Kumpulan Lambang / Logo Bidang Pendidikan

June 26, 2019

Logo atau lambang merupakan identitas yang dimiliki oleh suatu lembaga, organisasi atau instansi. Logo biasanya memiliki makna yang mewakili ciri tertentu dari suatu organisasi. Setiap orang yang bekerja di bawah naungan suatu organisasi, tentu harus tahu bentuk logo juga arti dari bagian-bagiannya.

Tak terkecuali guru, siswa, dan warga pendidikan lainnya. Logo biasanya diperlukan untuk keperluan membuat kop surat, bendera/spanduk, dan lain-lain. Untuk keperluan tersebut, biasanya kita mencari yang berformat PNG (background transparan) agar lebih mudah ditempatkan tempat yang kita inginkan.

Langsung saja, artikel ini akan membagikan berbagai logo yang umum dipakai di dunia pendidikan. Bagi anda yang membutuhkan, silahkan klik tulisan unduh logo di bawah gambar untuk mendapatkan logo berformat PNG dengan ukuran yang lebih besar.

1. Logo Tut Wuri Handayani

Logo tut wuri handayani atau logo Kemendikbud berbentuk segi lima. Bagian-bagiannya terdiri dari belencong menyala bermotif garuda, buku, dan teks (semboyan) tut wuri handayani. Warna-warna di dalam logo ini adalah biru muda, putih dan kuning emas.
Unduh logo tut wuri handayani.png

2. Logo Kementerian Agama

Logo ini adalah logo penting bagi lembaga-lembaga di bawah naungan Kementerian Agama. Berbentuk segi lima, berisi bintang bersudut lima, butiran padi dan kapas, kitab suci, alas kitab suci, kalimat “Ikhlas Beramal”, dan perisai. Warnanya adalah hijau, putih, dan kuning emas.
Unduh logo ikhlas beramal.png

3. Logo OSIS SD, SMP, dan SMA

Perbedaan yang paling mencolok antara logo OSIS SMP dan SMA adalah warna dasarnya. Jika SMP berwarna dasar kuning, untuk SMA berwarna dasar coklat. Sedangkan untuk SD, sebenarnya itu bukan logo OSIS, mengingat di SD belum diperkenalkan OSIS. Tetapi karena terpasang di badge siswa, banyak yang menyebut itu logo OSIS SD.
Unduh logo OSIS SD.png
Unduh logo OSIS SMP.png
Unduh logo OSIS SMA.png

4. Logo PGRI

PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) merupakan organisasi guru di tanah air. Logonya berbentuk cakra/lingkaran yang berisi: suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar, nyala api dengan 5 sinar warna merah, dan empat buku mengapit suluh. Warna-warna pada logo ini adalah merah, putih, kuning dan hijau.
Unduh logo pgri.png

5. Logo IGI

IGI atau Ikatan Guru Indonesia juga merupakan salah satu organisasi profesi guru. Logo IGI berbentuk guru, murid, buku terbuka, lingkaran, dan tulisan Ikatan Guru Indonesia. Warnanya terdiri dari biru tua, biru muda, dan putih.
Unduh logo igi.png

6. Logo HIMPAUDI

Himpaudi atau Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia memiliki logo seperti di atas, yang berisi bendera merah putih berkibar, lompatan anak dan orang dewasa memegang bendera, dan hati diantara anak dan orang dewasa. Warna-warnanya adalah merah,putih, kuning emas, dan biru.
Unduh logo himpaudi.png

7. Logo PAUD

Logo PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbentuk segi lima berisi gambar orang tua menuntun anak, lingkaran di perut, tiga buku, dan kalimat Sehat, Cerdas, Ceria. Warnanya antara lain biru muda, kuning emas, hitam dan putih.
Unduh logo paud.png

8. Logo TK

Logo TK berbentuk bulat di dalamnya memiliki warna dasar biru, terdapat siswa putra dan putri, padi dan kapas, kemudian Huruf T dan K yang merupakan singkatan Taman Kanak-kanak dan Bendera Merah Putih bagian atas.
Unduh logo taman-kanak-kanak.png

9. Logo IGTKI

Unduh logo igtki.png

10. Logo IGRA

Unduh logo igra.png

11. Logo Dharma Wanita

Organisasi yang beranggotakan istri PNS ini memiliki logo berbentuk lingkaran. Berisi gambar bunga melati, padi dan kapas, rantai, dan buku. Warna-warnanya adalah merah, putih, kuning, dan hijau.
Unduh logo dharma wanita.png

12. Logo UKS

UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah mempunyai logo berbentuk segitiga sama sisi. Di dalamnya terdapat sebuah lingkaran yang berhimpit dengan sisi segitiga. Di dalam lingkaran ada tulisan UKS yang ditulis secara vertikal dan mendatar dengan huruf K berada di tengah-tengah.
Unduh logo uks.png

13. Logo PMR

Logo PMR dibedakan antara PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), dan PMR Wira (SMA). Perbedaannya  terletak pada warna dasarnya. Untuk Mula berwarna hijau, Madya berwarna biru, dan Wira berwarna kuning.
Unduh logo pmr mula.png
Unduh logo pmr madya.png
Unduh logo pmr wira.png

12. Logo Paskibraka

Biasanya di tiap-tiap sekolah memiliki logo paskibra masing-masing sebagai identitas. Tetapi, inilah logo yang dipakai secara nasional.
Unduh logo paskibra.png

Demikian logo atau lambang organisasi yang banyak digunakan di dunia pendidikan. Selain di atas, tentu masih ada lagi seperti organisasi profesi guru selain PGRI dan IGI. Sekian, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »