Rekayasa Sistem Informasi (Information System Engineering)

December 13, 2017
Perkembangan Teknologi informasi merupakan perubahan yang positif terhadap sistem yang terdapat pada instansi dan perusahaan maupun organisasi-organisasi lain oleh karena itu perubahan ini harus ditanggapi dengan serius untuk dapat membenahi sistem-sistem yang ada, terutama para pemakai (user), Program hendaknya dapat menyelesaikan berbagai macam masalah mulai dari yang berskala kora, for hingga skala yang besar dan kompleks. Untuk bisa menyelesaikan masalah yang besar dan kompleks, akan lebih mudah jika permasalahan tersebut dipecahkan menSad-masafah-masaialt yang febas kta, sebinglp kb& fokus untuk diselesaikan Solusi untuk masalah yang lebih kecil kadang kala masih bisa digunakan kembali untuk menyelesaikan permasalahan yang lain.

Pengertian Rekayasa Sistem



Rekayasa sistem aktifitas untuk menetapkan kebutuhan-kebutuhan pada tingkat sistem, kemudian mengalokasikan beberapa bagian dari kebutuhan-kebutuhan tersebut ke satu atau beberapa komponen rekayasa, misalnya perangkat hmak Rekayasa sistem dapat membantu menerjemahkan kebutuhan pelanggan menjadi model sistem tertentu, sehingga dapat gambaran bagaimana intraksi antara satu elemen sistem dengan elemen sistem lainnya.

Menurut "Pressman rekayasa sistem

  • Rekayasa informasi, yaitu rekayasa konteks pekerjaan rekayasanya berfokus pada perusahaan bisnis (business enterprise), meliputi pengumpulan kebutuhan-kebutuhan untuk tingkat bisnis strategi dan tingkat area bisnis.
  • Rekayasa produk (sering disebut juga rekayasa sistem), yaitu rekayasa sistem yang merupakan aktivitas penyelesaian masalah. Data., dan perilaku produk yang diinginkan dicari, dianalisis, dibuat model kebutuhannya, kemudian dialokasikan ke komponen rekayasa. Selanjutnya komponen-komporien disatukan dengan infrastruktur pendukungnya sampai produk tersebut jadi Kedua bentuk rekayasa di atas digunakan untuk p[engembangan sistem berbasis komputer Dalam hal untuk mengalokasikan pecan perangkat lunak komponnen serta menentukan kaitan yang menyatukan perangkat lunak dengan elemen sistem berbasis komputer lainnya.

System Berbasis Komputer

Sistem berbasis komputer dapat didefinisikan sebagai ; kumpulan atau susunan elemen-elemen yang diorganisasi untuk mengerjakan berbagai tujuan (goal) yang sudah didefinisikan sebehunnya dengan cara memproses informasi Elemen-elemen sistem berbasis komputer :
  • Perangkat lunak, yaitu program komputer, struktur data dan dokumentasi terkait.
  • Perangkat keras, yaitu perangkat elektronik yang menyediakan kernampuan komputasi dan perangkat elektromekanik (misalnya: sensor, motor, pompa) yang menyediakan fungsi dun. ia luar.
  • Manusia, yaitu pemakai dan operator perangkat keras dan perangkat lunak.
  • Basis data, yaitu kumpulan informasi yang besar dan terorganisasi yang diakses melalui perangkat lunak.
  • Dokumentasi, yaitu buku-buku manual, formulir, dan informasi deskriptif lainnya yang menggambarkan penggunaan dan atau operasional sistem.
  • Prosedur, yaitu langkah-langkah yang menjelaskan pemakaian spesifik dari setiap ele men sistem. 

Beberapa contoh astern berbasis komputer:


  • Sistem informasi, yaitu sistem yang akan mengolah data dari dalam atau liar organisasi rnenjadi informasi untuk mendukung proses operasional dan manajerial.
  • Sistem kendali proses, yaitu sistem yang mengendalikan proses-proses fisis dengan bantuan perangkat elektromekanik dan sensor tertentu.
  • Sistem pakar, yaitu sistem yang mengaplikasikan metodologi penalaran pengetahuan untuk ranah tertentu sehingga dapat memberikan saran atau rekomendasi layaknya seorang pakar.


Rekayasa Informasi


Tujuan dari rekayasa informasi/Iformation engineering (1E) adalah:
  • Mendefinisikan suatu arsitekur yang memungkinkan bisnis menggunakan informasi secara efektif.
  • Membuat renna menyeluruh, untuk mengimplementasi arsitektur-arsitekur tersebut, yaitu:

1.           arsitek-tur data.: kerangka keria untuk informasi yang dibutuhkan bisnis/fungsi bisnis. Informasi dari arsitektur ini merupakan objek data yang digunakan oleh suatu basisdata dan ditransformasikan menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan oleh bisnisifimgsi
2.           Arsitektur aplikasi: elemen sistem yang mentransformasi objek pada arsitektur data untuk berbagai keperluan bisnis Arsitektur aplikasi ini bisa dianggap sebagai sistem program (perangkat lunak) yang melakukan transforrnasi data tersebut. Namun dalam konteks yang luas arsiteklur aplikasi bisa mencakup perasan manusia dan prosedur bisnis yang belum terotornatisasi.
3.           infrastuktur teknologi: fondasi untuk arsitektur data dan apli si, mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung data dan aplikasi. Hal ini bisa mencangkup   komputer, jaringan komputer, teknologi penyirnpanan, dan arsitektur untuk mengimplementasikan teknologi tersebut untuk memodelkan arsitektur diatas, ditetapkan sebuah hirarki aktivitas rekayasa informasi.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »