Mendesain Ulang Logo Gunadarma

December 24, 2017


Universitas Gunadarma adalah salah satu institusi pendidikan yang dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi selalu mempelajari, meneliti, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis teknologi informasi. Visi dan orientasi tersebut salah satunya diterjemahkan secara teknis dan operasional dalam bentuk kurikulum pendidikan yang memasukkan aspek penerapan teknologi informasi untuk setiap mata kuliah.
Luasnya bidang kajian, yang tercermin dalam 6 (enam) fakultas, dan spektrum teknologi informasi menyebabkan muatan teknologi informasi untuk masing-masing mata kuliah tersebut masih kurang dan sangat dibatasi kurikulum pendidikan yang ruang lingkupnya sudah ditetapkan batas-batas kajiannya. Hal ini memerlukan bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk civitas academica diluar kegiatan perkuliahan dan praktikum, yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan dan ketrampilan penguasaan teknologi informasi di berbagai bidang, sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat atau dunia kerja.

Universitas Gunadarma memiliki ciri khas pada logo dan lambang yang juga memiliki arti tertentu dari lambang tersebut:
·         Tangkai Obor Berdiri Tegak
Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa

·         Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam

·         Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Menunjukkan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat

·         Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu
Adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan

·         Bingkai Segi Lima
Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila


Membuat Desain Ulang Logo Gunadarma

Disini akan digunakan aplikasi perangkat lunak Adobe Photoshop CC 2017. Berikut proses pembuatan logo desain ulang Gunadarma menurut penulis :
1.      Buka aplikasi perangkat lunak Adobe Photoshop (disini digunakan versi Adobe Photoshop CC 2017). Lalu buat lembar kerja baru dengan cara klik Ctrl+Nkemudian aturlah seperti gambar berikut ini.



Perhatikan pada kolom resolution, isi dengan angka yang besar supaya hasilnya tidak buram atau pecah. Perhatikan juga kolom background contents, isi dengan transparent jika menginginkan logo yang dibuat berbentuk lingkaran (tidak segi empat), supaya hasilnya tidak terdapat background yang menggangu ssetelah logo itu jadi. Sedangkan pada kolom yang lainnya silahkan sesuaikan sendiri. Setelah pengaturan selesai klik Create/Ok.

2.      Siapkan logo Gunadarma sebelumnya gunakan format PNG, ada beberapa bagian tidak mengalami perubahan seleksi bagian seperti berikut menggunakan Magic Wand Tool  pisahkan bagian obor dengan logo nama dan perseginya :


3.      Buat Pena dan buku atau lebih mudahnya mencari bahan dengan format PNG, drag ke dalam lembar kerja susun seperti berikut :

4.      Untuk mewarnai lingkaran dalam obor menggunakan Ellipse Tool susun dengan ukuran yang di sesuaikan, dan warnai dengan ungu tipe #643d98 pada bagian Color Picker.



5.      Pada obor ubah ukuran dengan cara tekan pada keyboard Crtl + T, sesuaikan dengan Pena dengan Buku tersebut di bagian bawah obor sebagai berikut :


Hasil Akhir Desain Ulang Logo Gunadarma




Analisa Logo Ulang Gunadarma
Sama saja dengan sebelumnya hanya saja terdapat penambahan Pena dan Buku. Gunadarma desain ulang memiliki arti tertentu dari lambang yang baru tersebut:


·         Arti daru Pena dan Buku
Melambangkan kegiatan pendidikan. Merupakan sumber ilmu pengetahuan yang terus menerus dan tiada habisnya (life long education).

Lambang dari keseluruhan logo baru adalah wadah ilmu pengetahuan begitu luas di dalam cawan obor akan dapat di tulis ke lembar baru dalam pengetahuan di kegiatan pendidikan dengan semangat yang membara untuk menuntut ilmu serta ilmu tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Tangkai obor bergabung dengan Pena merupakan keteguhan hati dalam menimba ilmu dalam artinya memegang prinsip belajar dengan serius untuk menghasilkan yang baru.

Sumber reverensi : Yutita Pratiwi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »