Tips Memilih Versi Wi-Fi yang Tepat

December 26, 2017
Wireless Fidelity atau yang lebih populer dengan sebutan Wi-Fl adalah nama yang diberikan untuk jaringan tanpa kabel/nirkabel/wireless oleh sebuah organisasi Wi-Fi.



Ada beberapa versi yang dikenal saat ini, yakni 802.11a, 802.11b, dan 802.11g. Versi-versi tersebut memiliki metode transmisi dan peneri-maan data yang berbeda. Berikut ini penjelasan masing-masing versi Wi-Fl untuk memudahkan Anda dalam menjatuhkan pilihan.


Memastikan Kesesuaian Antara Piranti Jaringan Wireless

Kesesuaian antara piranti wireless merupakan satu hal penting yang harus diperhatikan. Sebabnya, ada beberapa perbedaan standar wireless yang berlaku scat ini. Karena itu, pastikan Anda memilih wireless card yang sesuai dengan router yang telah Anda pilih.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperoleh kesesuaian antar-piranti.


Kesesuaian Teknologi

Pastikan wireless card dan wireless router yang Anda gunakan memiliki frekuensi yang sama. Bila Anda menggunakan sebuah wireless card 2.4 GHz (802.11b atau 802.11g), piranti ini hanya bisa berfungsi dengan wireless router 2.4 GHz (802.11b or 802.11g). Wireless card tersebut tidak bisa berfungsi dengan wireless router 5 GHz (802.11a).

Pilihlah Piranti Bersertifikasi Wi-Fi

Pastikan Anda memilih piranti bersertifikasi Wi-Fi. Sertifikasi tersebut biasanya tercantum pada kemasan piranti. Anda bisa mencari infor-masi tentang piranti-piranti yang telah disertifikasi melalui alamat website www.wi-fi.com.


Gunakan Piranti dari Produsen yang Sama

Sebaiknya, carilah wireless card dan router dengan merek yang sama. Dengan cara ini, Anda akan memperoleh fitur-fitur khusus seperti Speed Booster.

Memilih Lokasi Penempatan Router yang Tepat

Salah satu hal penting dalam membuat sebuah jaringan wireless adalah menempatkan router pada lokasi yang tepat. Hal ini akan berpengaruh terhadap kelancaran akses dan keluasan cakupan area. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhitungan.

Dekat dengan Modem Broadband

Bila Anda berencana untuk menggunakan koneksi internet dengan beberapa komputer, posisikan wireless router dekat dengan modem DSL, satelit, atau kabel. Dengan posisi ini, Anda tidak membutuhkan kabel yang panjang untuk menghubungkan modem dan router.

Di Tengah Area

Setelah memutuskan area-area dalam rumah atau kantor yang akan masuk dalam jaringan wireless, carilah titik tengah area tersebut. Lalu, letakkan wireless router di lokasi itu sehingga setiap area akan memperoleh sinyal yang kuat dan merata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »