Jadwal Pelaksanaan Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF Tahun 2019

June 26, 2019

Salam semangat buat rekan-rekan yang telah dinyatakan lolos untuk mengikuti Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF, berikut ini informasi terbaru mengenai Jadwal Pelaksanaan Pelatihan Calon Asesor BAN PAUD dan PNF Tahun 2019.

Jadwal Pelaksanaan Pelatihan Calon Asesor (PCA) BAN PAUD dan PNF Tahun 2019
Sumber Gambar : banpaudpnf.kemdikbud.go.id


Pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Nonformal(BAN PAUD dan PNF), di tahun 2019 akan melakukan penilaian kelayakan terhadap 35.750 satuan PAUD dan PNF di seluruh Indonesia. Salah satu komponen sistem akreditasi adalah Tim Tenaga Asesor yang berkualitas

Oleh karena itu, guna memenuhi target penilaian tersebut maka dibutuhkan sejumlah asesor yang akan melaksanakan proses akreditasi. Asesor yang telah dimiliki oleh BAN PAUD dan PNF saat ini belum cukup untuk menilai seluruh lembaga yang akan menjadi target penilaian. Karena itulah BAN PAUD dan PNF melaksanakan proses seleksi calon asesor untuk memenuhi kekurangan. 

Guna mewujudkan asesor yang berintegritas dan berkualitas maka diperlukan pelatihan bagi calon asesor agar para calon asesor memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai hingga layak diberi tugas untuk melaksanakan rangkaian proses akreditasi.  

Melalui Pelatihan Calon Asesor PAUD dan PNF ini peserta akan dibekali berbagai materi yang mencakup :
- Aspek-aspek konseptual ;
- Kebijakan ;
- Kode Etik Asesor dan Teknik penilaian akreditasi berbasis SISPENA 2.0 dengan tahapan Evaluasi Diri satuan Prasarat Diri Satuan Prasarat Akreditasi (EDS-PA) ;
- Visitasi ;
- Validasi dan Verifikasi.

Berikut ini Jadwal Pelaksanaan Pelatihan Calon Asesor BAN PAUD dan PNF Tahun 2019 :

Tanggal 13-16 Juni 2019 
- Jawa Tengah (DI Yogyakarta)
- Jawa Timur 

Tanggal 27-30 Juni 2019 
- Sumatera Utara (Aceh)
- Riau
- Bali (NTB, NTT)
- Maluku 
- Lampung (Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan) 

Tanggal 28 Juni-1 Juli 2019 
- DKI Jakarta (Kep. Bangka Belitung dan Kepri) 

Tanggal 4-7 Juli 2019 
- Kalimantan Timur (Kalimantan Utara)
- Kalimantan Selatan 
- Papua (Papua Barat) 
- Jawa Barat
- Sulawesi Selatan (Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat)
- Banten 
- Sulawesi Utara (Maluku Utara) 

 
Diharapkan dengan bekal pelatihan ini para asesor memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas akreditasi. Selain itu para asesor juga diharapkan dapat memberikan penilaian tidak hanya sebatas compliance namun lebih ke performa lembaga.


Sumber : banpaudpnf.kemdikbud.go.id/

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »