Menentukan Tipe Batasan Penggunaan Broadband

December 26, 2017
Ada tiga tipe batasan broadband yang bisa Anda pilih, yakni layanan tanpa batas, layanan terbatas, dan layanan berdasarkan penggunaan. Bila memilih tipe layanan tanpa batas, Anda bisa berselancar di dunia maya dan melakukan aktivitas download sepuasnya. Namun, tentu saja tipe ini mengharuskan Anda membayar lebih mahal pada setiap bulannya.

Sementara itu jika memilih layanan terbatas, Anda harus benar-benar memperhatikan besar file yang hendak di-download dan berapa jam Anda bisa online. Layanan ini memberikan banyak keuntungan. Biasanya, batasan yang ditetapkan telah mencukupi kebutuhan untuk online. Selain itu, bila Anda melanggar batas yang telah ditentukan, layanan tersebut tidak akan diputuskan. Biasanya Anda cukup membayar biaya tambahan saja.

Untuk layanan berdasarkan penggunaan, Anda diharuskan membayar berdasarkan jumlah penggunaan setiap bulannya. Tipe ini cocok digunakan oleh Anda yang ingin menggunakan layanan internet di saat-saat tertentu saja.

Memilih Penyedia Jasa Layanan Online

Ilustrasi


Memilih penyedia jasa layanan online termasuk hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Bila tak jell, Anda bisa mendapatkan penyedia jasa layanan broadband yang kurang memuaskan. Untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai penyedia jasa layanan broadband, cobalah tip sederhana berikut ini.


  • Cari informasi di internet mengenai berbagai penyedia jasa layanan broadband, misalnya dengan menggunakan kata kunci pencarian "Indonesia Broadband" di Google
  • Cari juga informasi dari rekan-rekan Anda yang telah menggunakan layanan broadband.

Setelah itu, bandingkan informasi tersebut sehingga Anda bisa menja-tuhkan pilihan dengan tepat. Ada baiknya Anda juga memperhatikan halaman "Surat Pembaca" di media massa yang seringkali menerbitkan keluhan-keluhan dari pengguna layanan broadband tertentu. Informasi ini akan sangat berguna bagi Anda dalam menja-tuhkan pilihan.

Spesifikasi Komputer untuk Broadband

Jika ingin berselancar di internet dengan nyaman dan maksimal, Anda perlu memperhatikan spesifikasi komputer. Berikut ini spesifikasi minimal komputer yang bisa digunakan untuk layanan broadband.


  • Pentium II atau lebih tinggi dengan RAM minimal 32 MB
  • CD-ROM drive, satu port USB, ruang kosong di hard disk minimal sebesar 50MB
  • Bila Anda menggunakan sistem operasi Windows, gunakanlah minimal versi Windows 98 atau yang lebih tinggi

Untuk melihat spesifikasi komputer Anda, klik tombol Start, lalu klik tombol kanan mouse pada opsi My Computer dan pilih Properties. Setelah itu, Anda akan mendapati informasi spesifikasi komputer pada Tab General di kotak dialog System Properties.


Mencari Informasi Mengenai Piranti Jaringan Nirkabel

Jaringan Nirkabel
Jaringan Nirkabel

Sebelum Anda membangun sebuah jaringan nirkabel, sebaiknya carilah informasi mengenai piranti-piranti yang nantinya akan diguna-kan. Dengan cars ini, Anda akan mendapatkan piranti yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa perusahaan besar yang menyediakan piranti-piranti nirkabel. Anda bisa mencari informasi mengenai piranti nirkabel dari produsen tersebut melalui website yang mereka sediakan, misalnya:

  • Buffalo: www.buffalotech.com
  • Linksys: www.linksys.com
  • D-Link: www.dlink.com
  • Netgear: www.netgear.com

Selanjunya, untuk memilih merek piranti yang tepat, gunakanlah beberapa Pertimbangan berikut ini.

Harga

Jika Anda sedang membandingkan harga, ingatlah bahwa harga yang murah tidak selalu menyediakan kualitas yang bagus. Hindari memilih piranti tanpa merek hanya untuk berhemat, sebab piranti semacam ini tak bertahan lama dan tidak terjamin kualitasnya

Fitur Khusus

Carilah pirartti yang memiliki fitur-fitur khusus seperti MIMO dan SpeedBooster. Cari pula informasi mengenai piranti-piranti lain yang secara tidak langsung terkait dengan jaringan nirkabel, seperti kamera atau digital media player sehingga nantinya piranti-piranti ini akan cocok dan tidak bermasalah saat digunakan dalam jaringan nirkabel yang Anda buat.

Kemasan

Perhatikan pada kemasan piranti. Pastikan ada petunjuk atau panduan instalasi yang akan memudahkan Anda saat melakukan instalasi. Namun, jangan jatuhkan pilihan Anda hanya semata-mata karena kemasan yang sempuma.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »