Membuat Koneksi Internet dengan Hotspot

December 24, 2017
Hotspot adalah suatu area yang mempunyai Point Akses internet dengan menggunakan teknologi Wi-Fi 802.11. Layanan internet hotspot dapat diakses dengan menggunakan PC (Personal Komputer/Komputer Biasa), laptop, atau PDA secara wireless atau tanpa kabel (selama perangkat menggunakan koneksi Wi-Fl yang sesuai). Wi-Fl (Wireless Fidelity) meru-pakan sebutan untuk suatu standar jaringan/network tanpa kabel dengan menggunakan frekuensi radio yang sering dikenal dengan RF (Radio Frequency). Keuntungan terbesar dari Wi-Fl yaitu sangat praktis, di mans komputer dapat terhubung ke jaringan tanpa membutuhkan kabel.



Menggunakan Wi-fi untuk berinternet

Saat ini, sudah banyak perangkat komputer yang memiliki fasilitas Wi-Fl. Namun, jika fasilitas Wi-Fl belum tersedia pada perangkat yang dibeli, Anda bisa menggunakan Wi-Fi Card pada perangkat tersebut.

Persiapan:

  1. Untuk Laptop non-Centrino, biasanya Wi-Fl card berupa PCMCIA. WI Fi ini dapat dipasang pada slot PCMCIA laptop tersebut atau dapat juga menggunakan adapter ekstenal yang dihubungkan melalui kabel USB. Selain PCMCIA, Anda bisa juga memakai SD Card Wi-Fi. Laptop/notebook terbaru saat ini telah dilengkapi Wi-Fi built-in, misalnya Centrino.
  2. Untuk Desktop atau PC, Anda dapat menggunakan PCI Card yang dipasang di dalam CPU atau dapat jugs menggunakan Wireless Adapter External yang dihubungkan melalui kabel USB.
  3. Untuk PDA, dapat menggunakan Wi-Fi Card yang sesuai dengan PDA tersebut. Biasanya menggunakan SD Card (Secure Digital Card) atau CF Card (Compact Flash Card).


Setelah Wi-Fl card terpasang, instal driver yang sesuai pada perangkat. Nyalakan perangkat pada lokasi hotspot, balk di rumah maupun di luar rumah (kantor, kafe, restauran, dan lain-lain). Perangkat akan Iangsung menemukan koneksi pada hotspot tersebut dan Internet akan dapat digunakan (sesuai dengan syarat yang ditentukan penyedia hotspot tersebut).

Cara Mengaktifkan Wi-Fi


Untuk mengaktifkan Wi-Fl, silakan ikuti langkah berikut ini:


  1. Aktifkan fasilitas Wi-Fl pada PC, Laptop, atau PDA Anda. Secara otomatis sistem akan mendeteksi keberadaan Wi-Fl. Pada laptop, cara mengaktifkannya dengan menekan tombol Fn + tombol Wi-Fi.
  2. Arahkan mouse dan klik icon Wireless Connections.
  3. Klik menu View Available Wireless Networks. Akan tampil jendela daftar hotspot yang aktif di dekat komputer Anda.
  4. Pilih nama Hotspot yang ingin Anda gunakan, lalu klik Connect. Jika terdapat beberapa hotspot, sebaiknya Anda memilih hotspot yang garis barnya paling banyak.
  5. Sekarang, Anda sudah bisa terhubung ke Internet.


Icon Wi-Fi dan Kotak Dialog untuk memilih Wireless
Icon Wi-Fi dan Kotak Dialog untuk memilih Wireless

Catatan:


  • Kadang ada beberapa hotspot yang tidak bisa diakses dengan gratis. Biasanya terdapat di restoran, mall, atau kafe. Anda harus membeli voucher yang disediakan penyedia layanan hotspot tersebut.


  • Ada jugs hotspot gratis, tetapi Anda harus meminta user name dan password. Untuk itu, mintalah user name dan password pada pramusaji di restoran atau kafe di mans Anda berada.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »