Cara Instalasi Wireless Router di Luar Ruangan

December 28, 2017
Jaringan wireless tidak hanya bisa menjangkau area-area di dalam rumah atau kantor. Anda jugs bisa memperluas jaringan wireless ke luar rumah sehingga Anda bisa bekerja di taman atau teras. Bila Anda tertarik untuk menginstal wireless router di luar ruangan, ikutilah ketentuan berikut ini.


  1. Carilah sebuah wireless router yang bisa digunakan di luar ruangan atau gunakan wireless router biasa yang dikombinasikan dengan bahan pelindung terhadap perubahan cuaca.
  2. Pilih lokasi yang terlindung dari hujan deras atau sinar matahari yang terlampau terik, misalnya di sudut atap bangunan.
  3. Lapisi wireless router tersebut dengan kotak pelindung.
  4. Hubungkan wireless router yang berada di luar ruangan dengan wireless router yang berada di dalam ruangan. Berikut ini ketentuannya:


  • Gunakan kabel untuk menghubungan antara wireless router yang berada di luar ruangan dengan wireless yang berada di dalam ruangan.
  • Pastikan Anda menghubungkan kabel tersebut dari arah luar ke arah dalam.
  • Gunakan ethernet port pada masing-masing ujung kabel tersebut.
  • Periksa power pada wreless router yang berada di luar ruangan. Bila kabel yang digunakan tidak mampu menyalur-kan listrik ke wireless router tersebut, gunakan kabel tam-bahan untuk menghubungkan wireless router yang berada di luar dengan sumber listrik.

5. Lakukan konfigurasi pada wireless router seperti halnya mengatur konfigurasi pada wireless router yang berada di dalam ruangan. Pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.


  • Ubah nama wireless router (SSID) yang berada di luar ruangan sehingga sama dengan SSID wireless router yang berada di dalam ruangan. Ini akan memudahkan Anda saat bekerja di dalam ruangan dan ingin berpindah ke luar ruangan. Dengan cars ini, Anda tidak perlu melakukan reconnect pada kedua jaringan tersebut setiap kali berpindah.
  • Ubah channel wireless router yang berada di luar ruangan sehingga tidak menggunakan channel yang sama dengan wireless router yang berada di dalam ruangan. Untuk menghindari tabrakan, gunakan hanya channel 1, channel 6, dan channel 11.
  • Konfigurasikan wireless router yang berada di luar ruangan seperti yang berada di dalam ruangan sehingga memiliki tingkat keamanan yang sama.
  • Untuk menghindari konflik, nonaktifkan fitur DHCP pada wireless router yang berada di luar ruangan. 

Skema Jaringan Wireless yang Ditambahkan di Luar Ruangan
Skema Jaringan Diluar 

Memilih Access Point

Access point jugs dikenal dengan istilah wireless broadband router atau wireless router. Piranti ini merupakan salah satu piranti pokok yang harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan wireless. Saat ini, di pasaran tersedia banyak pilihan access point. Untuk memilih piranti access point yang tepat, pastikan bahwa piranti tersebut memiliki salah satu atau beberapa fungsi berikut ini.

Menghubungkan Komputer Berkabel

Sebuah access point yang memiliki fungsi switch akan memudahkan saat Anda ingin menghubungkan sebuah komputer ke dalam jaringan, balk dengan menggunakan kabel adapter maupun wireless adapter.

Menentukan Nama Komputer

Dalam sebuah jaringan, masing-masing komputer memiliki nama. Komputer dalam sebuah jaringan Internet akan mengirimkan data ke IP Address komputer yang dituju. Dengan mengaktifkan fitur DHCP, secara otomatis IP Address akan diberikan ke masing-masing kom-puter sehingga mereka bisa berkomunikasi.

Menghubungkan dengan Internet

Ketika sebuah modem broadband dihubungkan dengan jaringan wireless yang Anda miliki, secara otomatis seluruh komputer dalam jaringan tersebut akan terhubung dengan Internet. Pastikan bahwa perpaduan access point dengan DHCP dan kabel/DSL Router akan menghasilkan jaringan Internet nirkabel.

Menyediakan Firewall

Firewall merupakan salah satu komponen pengamanan yang bisa menjaga jaringan yang Anda miliki. Firewall ini bisa jadi disatukan dengan access point sehingga jaringan yang dibangun menjadi lebih aman.

Kombinasikan dengan Modem

Selain menambahkan kabel internet atau modem DSO ke dalam sebuah jaringan, Anda pun bisa memilih sebuah modem yang juga bisa berfungsi sebagai access point jaringan wireless. Dengan kombinasi ini, jaringan yang Anda buat menjadi lebih ringkas.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »