Soal KSM MTs Terbaru 2019 Pelajaran Matematika, IPA, dan IPS Terintegrasi

June 30, 2019

Soal KSM MTs Terbaru 2019 Pelajaran Matematika, IPA, dan IPS Terintegrasi

Cariduit-dot -- Download Soal KSM MTs Terbaru 2019 Mata Pelajaran Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi. Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019 sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Sesuai dengan schedule KSM pusat, bahwa pelaksanaan KSM Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada bulan 16 - 20 September 2019. Waktu yang begitu cepat sehingga para peserta KSM di Madarasah seluruh Indonesia harus mempersiapkan dari sekarang. Salah satu yang harus dipersiapkan peserta KSM ialah mempelajari mata pelajaran yang akan diujikan.

Sesuai dengan Juknis (Petunjuk Teknis) pelaksanaan KSM tahun 2019, untuk tingkat MTs ada 3 (tiga) mata pelajaran yang akan diujikan, yaitu:

1. Mata Pelajaran Matematika terintegrasi
2. Mata Pelajaran IPA terintegrasi
3. Mata Pelajaran IPS terintegrasi

Ketiga mata pelajaran diatas akan Terintegrasi (menyatu) dengan mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) seperti Akidah Akhlak, al Quran Hadits, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam yang disesuaikan dengan mata pelajaran tersebut.

Prediksi dan Analisa Soal KSM MTs 2019

Prediksi Soal Mata Pelajaran Matematika
Berkaca pada soal tahun sebelumnya, jumlah soal untuk Matematika sebanyak 25 soal. Kisi-kisi soal Matematika terdiri dari: soal perhitungan lingkaran, perhitungan yang terintegrasi dengan PAI, konsep Matematika dalam al Quran, bilangan kuadrat, dan lainnya.

Prediksi Soal IPA
Kisi-kisi Soal: Fotosintesis, sitokinesis, konsep IPA dalam menurut al Quran, IPA Biologi, dikotil, monokotil, antibiotik, jenis cacing parasit, kelamin sekunder, plasma, sistem kerja saraf, dan masih banyak kisi-kisi soal lainnya. Semuanya terintegrasi dengan mata pelajaran PAI.

Prediksi Soal IPS
Kisi-kisi IPA terintegrasi: pengertian Imitasi, adaftasi, replikasi, repitisi, internasionalisasi, inkorporisasi, institusionalisasi, internalisasi, dan lainnya.

Baca: Juknis Pelaksanaan KSM 2019

Melihat contoh soal diatas perlu bimbingan khusus yang lebih intens terhadap para peserta KSM dari guru pembimbing mapel masing-masing. Karena dengan macam soal terintegrasi perlu pemahaman lebih jelas sehingga siswa akan lebih mengerti dan faham. Nah, lebih lengkapnya terkait prediksi soal KSM MTs tahun 2019, silahkan bisa unduh dibawah ini:
  1. Soal KSM Matematika Terintegrasi, download disini
  2. Soal KSM IPA Terintegrasi, download disini
  3. Soal KSM IPS Terintegrasi, download disini

Peserta KSM

Sesuai dengan Juknis KSM 2019, bahwa setiap satu mata pelajaran bisa mendaftarkan siswa-siswinya berjumlah 1-5 orang. Sebelum pendaftaran, terlebih dahulu Madrasah harus mempunyai akun masing-masing. Pendaftaran dilakukan secara online di situs resmi KSM pusat. Bagi yang belum silahkan daftar disini.

Aturan dan Cara Mendaftar KSM 2019 disini

Schedule KSM Tahun 2019

Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkam KSM pusat. Pelaksanaan KSM dimulai seleksi tahap awal disekolah/madarash masing-masing. Selanjutnya KSM Kabupaten Kota, Provinsi, dan KSM tingkat Nasional. Waktu pelaksanaan Ujian KSM bulan Juli - September 2019.

Demikian contoh Soal KSM MTs Terbaru 2019 Pelajaran Matematika, IPA, dan IPS Terintegrasi. Persiapkan dari sekarang agar hasilnya maksimal. Terutama guru pembimbing dan siswa siswi terpilih di sekolah masing-masing. Maju terus madrasah...

Semoga bermanfaat, aamiin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »