Rekayasa Produk Pada Rekayasa Informasi

December 15, 2017

Rekayasa produk disebut juga dengan rekayasa sistem yang merupakan aktivitas pemecahan masalah. Data, fungsi, dan perilaku produk yang diinginkan dicari, dianalisis, dibuat model kebutuhannya, kemudian dialokasikan ke komponen rekayasa. Selanjutnya komponen-komponen ini disatukan dengan infrastruktur pendukungnya sampai produk tersebut jadi, Komponen rekayasa disini seperti perangkat lunak, perangkat keras, data (basisdata) dan manusia. Sedangkan infrastruktur pendukung berupa teknologi yang dibutuhkan untuk menyatukan komponen dan informasi.
Sebagian besar produk dan sistem yang baru masih samar akan fungsi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, perekayasa sistem harus membatasi kebutuhan produk dengan mengidentifikasi ruang lingkup fungsi dan kinerja yang diinginkan dari sistem atau produk tersebut.
Dalam rekayasa produk ada beberapa aktivitas yang akan dilakukan untuk mengetahui data, fungsi dan perilaku produk yang diinginkan sebelum pengembangan produk dilakukan diantaranya adalah:

Analisa Sistem

Tutuan dilakukan analisa sistem adalah:
  • Mengidenrifikasi kebutuhan pelanggan.
  • Mengevaluasi kelayakan sistem.
  • Melakukan analisis teknis dan ekonomis,
  • Mengalokasikan fungsi-fungsi untuk perangkat lunak, perangkat keras, basisdata, manusia, dan elemen sistem yang lain.
  • Membuat batasan biaya dan jadwal.
  • Menentukan definisi sistem yang menjadi dasar kerja bagi komponen sistem baik perangkat lunak, perangkat keras, basisdata dan manusia,

Identifikasi Kebutuhan

Langkah pertama dari aktivitas analisa sistem adalah analisa kebutuhan dengan mengidentifikasi kebutuhan dari pelanggan. Mengidentifikasikan kebutuhan ini dilakukan dengan melakukan pertemuan antara seorang analis dengan pelanggan. Seperti halnya rekayasa informasi, tujuan dari pertemuan ini untuk memahami sasaran produk dan menentukan tujuan dibangunnya sebuah produk supaya sasaran tersebut tercapai.

Setelah tujuan ditentukan, analis akan melanjutkan aktivitas evaluasi informasi. Berikut ada beberapa pertanyaan yang dapat digunakan untuk membantu mengevaluasi informasi dari sistem atau produk yang akan dibangun.
  •  Adakah teknologi untuk membangun sistem?
  • Batasan apa saja yang akan dialokasikan terhadap jadwal dan biaya?
  • Pengembangan dan sumber daya apa saja yang dibutuhkan?

Jika sistem atau produk yang akan dibangun berupa produk yang akan dijual ke pelanggan, ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan yaitu:
  • Bagaimana produk tersebut dapat bersaing dengan produk yang telah ada?
  • Pasar apa saja yang potensial bagi produk yang akan dibangun?

Setelab semua informasi dikumpulkan pada aktivitas identifikasi kebutuhan. Informasi tersebut akan dispesifikasikan dalam sebuah dokunien konsep sistem.

Studi Kelayakan

Pengembangan sistem atau produk berbasis komputer lebih banyak terganggu dengan kurangnya sumber daya dan waktu penyelesaian dan penyampaian produk. Oleh karena itu, perlu dilakukan lebih awal evaluasi terhadap kelayakan sebuah proyek pengembangan sistem atau produk tersebut. Berikut ada empat studi kelayakan yang dapat dievaluasi.
  1. Kelayakan Ekonomis: Studi mengenai evaluasi biaya pengembangan dengan keuntungan yang diperoleh dari sistem atau produk yang dikembangkan.
  2. KelayakanTeknis: Studi mengenai fungsi, sasaran dan kinerja yang perlu dipertimbangkan yang dapat mempengaruhi kernampuan sistem yang akan dikembangkan. Pertimbangan yang dihubungkan dengan kelayakan teknis meliputi Risiko pengembangan Keberadaaan sumber daya Teknologi
  3. Kelayakan Legal: Studi mengenai pertimbangan yang perlu dilakukan mengenai kontrak, pelanggaran atau liabilitas yang akan dihasilkan dari sistem yang akan dikembangkan.
  4. Alternatif: Studi mengenai evaluasi pendekatan alternatif pada pengembangan sistem atau produk.

Hasil dan studi kelayakan akan menentukan proyek dilanjutkan atau dihentikan. Hasil studi kelayakan akan didokumentasikan terpisah dan dilampirkan pada dokumen spesifikasi sistem.

I.       Pendahuluan
          A.    Pernyataan Masalah
          B.     Lingkungan Implementasi
          C.     Larangan-larangan

II.      Ringkasan dan Rekomendasi Manajemen
         A.      Penemuan-penemuan Penting
         B.      Komentar
         C.      Rekomendasi
         D.      Pengaruh

III.   Alternatif-alternatif
         A.        Konfigurasi Sistem Alternatif
         B.        Kri:teria yang digunakan dalam pemilihan pendekatan akhir

IV.   Deskripsi Sistem
         A.         Ruang Lingkup Sistem
         B.         Kelayakan Elemen Sistem

V.      Analisis Biaya dan Keuntungan

VI.   Evaluasi Risiko Teknis

VII.  Percabangan Legal

VIII. Topik-topik Proyek Khusus Lainnya

Analisis Ekonomis

Analisis biaya dan keuntungan merupakan salah satu informasi analisa ekonomis yang paling penting yang diisikan dalam studi kelayakan. Analisis biaya dan keuntungan menggambarkan biaya pengembangan proyek dan membandingkannya dengan keuntungan yang akan diperoleh dari pengembangan sistem.

Analisis biaya dan keuntungan berbeda antara sistem yang satu dengan yang lainnya tergantung dari karakteristik dari sistem yang akan dikembangkan dan ukuran proyek.

Keuntungan yang diperoleh dart pengembangan sistem tidak hanya berupa hal yang bisa diukur keuntungan yang tidak bisa diperoleh dari pengembangan proyek seperti kepuasan pelanggan, keputusan bisnis yang lebih baik, kualitas desain yang lebih balk dan lainnya.

Analisis Teknis

Pada aktivitas analisis teknis, seorang analis melakukan evaluasi secara teknis terhadap sistem serta mengumpulkan informasi mengenai reliabilltas, kinerja, pemeliharaan dan produktifitas dart sistem yang akan dikembangkan.

Analisis meliputi penilalan viabilitas teknis dart sistem seperti teknologi apa yang akan dibutuhkan untuk membangun sistem, materi, metode, algoritma atau proses Baru apa yang diperlukan oleh sistem, bagaimana masalah teknologi mempengaruhi sistem dan bagaimana risiko pengembartgan sistem.

Pemodelan matematis atau teknik optimasi pada saat analisis teknis dapat digunakan untuk mempernntdah analls dalam menggambarkan sistem yang akan dikembangkan. Menurut Blanchard dan Fabrycky ada beberapa kriteria penggunaan model selama analisis teknis pada sistem, yaitu:
  • Model harus mewakili sistem yang sedang dievalusi dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami, ,) Model harus menggambarkan faktor-faktor yang relevan dengan rnasalah yang ada dart hindari faktor yang tidak penting.
  • Model harus dibuat komprehensif dengan memasukkan semua faktor yang relevan dart sistem harus mampu memberikan hasil yang sama.
  • Desain model harus sederhana supaya memungkinkan pengimplernentasian yang tepat waktu &lam pernecahan masalah,
  • Desain model hams dapat mengantisipasi faktor-faktor yang memungkinkan adanya modifikaal dan atau perluasan terjadi pada sistem.

Pemodelan Arsitektur Sistem

Setiap sistem berbasis komputer dapat dimodelkan sebagai sebuah pemindahan informasi dengan menggunakan arsitektur input-pemrosesan-output. Hartley dan Pirbai [21 memperluas arsitektur ini dengan rnenambahkan 2 fitur tambahan yaitu pemrosesan antarmuka pemakai dan pemrosesan self test. Meskipun dua fitur tambahan ini tidak selalu dipakai tetapi fitur tambahan ini umum dipakai pada pemodelan sistem berbasis komputer yang membuat model sistem menjadi lebih baik, Model sistem ini menjadi dasar bagi analisis kebutuhan dan langkah desain selanjutnya.
Untuk memodelkan sistem maka digunakan model template arsitektur[2] yang mengalokasikan elemen sistem menjadi 5 bagian pemrosesan yaitu 1. antarmuka pemakai, 2.input, 3. fungal dan kontrot sistem, 4.output dan 5. pemeliharaan dan self-test.

Template arsitektur


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »