepat dengan USB 3.1 Type-C. Dilindungi password dan anti kejut atau benturan. Juga bekerja multi-device yang artinya kita bisa mengakses isi hardisk ini di tablet, smartphone apalagi komputer.
Tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas penyimpanan, mulai dari 250GB, 500GB, 1TB sampai 2TB. Untuk harga, jangan ditanya. Hardisk eksternal ini sangat mahal. Tak aneh karena hardisk eksternal ini merupakan berjenis SSD (solid state drive). Berikut harga masing-masing kapasitasnya di Indonesia:
  • Samsung T3 250GB: Rp 1.700.000
  • Samsung T3 500GB: Rp 2.350.000
  • Samsung T3 1TB: Rp 4.500.000
  • Samsung T3 2TB: Rp 9.700.000
Catatan: Harga tidak mengikat dan bisa berbeda tergantung kondisi pasar.

Seagate Backup Plus Ultra Slim Portabel – Tipis & Indah Jadi Keunggulan

Seagate Backup Plus Ultra Slim Portabel
“Oh, tidak untuk Samsung T3, terlalu mahal!” mungkin kamu berfikir seperti itu. Memang, untuk kalangan atas dan mereka yang membutuhkan kecepatan dalam bekerja-lah yang biasa menggunakan hardisk tersebut (juga berduit tentu saja). Namun selalu ada pilihan hardisk yang lebih murah, dan masih termasuk dalam kategori hardisk yang terbaik saat ini. Itulah Seagate Backup Plus Ultra Slim Portabel ada.
Harganya tergolong murah, dan tersedia dalam pilihan penyimpanan 2TB dan 1TB. Meski begitu, meski masih berukuran lebih besar dari Samsung T3, namun hardisk ini tergolong cukup ringan dengan bobot 4,8 ons dengan tebal hanya 9,65 milimeter. Kecepatannya tidak secepat SSD, namun cukup bersaing dengan hardisk eksternal portabel mekanik lainnya yang tersedia di pasar saat ini. Oh ya, hardisk ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu emas dan silver. Terbuat dari plastik, namun bagian atasnya aluminium dengan motif lesung yang indah. Berikut harga hardisk eksternal portabel Seagate Backup Plus Ultra Slim Portabel:
  • Seagate Backup Plus Ultra Slim Portabel 1TB: Rp 850.000
  • Seagate Backup Plus Ultra Slim Portabel 2TB: Rp 1.200.000
Catatan: Harga tidak mengikat dan bisa berbeda tergantung kondisi pasar.

Western Digital My Passport Ultra – Murah dan Portabel dengan Garansi Panjang

Jika ditanya apakah hardisk ini merupakan yang paling ringan di pasar, ya tidak juga… Masih ada yang lebih baik dari yang terbaik, dan itu pasti. Namun tetap ada alasan mengapa hardisk Western Digital My Passport Ultra termasuk dalam jajaran hardisk terbaik. Yaitu garansinya yang mencapai 3 tahun.
Western Digital, tidak perlu ditanya adalah merek dengan keandalan yang sudah tidak perlu dipertanyakan. Keluaran terbaru hardisk eksternal ini tersedia dalam pilihan penyimpanan 1TB, 2TB, 3TB dan 4TB. Juga tersedia dalam pilihan warna noble blue, classic black, wild berry, brilliant white, dan fierce pink. Meski untuk kapasitas 4TB, hanya tersedia dalam pilihan warna classic black.
Mengingat hardisk eksternal ini adalah portabel, jadi kita tidak butuh daya atau listrik eksternal. Desainnya juga masih tergolong ramping, meski tak seindah Seagate Backup Plus Ultra Slim. Selain itu, hardisk ini masih belum dijual resmi. Berikut harga Western Digital My Passport Ultra keluaran terbaru:
  • Western Digital My Passport Ultra 1TB: $54.99 (Rp 733.000)
  • Western Digital My Passport Ultra 2TB: $99 (Rp 1.200.000)
  • Western Digital My Passport Ultra 3TB: $99 (Rp 1.460.000)
  • Western Digital My Passport Ultra 4TB: $99 (Rp 1.733.000)
Catatan: Harga diatas adalah harga promosi, mengingat keluaran barunya baru saja dirilis.

Seagate Expansion – Anggun dengan Harga Terjangkau

Seagate Expansion
Kapasitas 4TB yang ditawarkan Western Digital My Passport Ultra diatas sebenarnya sudah sangat besar untuk pengguna biasa. Namun jika kurang besar, kamu mungkin bisa mempertimbangkan Seagate Expansion. Dengan kapasitas yang mencapai 5TB tentu kamu bisa menyimpan banyak file ke dalamnya.
Seagate Expansion menawarkan garansi 3 tahun dengan desain hitam bertekstur yang anggun jika ditempatkan di meja. Hardisk eksternal ini menyediakan kapasitas penyimpanan mencapai 5TB dengan harga hanya $130 atau setara dengan Rp 1,7 juta. Tentu saja tersedia kapasitas penyimpanan lain jika kamu menginginkan yang lebih murah. Berikut ini pilihan penyimpanan dan harga masing-masing kapasitas Seagate Expansion:
  • Seagate Expansion 2TB: $89.99 (Rp 1.200.000)
  • Seagate Expansion 3TB: $105 (Rp 1.400.000)
  • Seagate Expansion 4TB: $109 (Rp 1.450.000)
  • Seagate Expansion 5TB: $127.99 (Rp 1.700.000)
Catatan: Harga tidak mengikat dan bisa berbeda tergantung kondisi pasar.

Western Digital My Book – Kapasitas Ekstra Besar

Western Digital My Book Duo

Banyak orang lebih mengutamakan kapasitas ketimbang desainnya. Abaikan estetika, hiraukan ukuran, Western Digital My Book bisa jadi pilihan sempurna untuk kamu yang lebih mengutamakan kapasitas. Meski ukurannya tergolong besar sehingga kurang portabel, dan masih membutuhkan pasokan listrik eksternal, namun kapasitasnya mencapai 16TB, tak perlu lagi khawatir kehabisan ruang penyimpanan.
Kamu bahkan bisa mengkonfigurasi dual drive dalam satu case hardisk, sebagai RAID, file redundansi, atau mengambil keuntungan dari setiap byte penyimpanan yang unik. Ada garansi dua tahun untuk menjamin after sales sebagai bukti bahwa Western Digital adalah merek terpercaya. Jika hardisk yang ada di dalamnya rusak, kamu tak perlu membeli baru. Cukup beli hardisk dan gunakan case yang lama. Berikut ini pilihan kapasitas dan harga masing-masing kapasitas Western Digital My Book:
  • Western Digital My Book 4TB: $220 (Rp 3.000.000)
  • Western Digital My Book 6TB: $279 (Rp 3.700.000)
  • Western Digital My Book 8TB: $320 (Rp 4.200.000)
  • Western Digital My Book 12TB: $399 (Rp 5.300.000)
  • Western Digital My Book 16GB: $500 (Rp 6.600.000)
Catatan: Harga tidak mengikat dan bisa berbeda tergantung kondisi pasar.
Kamu bisa lihat dan bandingkan harga dan kapasitas juga kemampuan hardisk eksternal diatas. Pastikan sesuaikan dengan kebutuhan anda dalam memilih hardisk eksternal terbaik untuk anda beli.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »