Cara Menambahkan OneDrive ke Menu Konteks Send to di Windows

August 13, 2019

Untuk sebagian besar pengguna Windows, OneDrive telah menjadi tempat default dan sentral untuk menyimpan dan menyinkronkan data antar komputer bahkan smartphone anda. Untuk meningkatkan aksesibilitas, Microsoft mengintegrasikan OneDrive ke dalam Windows dengan menyediakan ruang penyimpanan cloud online gratis 15GB, dan anda juga dapat menggunakan OneDrive sebagai lokasi default untuk menyimpan dokumen atau file kantor apapun. Jika anda ingin menyimpan atau menyinkronkan file dan folder lain, yang harus anda lakukan adalah drag dan drop ke folder OneDrive. Tapi kadang-kadang, drag dan drop bukanlah pilihan yang paling mudah, dan itu bisa membingungkan pengguna pemula.

Disini saya akan menunjukkan kepada anda cara menambahkan opsi OneDrive ke menu "Send to" klik kanan anda sehingga anda dapat dengan mudah mengcopy file dan folder ke akun OneDrive anda.


Tambahkan OneDrive ke Menu Send to

1. Untuk menambahkan OneDrive ke menu Send to Windows, tekan Win + R untuk membuka kotak dialog run. Disini ketik shell:sendto dan tekan tombol Enter. Tindakan ini akan membuka folder "Send to" yang terletak di akun pengguna anda.


Atau, anda juga dapat membuka folder "Send to" dengan memasukkan alamat di bawah ini ke address bar penjelajah Windows anda:


Setiap shortcuts yang ditempatkan di folder ini akan terlihat di menu Send to saat anda mengklik kanan mouse anda.

2. Disini di folder Send to, klik kanan dan pilih New dan kemudian Shortcut untuk membuat shortcut ke folder OneDrive.


3. Ini akan membuka jendela Create shortcut, yang memungkinkan anda untuk dengan mudah membuat shortcut untuk semua aplikasi, file atau folder. Klik tombol Browse untuk melanjutkan.


4. Tindakan di atas akan membuka jendela Browse for files and folder. Disini navigasikan dan pilih folder OneDrive dan klik tombol OK. Biasanya folder OneDrive akan tepat di bawah lokasi Desktop.


5. Bergantung pada lokasi folder OneDrive anda, bidang Type the location akan diisi secara otomatis. Klik tombol Next untuk melanjutkan. Secara default, lokasi OneDrive akan menjadi sesuatu seperti C:\Users\<user>\OneDrive kecuali dikustomisasi lain.


6. Disini di jendela ini, nama shortcut secara otomatis diatur ke OneDrive. Jika anda ingin menyesuaikannya, cukup masukkan nama pilihan anda dan klik tombol Finish.


Itu saja, anda telah berhasil membuat shortcut ke folder OneDrive di menu Send to Windows.


Dari titik ini setiap kali anda ingin mengcopy file atau folder ke folder OneDrive, cukup klik kanan pada file atau folder tersebut (anda juga dapat memilih beberapa file dan folder), pilih Send to dan kemudian klik OneDrive.


Tindakan di atas akan segera mengcopy semua file atau folder yang dipilih ke folder OneDrive. Jika anda ingin memindahkan mereka ke subfolder di folder OneDrive, buat pintasan lain ke subfolder tersebut menggunakan prosedur yang diuraikan di atas.

Hanya itu yang harus dilakukan, dan semudah itu menambahkan OneDrive ke menu Send to Windows anda. Metode diatas juga dapat anda terapkan untuk yang lainnya.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini jika anda menghadapi masalah saat menambahkan OneDrive ke menu Send to Windows. Terimakasih dan GBU.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »