Cara Mengubah Nama Komputer Anda di Windows 10

June 20, 2019

Ketika anda membeli komputer Windows 10, hal pertama yang biasanya anda lakukan adalah mempersonalisasikannya. Anda mengatur semuanya sesuai dengan keinginan anda, tetapi mungkin tidak tahu atau tidak ingat untuk mengubah nama komputer anda. Jika anda belum mengubahnya, berikut ini ada berbagai cara yang dapat anda lakukan yang hanya akan memakan waktu beberapa menit untuk mengubah nama komputer anda.

Menambahkan nama yang dipersonalisasi ke komputer anda adalah sesuatu yang anda temui saat pertama kali memasangnya, tetapi mungkin nama yang pertama kali anda tambahkan adalah kesalahan total. Opsi untuk mengubah nama komputer anda cepat dan mudah. Anda tidak perlu menginstal ulang seluruh system hanya untuk perubahan nama.


1. Cara Mengubah Nama Komputer Windows 10 di Settings

Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings. Ketika jendela Settings muncul, klik System. Di panel kiri opsi system, gulirkan ke bawah dan klik About.


Opsi About akan memberitahu anda banyak tentang komputer anda. Klik pada opsi yang mengatakan Rename this PC. Ketikkan nama yang anda inginkan untuk komputer anda dan klik OK. Anda akan ditanya apakah anda ingin mem-boot ulang komputer anda sekarang atau nanti. Ingatlah untuk menyimpan sesuatu yang vital jika anda memilih untuk me-restart komputer anda saat itu.



2. Ganti Nama Komputer Anda Menggunakan Control Panel

Untuk membuka Control Panel, cari di opsi pencarian komputer anda atau di Start Menu atau di Taskbar. Jika sudah membukanya, klik System and Security, diikuti oleh opsi System. Ketika jendela System terbuka, klik Change Settings.


Jendela System Properties seharusnya terbuka; itu akan terbuka di tab Computer name secara otomatis. Anda akan melihat dua tombol abu-abu di bagian tengah; klik tombol Change untuk mengganti nama komputer anda.


Ketikkan nama baru komputer anda dan klik OK. Anda akan ditanya apakah anda yakin akan perubahan yang akan anda buat - klik OK. Restart komputer anda adalah keharusan untuk membuat perubahan itu menjadi final, tetapi kali ini anda tidak akan memiliki opsi untuk reboot nanti.



3. Ubah Nama Komputer Windows 10 dengan PowerShell

Windows Powershell adalah opsi lain untuk memberi nama baru pada komputer anda. Anda harus menggunakan PowerShell sebagai administrator. Untuk membukanya, klik kanan pada Start Menu Windows dan klik pada PowerShell (Admin). Setelah terbuka, ketikkan perintah berikut:

Rename-Computer -NewName

Ganti kata-kata New Name dengan apa yang sekarang anda inginkan untuk menamai komputer anda.



4. Ubah Nama Komputer Menggunakan Run Box

Dan terakhir adalah anda memiliki opsi untuk mengubah nama komputer anda menggunakan Run Box. Buka Run dengan menekan tombol Win + R. Di kotak Run, anda harus mengetikkan sysdm.cpl.


Jendela System Properties akan terbuka. Untuk mengubah nama, klik tombol Change, seperti sebelumnya, dan ketikkan nama baru komputer anda. Ingat, perubahan hanya akan berlaku ketika anda me-restart komputer anda. Ini adalah jalur lain untuk mencapai pengaturan dari cara No. 2.

Mengubah nama komputer Windows 10 anda mudah, dan anda memiliki berbagai cara untuk melakukannya. Pilih yang mana yang paling mudah bagi anda. Apa nama baru yang akan anda berikan pada komputer anda? Beritahu saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »