Cara Membuat Formulir Penelusuran Data Alumni Online dengan Google Form

June 20, 2019

Cariduit-dot -- Hello sahabatku, kali ini Saya akan membuat contoh formulir penelusuran data alumni online sekolah/madrasah sebagai bukti fisik Akreditasi Standar Pengelolaan dengan menggunakan Google Form. Formulir penelusuran alumni penting sekali dibuat agar memudahkan pengumpulan data alumni sekolah/madrasah yang bisa langsung dishare secara online. Cara tersebut akan lebih efektif dan efisien karena data langsung akan terkirim ke email sekolah.

Sebelum membuat formulir penelusuran data alumni, terlebih dahulu persiapkan poin-poin apa saja yang akan dijadikan pertanyaan/soal. Sebagai bahan bukti yang akurat dan lengkap berikut ini contoh beberapa pertanyaan penelusuran alumni:
  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Nama Ayah
  • Nama Ibu
  • Alamat Lengkap
  • No. Telp.
  • Masuk sekolah tahun
  • Lulusan Tahun, dan lainnya.

Silahkan pertanyaan lainnya sesuaikan dengan kebutuhan data sekolah. Saran, penelusuran data alumni sebaiknya dibuat lengkap terutama alamat domisili harus dengan alamat tempat tinggal sekarang.

Membuat Form Alumni dengan Google Formulir

Membuat format penelusuran data alumni online sangat mudah sekali. Ada berbagai aplikasi atau software untuk membuat formulir atau sejenisnya yang bisa Anda gunakan, namun kali ini Saya akan buat dengan salah satu aplikasi bawaan Google.

Google Form merupakan aplikasi bawaan Google yang digunakan sebagai kebutuhan survei, membuat kuis, membuat soal ulangan, registrasi online dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Cara Membuat Formulir Alumni dengan Google Form

Baiklah, mari kita buat saja contoh penelusuran data alumni.Syarat utama membuat formulir dengan Google Form ialah mempunyai akun Gmail. Apabila belum mempunyai email silahkan buat terlebih dahulu di Gmail.

Selanjutnya;

Login ke gmail, setelah masuk silahkan cari Google Drive, dan klik
Cara Membuat Formulir Penelusuran Data Alumni Online dengan Google Form

Setelah masuk Google Drive, klik tanda tambah (+) untuk membukan Google Form, lali pilih menu lainnya, dan pilih google formulir berwarna ungu
Cara Membuat Formulir Penelusuran Data Alumni Online dengan Google Form

Setelah masuk Google Form, akan tampak tampilan Google form yang berisi beberapa menu seperti pertanyaan dan tanggapan.


Selanjutnya Anda isi deskripsi pertanyaan misalkan penelusuran data alumni sekolah, dan silahkan buat pertanyaan-pertanyaan yang tadi sudah disiapkan. Untuk form jawaban, ada beberapa pilihan diantaranya; jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang.

Sebagai pelengkap data, silahkan bisa upload data fisik dengan cara upload file.


Setelah selesai formulir dibuat pilih simpan/save. Setelah disimpan bagaimana selanjutnya? langkah terakhir ialah membagikan formulir data alumni yang telah dibuat dan tampilkan di website/blog sekolah masing-masing.

Bagaimana jika tidak mempunyai blog, Anda hanya bagikan link google formulir yang telah dibuat kemudian share ke media sosial seperti facebook, whatsap dan lainnya.

Bagaimana Cara Membagikan/Share Google Formulir di Website/Blog?

Selesai pembuatan data formulir penelusuran alumni, sebaiknya form tersebut posting disebuah media sosial seperti Facebook, Whatsap, Twitter dan media sosail lainnya agar cepat diketahui masyarakat luas.

Caranya bagaimana? Sangat mudah sekali.

Cara yang pertama, apabila data penelusuran alumni akan dishare ke media sosail seperti facebook, grup whatsap, twitter maka cukup dengan copy url/link formulir data alumni tersebut.

Cara kedua, apabila formulir tersebut akan dishare di website/blog, silahkan klik menu kirim, setelah terbuka pilih pilihan terakhir cari kode HTML lalu copy. Untuk ukuran silahkan sesuaikan sendiri tergantung dengan keinginan Anda. Lihat gambar dibawah:



Setelah kode HTML nya di copy, langkah berikutnya kode HTML tersebut masukan ke website/blog. Nah, bagaimana caranya?

Karena Anda sudah login di blog sekolah, maka otomatis membuat data penelusuran alumni di Google Form menggunakan email yang sama dengan blog.

Buka blog, klik entri baru, lalu pilih HTML, setelah terbuka, paste kan kode HTML data penelusuran yang telah dibuat, selanjutnya lihat melalui pratinjau untuk mengecek tampil tidaknya. Setelah benar-benar tampil pilih simpan blog. Selesai ...

Ketika alumni sekolah mengisi datanya masing-masing maka secara otomatis data tersebut akan masuk email sekolah dengan format sesuai kolom pertanyaan yang telah dibuat.

Nah, itulah cara mudah membuat data penelusuran alumni dengan Google Form berikut cara membagikan/share ke media sosial dan blog. Apabila ada hal yang ditanyakan silahkan komentar dikolom yang telah disediakan.

Terima kasih, semoga bermanfaat, aamiin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »