Tips Seputar Proteksi dan Keamanan Jaringan Wireless

December 30, 2017
Masalah proteksi dan keamanan merupakan hal yang sangat vital dalam dunia jaringan komputer. Bukan saja dibutuhkan kemampuan untuk menghalangi penyusup seperti cracker (criminal hacker), sistem jaringan komputer jugs tidak terlepas dari ancaman penyebaran virus, Untuk itulah, Anda perlu mengetahui trik-trik yang dibutuhkan dalam mengatasi serta meningkatkan keamanan sistem jaringan wireless yang Anda bust.

Memproteksi Pengaturan Router dengan Password

Pada umumnya, router telah menetapkan 192.168.1.1 sebagai alamat IP untuk mengakses sistem konfigurasi secara default sehingga dapat diakses dengan mengetikkan alamat tersebut pada kotak alamat program browser.

Mengakses Alamat IP 192.168.1.1 Melalui Program Browser Internet

Oleh sebab itu, kami memberikan hal tersebut sebagai trik pertama yang harus Anda ketahui pada pembahasan kali ini. Lebih jelasnya, dapat Anda simak lewat langkah-langkah yang kami berikan berikut ini:



  1. Pastikan Anda telah mengakses alamat 192.168.1.1 melalui program browser Internet untuk menampilkan halaman depan pengaturan sistem router Anda.
  2. Jika sudah, pilih opsi Advanced.
  3. Lantas, pilih opsi System Password ketika halaman Advanced telah terbuka.
  4. Pada halaman berikutnya, aktifkan kotak cek Enable Authentication.
  5. Masukkan nama dan kata sandi pengguna pada kotak teks User Name, Password dan Confirmed Password.
  6. Akhiri dengan menekan tombol Apply.
  7. Selanjutnya, kotak dialog berikut akan ditampilkan.
  8. Tekan tombol OK untuk melanjutkan dan ikuti dengan memilih opsi Save Settings guna menyimpan hasil pengaturan.
  9. Selanjutnya, kotak dialog pesan peringatan ditampilkan. Akhiri dengan menekan tombol OK.


Agar semua hasil pengaturan yang sudah Anda lakukan dapat langsung dijalankan oleh sistem, pastikan Anda menekan tombol Restart Router terlebih dahulu. Hasilnya, program browser akan melakukan refresh dan menampilkan halaman login seperti yang tampak pada gambar berikut.

Keamanan pengaturan sistem router jaringan wireless Anda telah terjaga dengan adanya halaman login yang mengharuskan setiap pengguna untuk memasuk-kan kode akses yang sesuai.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »