Mengenali Faktor Penghambat Sinyal Wireless

December 29, 2017
Dalam sebuah jaringan wireless, beberapa material yang digunakan dalam sebuah bangunan dapat menghambat sinyal. Agar Anda mengetahui seberapa besar hambatan yang ditimbulkan oleh benda-benda yang berada dalam jaringan wireless, berikut ini kami sajikan beberapa material dan besarnya hambatan yang ditimbulkannya.

Memilih Antena

Antena dalam sebuah jaringan wireless tergolong sebagai piranti tambahan. Piranti ini digunakan untuk memperkuat sinyal sehingga pars pengguna jaringan wireless menjadi lebih nyaman karena bisa menerima sinyal yang kuat. Piranti ini juga tersedia dalam beberapa tipe. Berikut ini kami sajikan beberapa tipe antena untuk memudahkan Anda menjatuhkan pilihan.


Antena Omni-Directional

Antena Omni-Directional

Antena Omni-Directional


Antena ini memiliki arah pola pancaran 360°. Antena ini digunakan untuk memancarkan sinyal ke segala arah.

Antena Parabolic (Dish)

Antena Parabolic (Dish)
Antena Parabolic (Dish)

Antena ini memfokuskan sinyal ke arah tertentu. Biasanya, antena ini digunakan untuk jaringan Point-to-Point antara gedung.

Antena Rod

Antena ROD
Antena ROD

Antena ini memancarkan sinyal 360°. Penempatan secara horizontal atau vertikal juga akan berpengaruh terhadap pancarannya. Tiang penyangga yang cukup tinggi bisa menghasilkan pancaran yang bagus. Biasanya, tipe ini digunakan pada jaringan wireless di rumah atau kantor kecil.

Antena Sectorized

Antena Sectorized
Antena Sectorized

Antena ini mirip dengan tipe antena rod, tetapi hanya bisa meman-carkan sinyal 90°. Seperti halnya antena rod, antena ini juga digunakan untuk beberapa point.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »