Blended Learning 2020, Model Pembelajaran yang sangat cocok digunakan untuk Guru masakini

January 16, 2020
Blended Learning 2020, Model Pembelajaran yang sangat cocok digunakan untuk Guru masakini

Mendikbud.id -  Seiring dengan perkembangan teknologi dari masa ke masa, model pembelajaran pun tentunya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Semakin canggih teknologi di zaman itu, maka model belajar pun juga akan semakin canggih.

Di kota-kota besar seperti ibukota provinsi, pembelajaran dengan menggunakan media belajar berbasis internet memang sudah selayaknya digencarkan. Sayangnya, tidak semua sekolah mengizinkan siswa untuk membawa gawai dalam kegiatan belajar mengajar.

Adanya keterbatasan itulah, ada sebuah model pembelajaran yang mungkin bisa Bapak/Ibu Guru gunakan khususnya bagi Anda yang mengajar sudah mendapatkan akses internet, Blended Learning namanya. Model pembelajaran seperti apakah itu?

Pada intinya, model pembelajaran Blended Learning ini menggabungkan keunggulan-keunggulan dari model belajar konvensional dengan e-learning. Penggabungan baik dari cara penyampaian hingga gaya pembelajaran, menjadikan sebuah kombinasi pengajaran yang tetap menekankan interaksi sosial tapi tidak meninggalkan aspek teknologi.

Paling tidak, jika Bapak/Ibu Guru menerapkan model pembelajaran Blended Learning ini, ada tiga manfaat yang bisa didapatkan. Pertama, dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, bisa meningkatkan hasil pembelajaran. 

Kedua, bisa meningkatkan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar. Bisa meningkatkan kepuasan dan rasa gembira siswa. Anda tentunya paham betul bagaimana hubungan antara siswa zaman sekarang ini dengan teknologi. 

Apalagi kalau hubungannya dengan internet, dijamin mereka akan suka dengan model belajar seperti itu. Manfaat yang ketiga ialah bisa mengurangi biaya pembelajaran. Maksud dari biaya pembelajaran di sini ialah, siswa bisa saja diminta untuk membuat laporan tertulis yang dikirim kan via surat elektronik. Tanpa harus nge-print dan jilid makalah yang pastinya akan mengeluarkan biaya lagi.

Blended Learning 2020, Model Pembelajaran yang sangat cocok digunakan untuk Guru masakini

Setelah tahu model pembelajaran Blended Learning, apakah Bapak/Ibu Guru tertarik untuk mencoba model pembelajaran ini? Sebagai guru yang hidup di zaman serba digital ini, sudah seharusnya menambah keterampilan di bidang teknologi di luar keterampilan pedagogik yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar siswa.

Sumber : ruangguru.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »