Bocoran Kisi-kisi Ujian Nasional UN 2020 SMK dan Madrasah Aliyah: Bahasa Indonesia - Bahasa Inggris

January 06, 2020
Bocoran Kisi-kisi Ujian Nasional UN 2020 SMK dan Madrasah Aliyah: Bahasa Indonesia - Bahasa Inggris

Mendikbud.id -  Bocoran Kisi-kisi Ujian Nasional UN 2020 SMK dan Madrasah Aliyah: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dari BSNP.

Yuk segera dipelajari, ini kisi-kisi Ujian Nasional 2020 untuk SMK dan MAK, mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Ujian Nasional (UN) 2020 sebentar lagi bakal dilaksanakan.

Bagi siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan ( SMK/MAK ) harus segera mempersiapkan diri.

Mumpung sudah masuk sekolah lagi, yuk intip kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020 yang sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).

BSNP merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang ditunjuk mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Jika kamu siswa SMK/MAK, pelajari kisi-kisi UN 2020 ini dari mapel yang diujikan.

Ada Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

1. Bahasa Indonesia

a. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi, memaknai, dan menentukan.

Lingkup materi

* Membaca nonsastra: siswa dapat memaknai istilah/kata.

* Membaca sastra: siswa dapat menentukan kata yang bermakna konotatif/kias, menentukan majas, dan mengidentifikasi unsur dalam karya sastra.


* Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat sesuai konteks.

* Menyunting kata/istilah, frasa, kalimat dan paragraf: siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata, konjungsi, dan kalimat.

* Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.

b. Pada level kognitif aplikasi, siswa dapat menangkap informasi eksplisit, menginterpretasikan, menangkap informasi implisit dan menggunakan.

Lingkup materi

* Membaca nonsastra: siswa dapat menemukan ide pokok, menyimpulkan isi tersirat dalam teks non sastra.

* Membaca sastra: siswa dapat menentukan dan menyimpulkan isi tersurat dalam karya sastra.

* Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi unsur teks, karya sastra lama, ulasan dan teks prosedur.

* Menyunting kata/istilah, frasa, kalimat dan paragraf: siswa dapat menggunakan istilah dalam kalimat, menggunakan kata bentukan, dan kalimat.

* Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menggunakan ejaan dan tanda baca.

c. Pada level kognitif penalaran, siswa bisa menunjukkan bukti, membandingkan, menanggapi, merefleksi, dan mengevaluasi.

Lingkup materi

* Membaca nonsastra: siswa dapat membuat ringkasan teks, mengomentari pendapat yang terdapat pada teks, menunjukkan bukti dari simpulan, dan menunjukkan hubungan antarbagian teks.

* Membaca sastra: siswa dapat menganalisis hubungan antarunsur, menentukan bukti watak, mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini, menilai keunggulan/kelemahan karya sastra, membandingkan pola karya sastra, dan meringkas isi karya sastra.

* Menulis terbatas: siswa dapat mengurutkan peristiwa dalam cerita, mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk, memvariasikan kata (sinonim), memvariasikan kalimat, menyusun paragraf dari beberapa data, dan menyusun simpulan dari beberapa data.

* Menyunting kata/istilah, frasa, kalimat dan paragraf: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap), memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf, dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata.

* Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan, dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca.

2. Bahasa Inggris

a. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi.

Lingkup materi

Fungsi sosial: siswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial, seperti topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, dan konteks penggunaan.

Struktur teks: siswa dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks, seperti pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, dan alur pikiran.

Unsur kebahasaan: siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini; persamaan kata, makna frasa, makna idiom, word order, article, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tenses passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, dan referensi makna.

b. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan.

Lingkup materi

* Fungsi sosial: siswa dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial. Seperti; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.

* Struktur teks: siswa didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, plot, alur pikiran.

* Unsur kebahasaan: siswa dapat membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini; persamaan kata, makna frasa, makna idiom, word order, article, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tenses, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, referensi makna.

c. Pada level kognitif penalaran, siswa menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan dan menganalisis.

Lingkup materi

* Fungsi sosial: siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial; topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan.

* Struktur teks: siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks; pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, plot, alur pikiran.

* Unsur kebahasaan: siswa dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini; persamaan kata, makna frasa, makna idiom, word order, article, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tenses, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, modal, kalimat conditional, konstruksi derivative, kalimat, frasa, ungkapan simpulan, referensi makna.

Sumber : Tribunnews

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »