Cara Pengisian Data DIKLAT yang Pernah Diikuti pada Aplikasi Dapodik PAUD

August 31, 2019

Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Dapodik PAUD.  Sebelum kita masuk ke topik pembahasan kali ini, sedikit admin ingin berbagi cerita mengenai pengalaman yang telah admin dapatkan selama menjadi Tenaga Kependidikan di salah satu lembaga PAUD. Pengalaman pertama yaitu admin mengikuti Pendidikan dan Pelatihan PAUD Guru Pendamping Muda, bagi admin ini merupakan sesuatu yang sangat baru kenapa? Jujur ini bukanlah basic admin, tapi karena semangat dan motivasi admin yang sangat tinggi dengan dunia Pendidikan PAUD akhirnya admin keluar dari zona aman...he...he... atau orang kata kita itu tidak boleh menjadi Safety Player... istilah itu memang sangat benar jikalau kita ingin menjadi orang bernilai jangan sungkan-sungkan untuk keluar dari zona aman kita selagi itu bermanfaat buat kita dan orang lain. Dari mengikuti Diklat PAUD Guru Pendamping Muda, alhamdulillah sedikit banyak admin mendapatkan ilmu mengenai dunia pendidikan PAUD khususnya mengenai sistem pembelajaran PAUD. Selain itu, admin juga mendapatkan sertifikat DIKLAT PAUD Guru Pendamping Muda, admin sangat bersyukur. 


Pengalaman kedua, hal ini bisa juga dikatakan keluar dari zona aman admin tapi admin sangat bersyukur kepada Allah SWT atas kesempatan besar yang selalu diberikan kepada admin. Pengalamannya adalah admin kembali mengikuti Pendidikan dan Pelatihan namun kali ini  bukan untuk Pendidik ataupun Tenaga Kependidikan PAUD melainkan Pendidikan dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Diklat kali ini admin mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Diklat Manajemen Resiko, dari Diklat ini alhamdulillah admin kembali mendapatkan ilmu serta wawasan tentang Bagaimana cara Me-Manage Resiko dalam kehidupan kita. Selain mendapatkan ilmu, admin juga mendapatkan Sertifikat Diklat Pemberdayaann Masyarakat (DPM) Kementerian Perhubungan RI yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar. 


Alhamdulillah, memasuki dua tahun masa bertugas menjadi Tenaga Kependidikan dua Pendidikan dan Pelatihan telah admin selesaikan. Tentunya, hal ini tidak boleh kita sia-siakan juga, kita perlu untuk mengisi atau mengabadikan data Diklat yang pernah kita ikuti di Aplikasi Dapodik PAUD.  Karena data tersebut juga dapat mendukung kelengkapan data-data kita nantinya. 

Oleha karena itu, buat rekan-rekan yang telah mengikuti Diklat jangan lupa untuk meminta Operator Dapodik meng-input kan data sertikat Diklat  ke Aplikasi Dapodik khususnya Dapodik PAUD Offline

Untuk membantu Bunda-bunda PAUD dan rekan Operator Dapodik PAUD untuk mengisi data Diklat di Aplikasi Dapopaud Offline, berikut ini admin bagikan panduannya. 


Panduan Pengisian Data Diklat yang Pernah Diikuti pada Aplikasi Dapodik PAUD Offline :

Cara Pengisian Data DIKLAT yang Pernah Diikuti pada Aplikasi Dapodik PAUD


1. Silahkan akses aplikasi Dapopaud, setelah berhasil login silahkan klik pada Menu PTK.
Masuk di halaman PTK, silahkan klik pada salah satu data PTK yang akan diisikan data Rincian Diklatnya. Kemudian klik tombol Ubah

Halaman data PTK di dapopaud offline v.3.5.0

 2. Masuk di halaman Edit PTK, silahkan cek pada Halaman Data Rincian, kemudian klik pada menu Diklat.


Setelah masuk di halaman Menu Diklat, silahkan klik pada tombol Tambah untuk menambah data-data Diklat yang telah diikuti. 

Silahkan isikan :

- Jenis Diklat 
  Untuk pengisian Jenis Diklat silahkan klik pada kolom Jenis Diklat maka akan muncul Pilihan-pilihan Jenis Diklat, silahkan sesuaikan dengan Jenis Diklat yang pernah diikuti. Disini admin mengisi Jenis Diklat " Diklat Teknis Profesi Kependidikan dan Diklat Manajemen". 


- Nama Diklat 
  Untuk nama Diklat silahkan isikan nama Diklatnya seperti Diklat Pendidik PAUD Guru Pendamping Muda, Diklat Manajemen Resiko. 

- Penyelenggara
  Untuk penyelenggaran seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan RI. 
 
- Tahun 
   Untuk tahun diisi dengan tahun penyelenggaraan Diklat 
 
- Peran 
   Peran seperti: sebagai Pendidik / Tenaga Kependidikan / Peserta.
 
- Tingkat 
   1= Dasar, 2= Lanjutan
  
- Berapa Jam 
  Silahkan sesuaikan Jumlah Jam Pembelajaran (JP) Diklat. 
  
- Sertifikat Diklat 
  Sertifikat Diklat diisi dengan Nomor Sertifikat Diklat. 

Berikut ini adalah tampilan pada saat pengisian Data Rincian Diklat pada Menu Diklat :


cara mengisi data diklat pendidik paud guru pendamping muda di dapopaud offline

Silahkan geser seperti yang ditunjuk arah panah diatas untuk mengisi data selanjutnya. 
Jika semua data telah terisi, silahkan klik pada tombol Simpan.


Hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Pengisian Data DIKLAT yang Pernah Diikuti pada Aplikasi Dapodik PAUD


3. Setelah pengisian data diklat berhasil dilakukan, tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyinkronkan dapodik paud. 
Silahkan lakukan Validasi dan Sinkronisasi Dapodik PAUD hingga sukses 100%
tampilan sinkronisasi dapodik paud offline berhasil 100%

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga informasi diatas bermanfaat buat kita semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »