Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android

July 20, 2019

Jika anda memiliki ponsel Android untuk sementara waktu, maka anda mungkin terbiasa dengan notifikasi Screen Overlay Detected. Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa ini bukan semata kesalahan dan lebih merupakan pemberitahuan yang memberitahu anda bahwa ada overlay layar aktif - seperti virtual keyboard, night lighting, floating widget, dan sebagainya - yang dapat mencegah aplikasi yang baru diinstal dari mendapatkan izin yang mereka butuhkan untuk dijalankan.

Disini saya akan menunjukkan kepada anda cara memperbaiki dan mengatasi error Screen Overlay Detected.


Mengapa Screen Overlay Detected Muncul

Cara terbaik untuk menghilangkan notifikasi ini adalah benar-benar memahami apa yang menyebabkannya. Sebagian besar aplikasi yang anda instal mengharuskan anda untuk memberi mereka izin untuk menggunakan fitur-fitur tertentu pada ponsel anda, seperti kamera, kontak, fungsi telepon, dan sebagainya.


Salah satu izin tersebut adalah kemampuan untuk Display over other apps. Pada dasarnya, gunakan layar di atas layar apapun yang anda aktifkan untuk secara permanen menampilkan fitur dari aplikasi itu, seperti filter blue light yang menembus seluruh layar.

Kotak izin aplikasi ketika anda menginstal aplikasi baru datang dalam bentuk pop-up, yang dapat bertentangan dengan overlay layar tertentu yang mungkin telah anda aktifkan. Secara teknis, overlay full-screen seperti lampu malam mungkin "menutupi" izin pop-up meskipun anda masih dapat dengan jelas melihat pop-up melalui overlay.

Ini pada dasarnya adalah fitur keamanan, mengharuskan anda untuk menonaktifkan sementara overlay untuk memberi izin kepada aplikasi baru agar berfungsi dengan baik. Masalahnya adalah ponsel anda tidak memberitahu anda aplikasi mana yang menyebabkan konflik.


Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, jenis aplikasi yang menggunakan overlay layar meliputi yang berikut:
  • Widget mengambang seperti notifikasi Facebook Messenger atau quick-access di OneNote yang menggantung di tepi layar anda.
  • Aplikasi lampu malam seperti Twilight
  • Aplikasi kamera, aplikasi scanner, aplikasi health tracker, aplikasi video-call dan lainnya.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Screen Overlay

Jika anda mendapatkan pesan Screen Overlay Detected, hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah menonaktifkan aplikasi overlay layar anda satu per satu hingga anda berhenti mendapatkan pesan ketika anda mencoba menginstal aplikasi baru.


Untuk melakukan ini, ketuk Open Settings di pop-up Screen overlay detected, atau buka Settings - Apps notifications - Advanced - Special app access - Display over other apps. (Jika anda masih di Android Marshmallow, pengaturan akan disebut Draw over other apps.)

Disini anda akan melihat daftar semua aplikasi yang memiliki izin untuk menggunakan screen overlay. Mulailah dengan menonaktifkan fitur ini pada aplikasi pihak ketiga satu per satu. Misalnya, ketuk Facebook, lalu ketuk slider Allow display over other apps menjadi tidak aktif.


Anda bisa melalui setiap aplikasi pihak ketiga dan menonaktifkannya untuk memastikan masalah hilang, tetapi jika anda punya waktu, anda harus memeriksa untuk melihat apakah masalah terselesaikan setelah setiap aplikasi yang dinonaktifkan. Jika tidak, aktifkan kembali screen overlay pada aplikasi itu, dan nonaktifkan yang berikutnya hingga masalah teratasi.

Dengan cara ini, anda benar-benar dapat mengisolasi aplikasi mana yang menyebabkan konflik Screen Overlay Detected.

Error Screen Overlay Detected bukanlah masalah serius dan dapat diselesaikan dengan sedikit pekerjaan detektif untuk mencaritahu apa yang menyebabkan masalah. Secara umum, ini terjadi jauh lebih jarang daripada ketika pop-up pertama kali muncul dengan android Marshmallow. Tetapi ketika saat itu terjadi pada anda, anda sekarang tahu bagaimana menghadapinya.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk membagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »